blogs - digital marketing

Apa Itu Email Marketing dan Apa Manfaatnya?

10 Dec 17, 2020
Apa Itu Email Marketing dan Apa Manfaatnya?

Email atau electronic mail adalah sebuah media pengiriman surat menggunakan jaringan internet dan perangkat komputer. Jika dulu hanya berfungsi sebagai pengganti model pengiriman surat konvensional yang membutuhkan waktu lama, sekarang ini email sudah difungsikan untuk berbagai macam hal. Salah satu contohnya adalah sebagai email marketing. 

Berbicara mengenai email marketing, kira-kira apa yang dimaksud dengan hal tersebut dan apa pula manfaatnya bagi bisnis yang sedang dijalankan? Untuk mengetahuinya, berikut adalah penjelasan singkatnya.

Definisi Email Marketing

Email marketing adalah sebuah cara pemasaran yang cukup banyak digunakan sekarang ini dengan tujuan pemasaran atau promosi sebuah produk tertentu kepada target yang terpilih dengan cepat, mudah dan efisien. 

Dengan menggunakan email, maka Anda dapat membantu para pelanggan potensial untuk mengetahui item atau penawaran terbaru. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat membangun hubungan sampai dengan menjaga pelanggan agar tetap ada dalam jalur bisnis yang Anda miliki.

Manfaat Email Marketing

Walaupun ada kemungkinan bahwa ketika Anda mengirimkan email yang berisikan penjelasan atau pemberitahuan item atau penawaran terbaru, orang yang menerimanya akan langsung menghapus atau memasukkannya ke dalam daftar arsip atau bahkan spam, akan tetapi cara satu ini dirasa sangat efektif.

Dikatakan begitu karena setidaknya akan ada sedikit penjelasan di judul email yang kemungkinan juga dapat menarik minat seseorang untuk kemudian membukanya dan membacanya. Terlebih lagi, menggunakan metode email marketing ini sangat hemat biaya dan sangat cepat untuk mencapai target pasar.

Memang email marketing bukanlah sebuah cara utama yang dapat dilakukan dalam pemasaran, akan tetapi dengan menggunakan metode ini, Anda dapat membangun sebuah engagement dengan pelanggan yang kemudian mengarahkan mereka ke situs, blog, media sosial atau tempat lain yang Anda inginkan untuk dikunjungi orang lain.

Anda bahkan dapat menyegmentasikan email dan menargetkan pengguna menurut demografis sehingga Anda hanya mengirimkan pesan yang paling ingin mereka lihat kepada orang-orang. 

Hanya saja yang patut diingat adalah kirimkan email berupa penawaran atau pemberitahuan tentang item tertentu tersebut apabila diperlukan saja. Ketika seorang pelanggan telah mempercayakan email mereka kepada Anda, maka jaga kepercayaan tersebut. Jangan banjiri inbox mereka dengan berbagai macam email yang justru hal tersebut akan membuat mereka jengah dan dapat mengurangi tingkat engagement yang tengah dibangun.