blogs - aplikasi

7 Aplikasi Terbaik 2021 untuk Para Balita

10 Jan 30, 2021
7 Aplikasi Terbaik 2021 untuk Para Balita

Ya, memang apabila terlalu sering atau bahkan sampai membuat kecanduan sangatlah tidak dianjurkan untuk memberikan balita mainan berupa smartphone. Menurut banyak penelitian, hal tersebut tidak bagus untuk perkembangan sistem motoriknya. 

Hanya saja, bukan berarti tidak ada sisi positif dari smartphone  tersebut ketika digunakan oleh para balita. Contohnya saja ada banyak aplikasi yang dapat dijadikan media pembelajaran. Nah, berikut ini adalah 7 aplikasi terbaik untuk dapat digunakan para balita.

ABC Mouse

ABC Mouse

ABC Mouse adalah sebuah aplikasi pendidikan dengan sistem berlangganan yang sangat bagus untuk menjadi media belajar para balita. Terdapat banyak pembelajaran untuk balita dan anak-anak di ABC Mouse ini, seperti yang berformat petualangan untuk memecah sesuatu atau dengan misi tertentu. Balita dan anak-anak juga dapat belajar membaca, berhitung, mewarna sampai dengan bernyanyi. ABC Mouse ini didesain untuk dapat digunakan oleh batita mulai usia 2 tahun sampai dengan anak-anak yang duduk di kelas 2 sekolah dasar.

PBS Kids

PBS Kids

PBS Kids adalah aplikasi yang berisikan video pembelajaran serta game yang dapat digunakan secara gratis. Ada banyak konten video yang sangat menghibur sekaligus dapat digunakan sebagai media belajar balita dan anak, seperti Daniel Tiger's Neighborhood dan Cat in the Hat. Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh batita dan balita. Untuk sistem pembelajaran lainnya, PBS Kids juga dilengkapi dengan modul untuk dapat mengajarkan keterampilan sains dan matematika awal dengan menyenangkan dan game penuh warna.

Busy Shapes 2

Busy Shapes 2.jpg

Kebanyakan aplikasi untuk balita dan anak-anak sekarang ini harus terhubung dengan internet alias tidak dapat dioperasikan secara offline. Akan tetapi berbeda dengan aplikasi satu ini, Busy Shapes 2 merupakan yang dapat digunakan kapan dan di manapun tanpa harus terhubung dengan internet. Bahkan Anda dapat memakainya dalam mode pesawat sekalipun. Dengan aplikasi ini, batita atau balita dapat belajar menghafal bentuk dengan menyeret dan menjatuhkannya ke dalam lubang yang berbentuk sama atau cocok. Aktivitas pembelajaran di dalamnya selalu diiringi dengan tampilan visual yang menarik serta lagu-lagu yang menyenangkan. Dan rata-rata media pembelajarannya dapat ditemui di keseharian agar para batita atau balita dapat mengingat bentuk barang tersebut secara kuat.

Monkey Preschool Lunchbox

Monkey Preschool Lunchbox

Dengan menggunakan aplikasi bernama Monkey Preschool Lunchbox ini, maka balita Anda tidak akan menyadari bahwa dia sedang belajar. Mereka dapat belajar warna, bentuk, dan berhitung dengan tampilan yang mudah dimengerti dan menyenangkan. Setiap aktivitas akan ada satu monyet bernama Milo. Setiap aktivitas yang berhasil diselesaikan dilengkapi dengan hadiah langsung di mana balita Anda dapat memilih stiker untuk ditambahkan ke koleksinya.

Toca Boca

Toca Boca.jpg

Toca Boca adalah aplikasi yang membuat balita atau anak-anak terus beraktivitas karena banyak sekali petualangan menarik yang dapat dilakukan seperti memasak, merawat hewan peliharaan dan pasien yang sakit, menata rambut atau juga melakukan penelitian. Dengan menggunakan aplikasi ini, balita atau anak-anak akan bermain role-playing yang dapat membantu imajinasi mereka berkembang. 

Balloon Pop

Balloon Pop

Balloon Pop merupakan salah satu aplikasi gratisan lain yang dapat Anda unduh dan dijadikan media bermain juga belajar balita atau anak-anak. Aplikasi ini dapat dimainkan oleh berbagai usia. Untuk anaka-anak usia balita atau yang di bawah kelas 3, dapat memainkan game-game menarik di dalamnya, sedangkan untuk yang lebih besar lagi dapat bermain teka-teki. Balita akan langsung tertarik pada permainan yang memungkinkan mereka meledakkan balon saat mereka naik dari bawah layar ke atas. Segala permainannya cukup sederhana untuk dipahami bahkan oleh semua penggunanya.

Toca Doctor

Toca Doctor

Setelah Toca Boca, terdapat pula aplikasi lain yang dinamakan Toca Doctor. Aplikasi satu ini diciptakan untuk menumbuhkan rasa empati balita Anda atau menjadi pembelajaran bagi mereka untuk masa depan dalam dunia kedokteran. Aplikasi penuh warna ini menawarkan sejumlah game edukasi untuk balita, dengan tema medis. Ini adalah salah satu aplikasi Toca paling sederhana, cocok untuk anak-anak berusia dua tahun. Anak-anak dapat bermain layaknya seorang dokter dengan menutupi luka dengan perban yang berukuran berbeda, menyikat gigi untuk mengusir kuman, atau menyemprotkan obat tetes mata ke mata. Game ini pasti akan membuat anak-anak Anda sibuk lebih dari beberapa menit saja.

Artikel menarik lainnya tentang aplikasi yang mungkin Anda tertarik untuk membacanya: