blogs - aplikasi

Aplikasi To-Do-List Terbaik untuk Android 2021

10 Feb 17, 2021
Aplikasi To-Do-List Terbaik untuk Android 2021

Semua orang pastinya memiliki kesibukan masing-masing. Dari aktivitas yang dilakukan, terkadang ada saja yang terlupa karena terlalu sibuk melakukan sesuatu, seperti mengambil hadiah di sebuah toko atau juga janjian dengan seseorang untuk pergi ke-gym dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tidak sedikit yang kemudian menuliskan atau mencatat jadwal apapun di buku atau di kertas dan ditempel di papan di kamar atau ruang kerja.

Akan tetapi, apabila ingin lebih praktis, sebenarnya sudah ada banyak aplikasi pengingat yang lebih dikenal dengan istilah to-do-list. Nah, berikut ini adalah beberapa aplikasi to-do-list terbaik yang dapat Anda gunakan dalam keseharian.

Todoist

Todoist

Terlepas dari apakah Anda perlu membuat daftar belanja dasar atau merencanakan proyek yang jauh lebih besar, Todoist dapat melakukan semuanya. Aplikasi ini tersedia untuk berbagai perangkat  termasuk Windows, Mac, iOS, Android, dan juga diciptakan sebagai ekstensi di Chrome. Pengembang juga membuat integrasi dengan layanan lain menjadi mudah, sehingga Anda dapat menggunakan Slack, Alexa, Google Calendar, dan banyak lagi.

Mungkin aspek yang paling menarik adalah "Natural Language Parsing", yang berarti Todoist akan memahami apa yang sedang Anda ketik. Anda tidak perlu mencoba dan mengucapkan atau menyusun kata-kata dengan cara tertentu. Jadi cukup ketik "buang sampah besok jam 7 malam" dan biarkan aplikasi ini merapikan dan menyusun semuanya untuk Anda.

Google Keep

Google Keep

Google Keep merupakan aplikasi besutan Google Inc yang sangat bagus karena berfungsi dengan baik saat Anda ingin menuliskan semua ide atau apapun di dalam kepala ke permukaan kertas digital. Bahkan Anda dapat membuat label untuk tujuan pengelompokan atau juga menggunakan Google Assistant untuk menentukan apa yang perlu dilakukan nantinya. Selain itu, Anda bahkan dapat menggunakan Keep sebagai semacam penghemat bookmark yang memungkinkan Anda berbagi gambar, tautan, dan lainnya.

Memiliki catatan dan tugas di satu tempat sangatlah berguna dan membantu. Seperti yang diharapkan, Anda akan dapat mengatur pengingat waktu dan tempat, bersama dengan memeriksa tugas tertentu untuk diselesaikan tepat waktu. Sedikit berbeda dengan kebanyakan aplikasi sejenis, Google Keep ini dapat digunakan secara gratis.

TickTick

Memang beberapa tahun sebelum ini, TickTick masih ada di urutan bawah untuk kategori aplikasi to-do-list yang ada di Google Play Store. Hal itu dikarenakan user interfacenya sangat sederhana dan fitur yang dimiliki sangat terbatas. Namun, para pengembang telah bekerja keras untuk mengubah TickTick menjadi salah satu alat produktivitas paling bagus dan dapat membantu penggunanya.

Setelah dilakukan perbaikan dan pembenahan oleh developernya, sekarang TickTick menjelma menjadi aplikasi to-do-list yang sangat bagus. Anda dapat melacak daftar tugas atau jadwal dan tugas yang akan datang. Selain itu, TickTick juga berfungsi sebagai salah satu aplikasi Habit terbaik untuk Android. Hal tersebut dikarenakan pihak developer telah menambahkan habit tracker yang dapat dengan mudah diakses melalui bilah bagian bawah aplikasi.

Microsoft To Do

Google Keep

Setelah mengakuisisi startup bernama Wunderlist, Microsoft kemudian mengembangkan produk aplikasi to-do-list yang diciptakan untuk dapat membantu semua orang agar tetap produktif. Bahkan untuk para pengguna produk Microsoft, mereka dapat dengan cepat dan mudah mengintegrasikannya dengan Microsoft To Do.

Beberapa inklusi bagus di Microsoft To Do adalah kemampuannya untuk melampirkan file ke tugas Anda, dengan mudah berbagi daftar to-do-list dengan siapa pun yang Anda perlukan atau juga menciptakan daftar dengan menggunakan fitur bernama My Day.

Artikel menarik lainnya yang mungkin Anda tertarik untuk membacanya: