ALS Ice Bucket Challenge

BLOGS - EVENT Aug 25, 2014
ALS Ice Bucket Challenge

Saat ini sedang ramai dibicarakan tentang Ice Bucket challenge, sebuah cara unik untuk penggalangan dana untuk penelitian pengobatan penyakit ALS (Amyotropic Lateral Sclerosis) yang juga sering disebut Lou Gehrig’s Disease. Penyakit ini menyerang saraf motorik tubuh manusia yang mengakibatkan penderitanya mengalami kelumpuhan secara perlahan dan apabila tidak ditangani dengan serius akan berakibat fatal.

Ice Bucket Challenge adalah sebuah tantangan untuk mengguyur diri kita dengan seember air dan es batu, biasanya kita mendapat tantangan ini dari sesorang yang sudah melakukannya. Tantangan ini berlaku selama 24 jam dan apabila kita menerimanya, kita boleh menantang orang lain untuk melakukan Ice Bucket Challenge ini. Apabila kita menolak, kita dikenakan “denda” sebanyak sekitar US$100 atau sekitar 1,2 juta rupiah. Nah denda inilah yang akan di donasikan untuk penelitian obat ALS tersebut. Tetapi banyak pula orang yang melakukan tantangan ini dan tetap memberikan donasi.

Yang seru dari tantangan ini adalah, partisipasi dari kalangan selebriti dan tokoh dunia menjadikan tantangan ini sebuah tontonan yang menyenangkan sekaligus melegakan karena terlihat kepedulian banyak orang akan upaya penyembuhan penyakit ALS. Para tokoh dunia mulai dari Presiden Vladimir Putin, pesepakbola Christiano Ronaldo, Bintang film Hollywood Vin Diesel, CEO Facebook Mark Zuckenberg, penyanyi Gwen Stefani sampai Bill Gates dengan senang hati ikut meramaikan campaign ini sambil memberikan donasi.

Donasi yang terkumpul diberikan kepada ALS Association yaitu sebuah asosiasi dunia penyakit ALS. Pada tanggal 21 Agustus 2014, Presiden ALS Assosiation mengumumkan bahwa dana yang terkumpul sudah mencapai US$ 41,800,000 atau sekitar 500 milyar rupiah. Dana ini selain dipakai untuk penelitian, juga dipakai untuk memberikan support bagi keluarga penderita agar bisa membantu penderita ALS menjalani kehidupan sehari-hari mereka.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai ALS,http://www.alsa.org/

http://www.accesstrade.co.id/