blogs - bisnis & culture

Apple Siap Saingi Tesla dalam Produksi Mobil Tanpa Sopir

10 Dec 26, 2020
Apple Siap Saingi Tesla dalam Produksi Mobil Tanpa Sopir

Memang bukan suatu kabar yang baru mengenai Apple akan membuat sebuah smart car atau mobil tanpa pengemudi seperti halnya yang sudah diproduksi Tesla atau yang sedang diujicobakan Google. Akan tetapi kabar yang beredar sekitar tahun 2014 lalu itu masih berstatus rumor belaka dan kemudian menghilang tanpa menunggu viral.

Akan tetapi, ada kabar baru yang masih terkait dengan hal tersebut mengatakan bahwa Apple benar-benar bakal memproduksi mobil pintar. Hanya saja, bukan di tahun 2020 ini ataupun di tahun 2021 mendatang, melainkan pada tahun 2024 nanti.

Bahkan menurut sumber yang mengatakan hal tersebut, sebenarnya project pembuatan mobil pintar ini sudah ada cukup lama dengan kode “Project Titan.” Disebutkan pula bahwa mobil tersebut nantinya akan menggunakan segala hal yang diproduksi oleh Apple sendiri, termasuk baterai yang digunakan. Dan apabila mengacu pada baterai, dapat dikatakan bahwa mobil tersebut bukanlah mobil berbahan bakar minyak atau gas, melainkan listrik. Dan mobil itu dapat secara otomatis melaju tanpa sopir dan segalanya dikontrol oleh teknologi AI.

Sebelum ini, ada tulisan yang dimuat di Reuters menjelaskan bahwa Apple akan membuat mobil dengan nama Apple Car yang mana bakal dirilis pada tahun 2021, hanya saja kemudian rencana tersebut ditunda karena pandemi dan dimundurkan sampai tahun 2024. Tulisan dari Reuters tersebut juga seperti dibenarkan oleh seorang analis Apple, Ming-Chi Kuo yang mengatakan bahwa kendaraan tanpa sopir dari Apple itu akan mulai diujicobakan sekitar tahun 2023 dan paling lambat bakal mulai hadir sekitar tahun 2025.

Kabar tersebut diperkuat dengan pemecatan besar-besaran oleh Apple pada bulan Februari 2019 lalu. Ada sekitar 200 pekerja di Apple yang dirumahkan dan kebanyakan dari mereka adalah para teknisi dan insinyur yang bekerja di divisi Project Titan. Dengan informasi tersebut, maka dapat dikatakan bahwa memang benar ada sebuah divisi di Apple yang menangani Project Titan. Atau dalam kata lain Project Titan itu benar-benar ada, bukan hanya sekadar rumor media saja.

Banyak analis juga mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan bahwa kabar tersebut akan benar-benar terbukti karena Apple juga dilaporkan sudah menjalin kerjasama dengan sebuah perusahaan pemroduksi komponen teknologi seperti contohnya penginderaan bernama LIDAR.

Apabila Apple benar-benar mewujudkannya, maka persaingan di produksi mobil otomatis dengan kecerdasan tingkat tinggi akan semakin ketat.