blogs - gawai

9 Smartphone yang Wajib Ditunggu Kehadirannya di Tahun 2021

10 Jan 05, 2021
9 Smartphone yang Wajib Ditunggu Kehadirannya di Tahun 2021

Banyak pihak yang berharap bahwa tahun 2021 akan menjadi pembuka semua keberhasilan dan kebaikan serta hal-hal istimewa lain setelah satu tahun lamanya diguyur ketidakpastian karena pandemi yang berlangsung berbulan-bulan di tahun 2020. Walaupun pandemi belum juga berakhir sampai berganti tahun seperti sekarang, akan tetapi harapan bagus bermunculan.

Salah satu harapan baik adalah banyak yang memperkirakan bahwa di tahun 2021 akan bermunculan smartphone-smartphone canggih dan lebih hebat dibandingkan yang hadir di tahun 2020 kemarin. Dan berikut ini adalah beberapa perkiraan smartphone hebat yang bakal hadir selama tahun 2021 berdasarkan rumor sampai dengan yang sudah dikonfirmasikan keberadaannya oleh vendor yang bersangkutan.

Samsung Galaxy S21 Series

iPhone 13 Series

Memang belum ada kepastian bahwa nantinya produk flagship yang selalu keluar setiap tahunnya dari Samsung ini bakal bernama Samsung Galaxy S21 series, akan tetapi produk tersebut sudah dinanti-nantikan kehadirannya karena sejauh ini rumor yang beredar semakin banyak. Mulai dari foto penampakan sampai dengan informasi terkait spesifikasinya sudah berlalu-lalang di banyak media. Bahkan dirumorkan bahwa seri smartphone flagship terbaru dari Samsung tersebut akan mulai diperkenalkan pada tanggal 14 Januari 2021 nanti.

iPhone 13 Series

iPhone SE 3

Seperti halnya Samsung Galaxy S21 series, Apple sebagai vendor pesaing Samsung juga memiliki produk smartphone yang selalu hadir setiap tahunnya. Di tahun 2021 ini, produk yang diperkirakan bakal hadir adalah iPhone 13 series. Produk mobile satu ini diharapkan mampu menyaingi kehebatan smartphone-smartphone flagship dari Samsung. Akan ada banyak fasilitas dan kemewahan yang diperkirakan dimiliki iPhone 13 series nantinya.

OnePlus 9 series

LG Rollable Phone

Di tahun 2021, OnePlus juga diperkirakan bakal kembali merilis produk smartphone flagship mereka yaitu OnePlus 9 series, yang terdiri dari OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro serta satu lagi OnePlus 9E. Ketiganya diperkirakan akan dilengkapi dengan chipset top-end dari Qualcomm yaitu Qualcomm Snapdragon 888 SoC. Untuk yang versi Pro sendiri, layarnya akan memiliki refresh rate 120Hz. Dan kesemuanya nanti akan mengantongi sertifikat IP68.

Samsung Galaxy Z Fold 3

Nokia 10

Selain Samsung Galaxy S21 series, Samsung diperkirakan masih akan menggelontor dunia mobile dengan produk smartphone flagship mereka lainnya, yaitu Samsung Galaxy Z Fold 3. Smartphone satu ini akan menggunakan layar yang dapat digulung serta dilipat. Bahkan nantinya, dalam rumornya, Galaxy Z Fold 3 akan dilengkapi dengan S-Pen atau stylus seperti halnya yang sering ditemui di jajaran seri Samsung Galaxy Note pada umumnya.

LG Rollable

OnePlus 9 series

Selain Samsung dengan Samsung Galaxy Z Fold 3 yang diperkirakan memiliki layar gulung, ternyata LG selaku vendor yang juga berasal dari Korea Selatan memiliki produk serupa yang kabarnya akan dinamakan LG Rollable. Dikatakan begitu karena layar dari LG Rollable ini dapat digulung dari ukuran 7,4 inci menjadi hanya 6,8 inci saja. Bahkan dirumorkan lagi bahwa LG Rollable nantinya juga akan hadir dengan stylus mirip dengan Galaxy Z Fold 3.

Oppo Find X3 Series

Oppo Find X3 Series

Memang nama Oppo tidak sepopuler Samsung ataupun OnePlus, akan tetapi dari tahun ke tahun, vendor satu ini selalu membuat produk mobile yang dapat bersaing dengan banyak smartphone andalan perusahaan lainnya. Salah satu yang diperkirakan bakal menjadi andalan dari Oppo di tahun 2021 ini adalah Oppo Find X3 series. Smartphone-smartphone yang masuk dalam jajaran Find X3 ini akan lebih menitikberatkan pada sisi kameranya. Lensa kameranya akan sangat berkualitas hasilnya saat dipakai untuk memotret jarak jauh dengan 25x digital zoom ataupun saat dipakai memotret jarak super dekat atau macro.

Nokia 10

Samsung Galaxy S21 Series

Nama Nokia memang sudah tidak begitu sepopuler beberapa dekade lalu, akan tetapi vendor asal Finlandia ini tetap berjuang keras untuk eksis di dunia mobile dengan menelurkan banyak smartphone berbasis Android. Di tahun 2021 ini, diperkirakan akan ada produk dengan nama Nokia 10 yang menjadi penerus dari Nokia 9.1, Nokia 9.2 dan Nokia 9.3 yang sudah dirilis di tahun 2020 dan sebelumnya. Smartphone ini selain bagus dari sisi fisiknya juga memiliki kecanggihan dalam hal kamera serta chipset yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon 888 SoC.

iPhone SE 3

Samsung Galaxy Z Fold 3

Sejauh ini Apple sudah merilis 2 produk smartphone dengan nama yang sama, yaitu iPhone SE dan iPhone SE (2020). Ada kabar bahwa di tahun ini, perusahaan Cupertino tersebut akan kembali merilis smartphone dari seri SE ini dengan nama iPhone SE 3 atau iPhone SE (2021). Walaupun nantinya spesifikasi yang dimiliki tidak segahar iPhone 13 series, akan tetapi chipset yang digunakan pada iPhone SE 3 tersebut adalah Apple A14 Bionic seperti yang terdapat pada iPhone 12 series.

Sony Xperia 1 III Series

Sony Xperia 1 III Series

Memang dalam beberapa tahun belakangan ini, Sony seperti sedikit mengendurkan semangatnya untuk bersaing dengan berbagai vendor mobile lainnya, bukan berarti tidak ada produk smartphone hebat yang dirilis oleh perusahaan yang berbasis di Jepang tersebut. Di tahun 2021, dirumorkan akan ada 2 smartphone mid-range dan flagship yang bakal dihadirkan oleh Sony, yaitu Sony Xperia 1 III dan Sony Xperia 1 III Compact. Sayangnya, sampai sekarang ini, informasi untuk kedua produk tersebut sangat minim.