blogs - digital marketing

8 Manfaat Segmentasi Pasar dalam Digital Marketing

10 Dec 14, 2020
8 Manfaat Segmentasi Pasar dalam Digital Marketing

Ketika Anda memiliki suatu jenis usaha yang dijalankan secara online, maka untuk dapat boosting penjualan maka Anda harus mengerti masalah segmentasi pasar. Dengan mengerti masalah segmentasi pasar dan juga menggunakan ragam jenisnya, maka promosi akan produk dalam bisnis usaha digital Anda akan lebih mudah menjangkau konsumen secara efektif.

Lantas, apa itu segmentasi pasar? Segmentasi pasar adalah sebuah proses membagi pasar sasaran menjadi kategori yang lebih kecil dan lebih jelas. Segmentasi ini untuk mengelompokkan pelanggan dan audiens ke dalam kelompok yang memiliki karakteristik serupa seperti demografi, minat, kebutuhan ataupun lokasi.

Nah, setelah mengetahui apa itu segmentasi pasar, maka berikut ini adalah manfaat dari segmentasi pasar itu sendiri.

Menjadikan Pijakan Penjualan Lebih Kuat

Jika Anda tahu dengan siapa berbicara, Anda dapat mengembangkan pesan pemasaran yang lebih luas dan memiliki engagement kuat. Di saat itu, Anda pastinya akan menghindari bahasa umum dan tidak jelas untuk berbicara ke khalayak luas. Akan tetapi sebaliknya, Anda akan dapat menggunakan bahasa pesan langsung yang berbicara tentang kebutuhan, keinginan, dan karakteristik unik dari audiens target Anda.

Jadi Strategi Pemasaran Paling Efektif

Dengan lusinan taktik pemasaran yang tersedia, mungkin sulit untuk mengetahui apa yang akan menarik dan dibutuhkan audiens ideal Anda. Menggunakan berbagai jenis segmentasi pasar maka dapat memandu Anda menuju strategi pemasaran yang paling tepat dan efisien. Saat Anda mengetahui apa yang para pelanggan butuhkan, maka kemudian Anda dapat menentukan solusi dan metode terbaik untuk menjangkau mereka.

Membuat Desain Iklan Sesuai Target Pasar Secara Mudah

Sama seperti model bisnis fisik pada umumnya, ketika Anda memiliki bisnis digital, maka untuk memasarkan produk yang sedang dijual, salah satu caranya adalah dengan menggunakan iklan. Keberadaan iklan ini dirasa sangat penting karena dapat menjangkau banyak pihak. Dan dengan segmentasi pasar, maka iklan tersebut dapat tepat sasaran seperti dibuat berdasarkan usia, lokasi, kebiasaan membeli, minat, dan lainnya. Anda juga dapat mengetahui karakteristik terperinci ini dan dapat menggunakannya untuk membuat kampanye iklan digital bertarget yang lebih efektif.

Dapat Membuat Brand Image Lebih Menonjol

Ketika ada jenis usaha yang sama dari satu dengan lainnya, maka yang harus dilakukan adalah membuat produk serta brand image milik Anda lebih menonjol. Dengan segmentasi pasar, maka produk dan brand Anda menjadi lebih spesifik dalam arah dan targetnya. Alih-alih membaur dengan merek lain, Anda dapat membedakan merek Anda dengan berfokus pada kebutuhan dan karakteristik pelanggan tertentu.

Engagement Terbangun dengan Baik

Saat Anda mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan, maka Anda dapat menyampaikan dan mengomunikasikan penawaran yang secara unik kepada mereka. Nilai dan pesan yang berbeda ini mengarah pada ikatan yang lebih kuat antara merek dan pelanggan dan menciptakan kedekatan yang lebih bertahan lama.

Untuk Mengembangkan dan Mencari Peluang Pasar Khusus

Pemasaran khusus adalah proses mengidentifikasi segmen industri tertentu dengan jenis pelanggan yang berbeda dari umumnya. Oleh karenanya, treatment yang dilakukan juga harus berbeda. Ketika Anda menyegmentasikan pasar sasaran Anda berdasarkan hal yang khusus ini, maka Anda dapat menemukan hal yang kurang terlayani sebelumnya sehingga Anda dapat mengembangkan produk dan layanan baru untuk itu.

Menjadikan Bisnis Tetap Sesuai Jalur dan Fokus

Penargetan dalam pemasaran membuat tujuan pengiriman pesan kepada pelanggan dan pemasaran tetap berjalan di jalurnya. Segmentasi pasar ini juga dapat membantu Anda mengidentifikasi peluang pemasaran baru dan menghindari gangguan yang akan membuat Anda kehilangan fokus.