blogs - games

Among Us Dimainkan Hampir ½ Miliar Orang di Bulan November 2020

10 Dec 28, 2020
Among Us Dimainkan Hampir ½ Miliar Orang di Bulan November 2020

Ya, dari segi usia, Among Us tergolong game yang masih berusia muda dibandingkan dengan game-game mobile populer lainnya. Game yang dikembangkan sekaligus diedarkan oleh Innersloth ini menjadi salah satu permainan yang dimainkan via smartphone dengan jumlah pengguna jutaan di seluruh dunia.

Setelah sukses diciptakan untuk perangkat-perangkat smartphone berbasis iOS dan Android, kemudian Innersloth merilis lagi game serupa yang dapat dimainkan di Steam atau website penyedia sekaligus forum game sejak bulan Agustus 2018. Dan pada pertengahan bulan Desember 2020 kemarin, Among Us versi Nintendo Switch mulai tersedia di Nintendo eShop.

Dari bulan ke bulan pun popularitas Among Us juga semakin meningkat. Bahkan menurut data dari SuperData Nielsen, game dengan grafis 2D tersebut justru menjadi salah satu game bulanan paling populer di dunia mengalahkan permainan smartphone besar seperti Pokémon GO atau Candy Crush Saga.

Carter Rogers, Principal Analyst di SuperData, menjelaskan bahwa di bulan November 2020 saja, ada sekitar ½ miliar orang dari seluruh dunia memainkan game satu ini. Dari jumlah tersebut, mayoritas memainkannya menggunakan perangkat mobilenya, dan hanya 3 persen lainnya memakai perangkat PC.

Rogers juga menyebutkan bahwa ada sekitar 300 juta pengguna aktif dalam setiap bulannya. Jumlah tersebut merupakan pengguna campuran, mulai dari yang memakai smartphone, PC sampai dengan Nintendo Switch. Hanya saja, untuk yang Nintendo Switch, karena masih tergolong baru, maka dampak dari jumlah pemakainya menduduki urutan terbawah dari yang memakai PC atau smartphone.

Satu hal yang menjadikan Among Us unik adalah selain tampilan gambarnya yang sangat sederhana (2D), menurut tulisan di The Verge, Innersloth hanya memiliki karyawan berjumlah 4 orang saja yang mengurusi banyak hal. Bahkan dikarenakan popularitas Among Us semakin tinggi dan jumlah personel Innersloth yang terbatas, maka perusahaan memutuskan untuk membatalkan sekuel lanjutan dari game ini dan kemudian fokus untuk memaksimalkan performa dan kinerja game yang sudah ada.

Walaupun dari sisi gambar tidak begitu istimewa, akan tetapi Innersloth yakin bahwa produknya tersebut akan terus disukai karena memiliki keunikan dan alur permainan yang menarik. Innersloth sendiri juga berjanji akan memberikan banyak update mulai tahun 2021 mendatang.