blogs - gawai

AGM X5: Smartphone 5G dengan Kekuatan Standar Militer

10 Dec 18, 2020
AGM X5: Smartphone 5G dengan Kekuatan Standar Militer

Memang bukan smartphone 5G pertama yang memiliki kekuatan fisik tangguh, akan tetapi perangkat mobile buatan perusahaan asal Cina, AGM, yang bernama AGM X5 ini lebih kuat dibandingkan dengan kebanyakan ruggedized smartphone pada umumnya. 

AGM X5 ini memang tergolong produk baru dari AGM yang dirilis di penghujung tahun 2020 dengan menawarkan performa andal, kecanggihan fasilitas, support untuk digunakan di jaringan 5G dan juga memiliki kekuatan fisik yang sangat hebat.

Dikatakan sebagai smartphone dengan kekuatan fisik hebat karena AGM X5 ini hadir dengan case yang mirip seperti baju zirah kuat serta 6-sided protection di beberapa bagian untuk melindungi perangkat ini dari benturan atau ketika terjatuh. AGM X5 telah mengantongi sertifikat IP68 yang mampu tetap bertahan walaupun ditenggelamkan ke dalam air atau digunakan untuk menyelam sampai kedalaman 1,5 meter sampai dengan kurang lebih 20 menit lamanya.

AGM X5

Satu hal yang membuat smartphone ini unggul dibandingkan kebanyakan perangkat mobile kuat lainnya adalah AGM X5 telah lulus sertifikasi uji kelaikan tertinggi, Ingress Protection Rating of IP69K atau sebuah sertifikasi untuk kekuatan fisik sebuah produk untuk melindungi bagian dalamnya dari tekanan zat cair yang sangat kuat. Selain itu, AGM X5 juga telah lulus dari uji standar barang-barang yang digunakan oleh militer, yaitu MIL-STD-810G dengan nilai tertinggi.

Pada bagian sisi-sisinya, AGM X5 ini dilindungi oleh frame logam yang dibalut menjadi satu dengan material plastik keras yang juga melindungi bagian case belakang dan depannya. Material plastik yang digunakannya juga dibuat dengan melalui proses molding dari perusahaan peleburan logam. 

Untuk ukurannya sendiri, AGM X5 hanya memiliki ketebalan 11,8 mm dengan bobot 274 gram. Jadi tidak terlalu tebal dan bulky serta masih ringan untuk dibawa kemanapun juga. Layarnya berjenis IPS LCD berukuran 6,5 inci dengan model bezel-less dan waterdrop notch pada bagian atasnya. Resolusi layarnya adalah 1080 x 2340 pixels FHD+. 

Sedangkan untuk operating system di dalamnya, AGM menggunakan Android 10 dan mengombinasikannya dengan user interface XOS 5.0. Pada bagian belakang terdapat 3 lensa kamera yang mana lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 48MP. Untuk lensa kedua, resolusinya adalah 8MP dan lensa ketiga 2MP. Sedangkan pada bagian depan terdapat lensa kamera dengan resolusi 16MP.

Terdapat juga spot untuk fitur fingerprint sensor yang juga terletak di bagian belakang tengah. Apabila Anda tidak ingin memakai sensor fingerprint, maka masih dapat menggunakan fitur face unlock dengan menggunakan lensa kamera depan sebagai sistem pengamanan perangkat.

AGM X5 ini menggunakan chipset Unisoc T7510 5G dengan prosesor Octa-core yang memiliki clock speed 2GHz serta GPU PowerVR GM 9444. RAM di dalamnya sebesar 8GB dengan ROM 256GB dan baterainya berkapasitas 5600 mAh yang support teknologi fast charging 18W. Smartphone satu ini dijual di pasaran dengan harga CNY 3,699 atau sekitar Rp7,9 jutaan untuk pasaran Cina, sedangkan untuk pasaran global, AGM baru akan memulainya di awal tahun 2021 nanti.