blogs - aplikasi

Aplikasi-aplikasi Musik Terbaik Bagi Anda yang Hobi Mendengarkan Lagu

10 Feb 01, 2021
Aplikasi-aplikasi Musik Terbaik Bagi Anda yang Hobi Mendengarkan Lagu

Ada banyak sekali aplikasi musik di luar sana. Mulai dari yang dirancang untuk membantu pengguna mengatur koleksi musik mereka, menemukan lirik, mengidentifikasi lagu hingga mengonversi playlist dari satu layanan streaming ke layanan lainnya. Akan tetapi dari banyaknya aplikasi musik tersebut, kira-kira. manakah yang terbaik bagi Anda yang doyan sekali mendengarkan musik, baik di rumah atau sedang dalam perjalanan?

Berikut ini adalah daftarnya untuk Anda yang hobi mendengarkan musik dan tak bisa melewati sehari saja tanpa alunan nada dan rangkaian kata-kata bermelodi.

Change Playlist Image

Pertama ada aplikasi sederhana yang diperuntukkan bagi Anda pengguna layanan Spotify. Anda bisa masuk ke Spotify melalui aplikasi, kemudian Anda bisa mengubah playlist Anda. Aplikasi Change Playlist Image memungkinkan penggunanya mengubah nama playlist, deskripsi hingga gambar playlist. Dan semua perubahan yang Anda lakukan akan tercermin dalam aplikasi Spotify sebenarnya, lho. Well, memang ini hanyalah satu dari sekian banyak aplikasi manajemen dari Spotify, tapi sangat disukai karena tampilannya sederhana dan kemampuannya mengisi kekosongan celah dalam aplikasi.

MediaMonkey

Inilah aplikasi pemutar musik lokal yang bisa memberikan lebih dari itu saja. Ada juga versi desktop yang tersedia untuk Windows dan keduanya sama-sama berfungsi seperti iTunes. Anda bisa mengelola library pada komputer dan menyinkronkannya ke perangkat. Aplikasi ini bisa terkoneksi dengan WiFi maupun kabel. MediaMonkey merupakan aplikasi musik yang wajib Anda miliki jika Anda mencari pengalaman bermusik terbaik lewat smartphone maupun desktop.

Playlistmania

Well, bisa dibilang ini adalah aplikasi ‘dark horse’ dalam daftar. Kenapa? Playlistmania merupakan keluaran baru dan bisa melakukan banyak hal dengan musik Anda. Aplikasi ini cukup sederhana dan Anda bisa menambahkan playlist baru dengan mengubah daftar putar dari sumber lain ke pemutar musik Anda. Selain itu, dengan Playlistmania Anda juga bisa berbagi playlist atau pun menambahkan playlist sendiri. Ini adalah pilihan yang bagus untuk penikmat musik di mana pun.

Musixmatch

Di urutan selanjutnya ada Musixmatch yang merupakan aplikasi lirik dan termasuk salah satu dari sedikit aplikasi yang tak mengecewakan. Aplikasi ini mendukung berbagai layanan streaming dengan bilah mengambang yang akan menampilkan lirik lagu yang Anda dengarkan. Selain itu, ada juga lirik offline. Support untuk YouTube, Wear OS dan Chromecast menjadi nilai lebih yang ditawarkan Musixmatch. Untuk berlangganan Anda tak dipungut biaya sepeser pun. Tapi jika ingin menikmati layanan bebas iklan, Anda bisa membayar sekitar Rp60 ribu untuk biaya langganan per bulan.

CLZ Music

Nah, kalau yang ini adalah aplikasi untuk mengorganisir media musik Anda. Dengan aplikasi CLZ Music Anda bisa mengkategorikan dan mengindeks CD ataupun rekaman Anda untuk melacak semua yang ada di dalamnya. Tapi bukan itu saja. Anda juga bisa memindai barcode untuk pengaturan lebih cepat dan menyinkronkan koleksi antar perangkat Anda. Dan itu belum semuanya. Karena dengan CLZ Music, Anda juga bisa mencari hal-hal berdasarkan Catalog Number atau nama dengan memanfaatkan database aplikasi. Biaya berlangganannya memang terlihat mahal, yakni sekitar Rp225.000, tapi itu untuk biaya berlangganan selama setahun. Jadi, bisa dibilang itu sangat wajar.

Audiomack

Berikutnya ada Audiomack yang merupakan aplikasi untuk menemukan musik. Ada banyak koleksi di dalamnya. Mixtape, album, single dan musik lainnya dari berbagai genre. Mulai dari Afropop, Reggae, R&B, Rap, Hip-hop, dan lainnya. Anda bisa mendengarkan musik secara online sepuasnya atau mengunduhnya untuk didengarkan tanpa koneksi internet. Jika ingin versi gratisnya, artinya layanan streaming online dengan iklan. Sementara jika Anda ingin layanan bebas iklan, ada biaya berlangganan untuk satu bulan sebesar Rp75.000. Namun apabila Anda mencari aplikasi yang fokus pada sisi indie ketimbang aliran musik mainstream, maka Audiomack pilihannya.

Plex

Bagi Anda yang mencari aplikasi musik untuk streaming musik lokal ke ponsel Anda tanpa layanan streaming, Plex-lah solusinya. Well, meski agak sedikit rumit untuk menyiapkannya, tapi worth it, kok. Anda harus membuat server di komputer dan selanjutnya mentransfer konten ke perangkat seluler. Dan dari sana, Anda tak hanya bisa streaming musik saja, tapi juga film, acara TV, audio book maupun konten media lainnya. Meski ada banyak aplikasi serupa, hanya Plex yang unggul dibandingkan para pesaingnya.

YouTube Music

Terakhir ada YouTube Music, layanan streaming musik yang sangat-sangat powerful. Anda bisa dapatkan semua manfaat layanan streaming sambil menikmati semua manfaat YouTube. Mendengarkan musik, menonton video musik atau bahkan mendengarkan musik-musik lokal. YouTube Music menawarkan fitur layanan streaming, seperti fitur penemuan serta download offline dan lainnya. Tapi ada satu hal yang membuat aplikasi musik ini begitu menarik, yakni campuran konten musik dan video yang hadir dengan music player lokal yang begitu solid.

Itulah 8 rekomendasi aplikasi musik terbaik yang wajib Anda miliki jika ingin mendapatkan pengalaman paling memanjakan dalam menikmati musik-musik favorit.

Artikel lain tentang aplikasi yang mungkin Anda akan tertarik untuk membacanya:

7 Aplikasi Terbaik 2021 untuk Para Balita

Hobi Masak? Coba Aplikasi-aplikasi Masak Terbaik Berikut Sebagai Referensi

Aplikasi Desain Terbaik Khusus untuk iPad