blogs - aplikasi

Aplikasi-Aplikasi Fintech Terbaik 2021 yang Patut Anda Ketahui

10 Feb 02, 2021
Aplikasi-Aplikasi Fintech Terbaik 2021 yang Patut Anda Ketahui

Teknologi tak hanya merambah ke sektor komunikasi saja melainkan juga pada sektor keuangan. Saat ini ada banyak aplikasi bisnis, terutama yang berhubungan dengan pembiayaan atau yang dikenal dengan istilah financial technology (fintech) tersedia di play store.

Aplikasi fintech ini dapat memberikan berbagai kemudahan bagi orang awam dalam memasuki dunia keuangan digital dengan menawarkan begitu banyak hal. Mulai dari berbagai moda pembayaran hingga pinjaman dan kartu kredit. Untuk prosesnya sendiri jauh lebih mudah dan sederhana.

Selama beberapa tahun terakhir, perkembangan aplikasi fintech mengalami pertumbuhan yang cukup dinamis. Setidaknya lebih dari 64% konsumen di seluruh dunia menggunakan satu aplikasi fintech di tahun 2019. Selain itu, diperkirakan pasar akan semakin berkembang dalam waktu 1 tahun ke depan. Karena tentu bakalan ada sumber keuntungan yang sangat besar untuk pemilik aplikasi fintech di masa mendatang.

Jadi, jika Anda termasuk orang yang ingin memanfaatkan situasi dengan meluncurkan aplikasi fintech milik Anda sendiri, pastikan Anda benar-benar memahami seluk-beluk aplikasi keuangan digital. Berikut ini adalah aplikasi fintech terbaik yang bisa Anda adopsi dan tiru model layanannya.

Chime

chime

Pertama ada Chime, aplikasi mobile-banks dengan pertumbuhan tercepat yang memungkinkan konsumen mengelola pengeluaran serta tabungan mereka lebih baik di satu tempat. Anda tidak akan dipungut biaya untuk bertransaksi dengan aplikasi ini. Salah satu fitur terbaik dari Chime adalah aplikasi ini akan secara otomatis mengurangi 10% dari jumlah yang dikreditkan ke akun Anda dan langsung mentransfernya ke rekening tabungan pribadi.

Mint

aplikasi Mint

Di urutan selanjutnya ada aplikasi yang dianggap paling tepat dalam mengumpulkan informasi konsumen, seperti akun, jumlah skor kredit, transaksi dan yang lainnya. Aplikasi Mint menawarkan nasihat keuangan, reminder untuk membayar tagihan dan mendeteksi pola dalam data pengeluaran. Jadi, Anda bisa mendapatkan pelajaran yang sangat berharga tentang cara menghemat pengeluaran. Mint dibekali salah satu enkripsi paling ketat di dunia fintech.

Coinbase

Coinbase

Merujuk teknologi blockchain, aplikasi Coinbase merupakan salah satu aplikasi pertukaran cryptocurrency terbesar di Amerika Serikat. Anda bisa melihat secara real time nilai cryptocurrency dan berinvestasi serta memperdagangkan salah satunya dengan menjadwalkan pembeliannya. Aplikasi ini telah digunakan oleh lebih dari 25 juta orang di lebih dari 32 negara. Salah satu aspek terbaik yang dimiliki aplikasi ini adalah hampir 98% cryptocurrency diamankan dan disimpan secara offline. Sementara sisanya diamankan oleh protokol keamanan online super canggih.

Finch

Finch

Dirancang khusus untuk generasi milenial masa kini, aplikasi fintech bernama Finch ini bisa dilihat melalui perangkat seluler pada waktu tertentu. Finch memungkinkan pengguna untuk mengirim dan juga menerima uang tanpa perlu mengetahui detail bank apapun. Tak hanya itu saja, aplikasi fintech satu ini memungkinkan penggunanya melacak pengeluaran, membagi tagihan dan melakukan banyak hal lebih dari sekedar aplikasi fintech yang biasanya.

N26

N26

Aplikasi fintech yang berbasis di Berlin, Jerman ini memungkinkan Anda untuk langsung mengatur keuangan Anda segera setelah diinstal. N26 menawarkan alat pengelolaan keuangan yang transparan, sehingga Anda bisa menabung dengan lebih baik dan juga membelanjakan uang lebih bijak. Selain itu, N26 juga menawarkan Anda penarikan tunai di ATM gratis hingga 2 kali penarikan. Dengan aplikasi fintech satu ini Anda bisa mulai mentransfer uang secara instan serta menerima laporan lengkap yang berisi statistik pengeluaran langsung.

Revolut

Revolut

Memadukan layanan perbankan dan manajemen keuangan pada konsumennya membuat aplikasi fintech bernama Revolut ini dinilai sangat unggul. Revolut dalam layanan perbankan menawarkan pertukaran mata uang, sistem pembayaran P2P, pertukaran cryptocurrency, kartu debit dan masih banyak lagi. Sedangkan dalam layanan manajemen keuangan, Revolut menawarkan penganggaran, fasilitas penukaran mata uang secara real-time dan lainnya. Aplikasi fintech ini juga menawarkan asuransi perjalanan ke luar negeri dan fitur yang membuat pembagian tagihan dengan keluarga menjadi jauh lebih sederhana.

MoneyLion

MoneyLion

Kemudian ada MoneyLion yang merupakan go-to app untuk mereka yang ingin mencari nasihat tentang finansial dan pinjaman. Telah dirilis lebih dari 6 tahun, aplikasi fintech ini adalah gabungan antara aspek tabungan, pinjaman dan manajemen kekayaan. MoneyLion adalah pendamping keuangan yang ideal untuk bantuan terkait keuangan apa pun. Aplikasi ini beroperasi pada model berbasis langganan yang mencakup pengaturan rekening bank pengguna. Selain itu, aplikasi fintech MoneyLion juga menawarkan layanan perbankan.

Nubank

nubank

Berbasis di Brasil, aplikasi Nubank menawarkan informasi kepada konsumen tentang saldo tabungan, reward dan kartu kredit secara real-time. Memiliki lebih dari 12 juta pelanggan, Nubank menduduki urutan keenam di pasar asalnya. Nubank menekankan pentingnya pengalaman pengguna dengan menghadirkan tampilan antarmuka yang sederhana dengan kurva pembelajaran minimal. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan banyak informasi terkini mengenai postingan mengenai berbagai topik fintech melalui blog perusahaan.

Itulah 8 aplikasi fintech terbaik lengkap dengan keunggulannya masing-masing yang bisa Anda pelajari jika ingin merancang aplikasi fintech sendiri.

Artikel menarik lainnya tentang fintech yang mungkin Anda tertarik untuk membacanya: