blogs - digital marketing

7 Metode Digital Marketing yang Patut Dicoba untuk Genjot Penjualan

10 Nov 06, 2020
7 Metode Digital Marketing yang Patut Dicoba untuk Genjot Penjualan

Di tengah pandemi yang belum dapat diketahui kapankah berakhir seperti ini, banyak orang yang mulai memutar otak untuk dapat mendapatkan penghasilan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menjadi seorang penjual. Metode penjualan yang dilakukan terbagi menjadi 2 macam, yaitu secara konvensional dan secara online.

Khususnya untuk yang berjualan secara online, memang terkesan gampang dan tidak membutuhkan banyak biaya serta tempat. Anda bisa memantau produk yang dijual di mana dan kapan saja. Hanya saja, agar lebih dapat meningkatkan pemasaran, maka ada beberapa strategi yang harus diterapkan. Berikut ini adalah trik digital marketing yang wajib diketahui untuk boosting penjualan secara optimal.

Sertakan Testimoni Pelanggan

Dipercaya atau tidak, testimoni adalah salah satu jalan menuju kesuksesan pemasaran dan banyak digunakan oleh para marketer online di berbagai negara. Contohnya saja Amazon. Walaupun berstatus sebagai perusahaan besar dan menjadi ecommerce nomor satu di dunia, tapi Amazon tetap menggunakan testimoni sebagai daya tarik pelanggan. 

Pihak Amazon percaya bahwa dari sekian banyak pembeli yang datang, hanya sedikit di antaranya yang tanpa meneliti atau membaca ulasan yang dibuat pelanggan lainnya. Rata-rata akan melihat dan membaca terlebih dahulu testimoni yang ada, baru memutuskan membeli atau tidak.

Oleh karenanya, ketika Anda ingin meningkatkan penjualan produk, maka Anda harus memasukkan review dan testimonial pelanggan dalam website (jika menjual secara mandiri atau tidak melalui ecommerce) atau juga di bagian bawah produk (jika menjual melalui toko online).

Menerapkan Keamanan Situs

Bagi yang menjual di website sendiri, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memberikan rasa aman kepada pelanggan. Caranya adalah mengubah SSL situs dari http menjadi https. Dengan mengganti SSL situs ini, maka keamanan data pelanggan akan lebih terjamin dan bakal semakin banyak yang datang karena merasa aman untuk bertransaksi di web Anda tersebut.

Pengamanan web sebagai media penjualan dirasa sangat penting karena dari tahun ke tahun, aksi kriminalitas siber semakin meningkat. Dan yang patut dipahami juga, SSL hanyalah salah satu pengaman yang dapat digunakan dan bukan menjadi jaminan web tidak jebol. Anda tetap harus menggunakan berbagai pertahanan lain untuk lebih meningkatkan keamanan situs yang Anda kelola itu.

Jangan Berhenti di Satu Media Saja

Selain berjualan melalui web sendiri atau juga ikut menjadi seller di situs ecommerce lain, untuk dapat meningkatkan penjualan, Anda juga wajib memanfaatkan media-media sosial sebagai lahan untuk promosi. Terlebih lagi, promosi melalui media sosial sangat praktis dan tidak memakan biaya banyak. 

Percaya atau tidak bahwa sebagian besar pelanggan akan melakukan penelusuran untuk mencari produk atau barang yang ingin mereka beli selain melalui mesin pencari Google, juga melalui media sosial.

Sederhanakan Model Checkout Pada Web

Ada kalanya agar terlihat keren dan modern, pemilik web membuat model checkout yang bertele-tele. Tapi tahukah Anda jika hal tersebut tidak disukai oleh pelanggan. Rata-rata hanya ingin mencari, melihat, membeli dan pergi. Dan jika proses checkoutnya sangat rumit dan memakan waktu lama, maka rata-rata pelanggan akan pergi dan mencari di tempat lain.

Jadi dapat dikatakan bahwa Anda tidak perlu memaksa para pelanggan untuk mendaftar menjadi member, sediakan saja opsi untuk membeli produk sebagai tamu. Hanya saja, tuliskan juga apabila menjadi member maka akan ada beberapa keuntungan yang didapat.

Gunakan Video Demonstrasi

Memang ulasan produk menggunakan tulisan masih tergolong ampuh sampai saat ini, akan tetapi tidak ada masalah juga apabila Anda menggunakan visualisasi langsung untuk barang yang sedang dijual. Dengan melihat secara langsung atau dalam mode visual, maka pembeli akan lebih mengetahui seperti apa barang yang akan dibelinya. Video demonstrasi yang dapat dibuat antara lain mengulas masalah review produknya secara singkat, keuntungan-keuntungan sampai dengan cara pemakaiannya. 

Psychological Marketing

Dipercaya atau tidak, menggunakan metode psychological marketing juga sangat ampuh untuk mendongkrak penjualan. Yang dimaksud dengan psychological marketing adalah dengan menempatkan tulisan-tulisan khusus pada barang-barang tertentu, seperti “produk terlaris,” “Most buy,” dan lain sebagainya. Dengan membaca tulisan tersebut, maka pelanggan selain dapat menjadi penasaran juga semakin yakin bahwa produk yang ingin mereka beli juga dibutuhkan oleh orang lain. 

Buatlah Promo

Ya, promo adalah salah satu strategi marketing yang cukup andal untuk dipakai meningkatkan jumlah orang yang datang ke web dan melihat barang-barang yang dijual. Jadi janganlah terlalu pelit untuk hal ini. Anda dapat membuat promo menarik dengan memberikan potongan harga sampai beberapa persen untuk produk tertentu atau juga memberikan kupon diskon yang dapat digunakan dengan durasi waktu terbatas.

Jadi, keberhasilan sebuah bisnis, semuanya bergantung pada teknik marketing yang dilakukan. Dengan berinvestasi pada sisi marketing, maka penjualan produk akan semakin meningkat dan hal tersebut akan berimbas pada pendapatan Anda sendiri.