blogs - aplikasi

Resmi Rilis, Ini Beda Android 11 dengan Pendahulunya

10 Sep 09, 2020
Resmi Rilis, Ini Beda Android 11 dengan Pendahulunya

Tepat hari ini, Google mengumumkan perilisan sistem operasi Android yang terbaru, yakni Android 11. Kabar ini tentu menarik perhatian para pengguna Android di seluruh dunia. Sistem operasi Android terbaru sudah bisa dimiliki pada beberapa perangkat Android, diantaranya seperti smartphone Pixel, OnePlus, Oppo, Xiaomi, dan Realme. Untuk perangkat lainnya, Google menginformasikan bahwa pembaharuan OS terbaru akan dilakukan pada beberapa bulan ke depan.

Layaknya pembaharuan OS pada generasi sebelumnya, Android 11 ini juga dilengkapi dengan beragam fitur baru di dalamnya. Fitur baru yang paling menonjol bisa Anda lihat pada bagian privasi, perpesanan, hingga beberapa kontrol yang lebih baik. Berdasarkan beberapa pembaharuan tersebut, pengalaman menggunakan smartphone Android nantinya akan lebih mudah dan menyenangkan.

Untuk pembaharuan pada fitur perpesanan, notifikasi yang akan Anda dapatkan akan lebih ditingkatkan lagi dan disesuaikan dengan aplikasi perpesanan pilihan Anda. Google juga menawarkan fitur chat bubbles yang bisa membuat pengguna nanti bisa tetap menjalankan aplikasi dan membalas pesan singkat secara langsung. Melalui chat bubbles tersebut, Anda juga bisa mengirimkan foto dan video.

Ada juga fitur tambahan berupa perekaman layar yang telah menjadi fitur bawaan Android 11. Dengan adanya fitur bawaan ini, Anda bisa melakukan perekaman layar dengan menggunakan suara langsung dari perangkat, mikrofon, atau bahkan keduanya. Pembaharuan fitur perekaman layar terbaru membuat Anda tak perlu lagi mengunduh aplikasi perekaman layar pihak ketiga.

Fitur privasi juga semakin ditingkatkan pada Android 11 ini. Di mana kini pengaturan permission aplikasi menjadi lebih ketat dibandingkan sebelumnya. Jika sebelumnya Anda hanya perlu memberikan perizinan terhadap lokasi dan kamera satu kali setelah mengunduh aplikasi, kini perizinan tersebut akan terjadi beberapa kali. Hal ini bertujuan untuk menjaga privasi pengguna agar aplikasi tak lagi bisa mengakses lokasi pengguna secara terus-menerus. Saat aplikasi nantinya kembali Anda gunakan, disitulah perizinan akses lokasi perlu Anda setujui kembali.

Android 11 ini juga dilengkapi dengan menu kendali yang baru, salah satunya yakni smart home. Pengguna nantinya bisa mengakses smart home lebih mudah yakni dengan menekan lama tombol power yang ada di smartphone. Menu kendali lainnya yang juga mengalami peningkatan yakni pada tampilan screenshot, kendali media baru, dan lain sebagainya.

Itu tadi beberapa fitur baru dan pembeda antara Android 11 dan pendahulunya. Jika perangkat yang Anda gunakan belum kompatibel dengan OS Android terbaru ini, Anda perlu bersabar menunggu kabar terbarunya lagi.