blogs - aplikasi

Aplikasi-aplikasi Pembayaran Terbaik 2021

10 Jan 25, 2021
Aplikasi-aplikasi Pembayaran Terbaik 2021

Di kota-kota besar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, sudah banyak orang yang menggunakan fasilitas mobile payment sebagai pengganti penggunaan uang cash ataupun kartu. Untuk menggunakan, maka dibutuhkan smartphone-smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) di dalamnya.

Dan berikut ini adalah beberapa aplikasi mobile payment terbaik untuk digunakan di tahun 2021.

Apple Pay

Apple Pay

Seperti namanya, Apple Pay adalah aplikasi mobile payment buatan Apple Inc yang diciptakan khusus untuk digunakan di perangkat smartphone berbasis iOS. Dikarenakan memang pada dasarnya Apple selalu membuat segala kerumitan menjadi lebih sederhana, maka pengoperasian Apple Pay pun dibuat sangat simple dan mudah.

Pengguna iPhone pun tidak perlu mengunduh dan menginstal apapun karena aplikasi ini sudah tersedia secara otomatis. Untuk dapat menggunakan Apple Pay, pengguna harus mengisikan identitas serta informasi terkait dengan kartu kredit yang digunakan di profil ID akun Apple yang dimiliki. Setelah itu, Apple Pay baru dapat digunakan di toko-toko yang menyediakan perangkat NFC.

Google Pay

Google Pay

Sama seperti Apple Pay yang diciptakan oleh Apple, Google Pay adalah aplikasi mobile payment buatan Google Inc untuk semua perangkat berbasis Android. Walaupun toko-toko ritel yang support dengan pembayaran Google Pay lebih banyak dibandingkan Apple Pay, akan tetapi dari segi penggunaan, sedikit lebih rumit dibandingkan dengan produk buatan Apple itu.

Google Pay ini support dengan banyak kartu kredit seperti Chase, Citi, Discover sampai dengan American Express. Hanya saja, Anda tidak dapat secara langsung mengirimkan uang ke pengguna lain dengan menggunakan Google Pay ini, seperti halnya Apple Pay dengan iMessage-nya. Anda masih memerlukan aplikasi lain untuk dapat bertransaksi atau berkirim uang yaitu memakai Google Pay Send.

Samsung Pay

Samsung Pay

Walaupun menggunakan operating system Android, akan tetapi Samsung lebih memilih untuk menciptakan aplikasi mobile payment mereka sendiri yang dinamakan Samsung pay. Aplikasi pembayaran ini tersedia untuk dapat dipakai oleh semua smartphone Galaxy yang sudah dilengkapi dengan fitur NFC.

Samsung Pay ini terhubung dengan banyak perusahaan atau bank di berbagai negara agar lebih fleksibel dalam penggunaannya ketika pemakai produknya berada di tempat atau negara lain dan tidak memiliki uang cash ketika ingin bertransaksi. Banyak teknologi yang support dengan Samsung Pay ini, mulai dari perangkat pembaca kartu konvensional, yang sudah memakai teknologi EMV dan NFC terbaru atau juga yang masih memakai teknologi strip magnetik.

PayPal

PayPal

Sebagai perusahaan atau provider pembayaran berbasis online terbesar di dunia, PayPal juga memiliki aplikasi mobile payment buatan mereka sendiri. Tingkat keamanan dari aplikasi buatan PayPal ini lebih tinggi dibandingkan dengan kebanyakan aplikasi sejenis lain yang ada di pasaran karena memang PayPal memiliki proteksi berlapis untuk melindungi data dan segala yang dimiliki pengguna produk dan layanannya.

Sayangnya, aplikasi buatan PayPal ini masih memiliki cakupan sedikit saja. Dengan kata lain tidak banyak toko ritel atau sejenisnya yang support dengan aplikasi tersebut. Hanya saja, ketika digunakan untuk mengirimkan uang antar-rekening, maka tidak ada biaya kirim yang dikenakan.

Venmo

Venmo

Tidak seperti kebanyakan aplikasi mobile payment pada umumnya, untuk mendaftar dan menggunakan layanan Venmo, Anda harus menghubungkannya dengan akun Facebook pribadi. Ya, memang ada opsi pendaftaran lain yang dapat dipilih, akan tetapi apabila Anda malas untuk melakukan pengisian data pribadi, maka dapat langsung menghubungkannya dengan akun Facebook pribadi.

Setelah itu, Anda hanya perlu menautkan informasi terkait dengan kartu kredit atau rekening bank yang dimiliki dan Venmo siap digunakan. Anda dapat memakainya sebagai media mengirim atau menerima uang antar-pengguna Venmo lainnya. Sekarang ini sudah ada cukup banyak toko ritel yang support dengan aplikasi ini, walaupun tidak sebanyak Apple Pay dan Google Pay.

Artikel menarik tentang aplikasi lainnya: