blogs - aplikasi

Aplikasi-aplikasi Hebat untuk Amankan Koneksi Wi-Fi dari Pencuri Sinyal

10 Jan 28, 2021
Aplikasi-aplikasi Hebat untuk Amankan Koneksi Wi-Fi dari Pencuri Sinyal

Sangat menyenangkan apabila di rumah tinggal sudah terpasang perangkat khusus untuk Wi-Fi. Jadi Anda tidak perlu lagi membeli paketan atau juga pergi ke warung internet apabila ingin browsing atau melakukan apapun yang terkait dengan internet. 

Hanya saja, menjadi satu hal yang menjengkelkan ketika tiba-tiba koneksinya menjadi lambat dan ternyata sedang ada orang yang bypass security Wi-Fi dan kemudian mencuri serta menggunakan jaringan secara cuma-cuma. Tentunya hal itu selain menjengkelkan juga merugikan, bukan?

Nah, untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi-aplikasi berikut yang memiliki fungsi mulai dari pemantau sampai dengan memproteksi koneksi Wi-Fi pribadi agar tidak dibobol dan digunakan oleh orang lain.

Fing

Fing adalah sebuah aplikasi untuk Android yang sangat ampuh untuk dipakai mendeteksi siapa saja yang terkoneksi atau menggunakan jaringan Wi-Fi pribadi. Anda dapat memantau keberadaan perangkat apa saja yang ada di dalam rumah dan terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi dan kemudian melihat perangkat aneh lain yang ikut masuk dalam daftar.

Tidak hanya berfungsi untuk mendeteksi saja, Anda juga dapat memberi pelajaran kepada para pencuri sinya tersebut dengan cara memutuskan secara paksa koneksi Wi-Fi dengan perangkat mereka. Selain itu, IP dari perangkat yang bersangkutan pun dapat Anda blokir menggunakan Fing.

WiFi Inspector

Seperti halnya Fing, WiFi Inspector juga berfungsi untuk mendeteksi perangkat para pencuri sinyal yang ada di jaringan pribadi Anda. Bahkan tidak hanya perangkat mobile biasa saja, Anda juga dapat mendeteksi keberadaan perangkat ethernet yang terhubung dengan Wi-Fi secara cepat dan mudah.

Akan ada laporan detail mengenai perangkat apa saja yang sedang terkoneksi saat itu. Bahkan Anda juga dapat mengetahui informasi jelas setiap perangkat yang terhubung, mulai dari IP Address-nya, MAC Address-nya, Gateway, Network masc sampai dengan DNS-nya.

ARP Guard (WiFi Security)

Mungkin kebanyakan orang awam akan memaklumi dan membiarkan atau hanya sekadar menegur apabila ada orang lain yang masuk dan memakai koneksi Wi-Fi nya. Tapi tahukah Anda bahwa kegiatan tersebut sangat merugikan dan berbahaya karena orang yang bersangkutan, bisa saja mematikan koneksi dari jarak jauh, mencuri data pribadi sampai dengan melakukan spoofing pada trafik jaringan? Untuk itu, ARP Guard (WiFi Security) adalah tools yang tepat untuk mengatasi hal tersebut.

ARP Guard (WiFi Security) dilengkapi dengan banyak fitur,mulai dari pemeliharaan jaringan, proteksi jaringan, 3 mode pengamanan sampai dengan memutuskan koneksitas antara perangkat asing dengan jaringan Wi-Fi pribadi. Di Google Play Store, ARP Guard (WiFi Security) mendapatkan rating sangat tinggi dengan artian bahwa aplikasi ini sangat layak dan direkomendasikan untuk dipakai.

Wifi Analyzer- Home & Office Wifi Security

Wifi Analyzer- Home & Office Wifi Security dapat dikatakan sebagai salah satu alat untuk menganalisis dan menjaga jaringan Wi-Fi terbaik di Google Play Store. Aplikasi yang dapat digunakan secara gratis ini dapat dipakai dengan mudah oleh siapa saja, bahkan oleh seorang pemula sekalipun. 

Anda dapat memeriksa info sinyal, memblokir koneksi asing, mendiagnosa kecepatan dan kekuatan sinyal sampai dengan menampilkan grafik display terkait dengan jaringan Wi-Fi yang Anda punyai agar lebih mudah dipahami.

Wifi-Password

Dengan tool-tools tertentu, siapa saja dapat mencuri dan mendapatkan password Wi-Fi rumahan atau di tempat umum. Khususnya untuk jaringan yang Anda miliki, Anda juga wajib menggunakan kata kunci yang sangat berbeda dan kuat agar tidak mudah dibobol. Hanya saja, untuk melakukannya bukan suatu perkara mudah. Nah, untuk membantunya, Anda dapat menggunakan aplikasi bernama WI-Fi Password yang dapat menolong membuat kata kunci yang kuat.

Aplikasi ini akan menggenerate banyak kata kunci secara random dan kompleks yang mana kemudian dapat Anda pilih untuk digunakan sebagai password Wi-Fi Anda tersebut. Anda dapat memakainya berulang kali atau bahkan setiap hari agar para peretas Wi-Fi kesulitan untuk masuk dan menggunakan sinyal secara gratis itu.

Artikel menarik lainnya yang mungkin Anda tertarik untuk membacanya: