blogs - bisnis & culture

Apple Tuntut Prepear karena Persoalan Paten Logo Perusahaan

10 Jan 02, 2021
Apple Tuntut Prepear karena Persoalan Paten Logo Perusahaan

Memang bukan berita baru, melainkan awalnya bermula dari bulan Agustus 2020. Pada saat itu, Apple mengirimkan gugatan ke pengadilan kepada sebuah aplikasi bertemakan makanan atau kuliner, Prepear, besutan developer bernama Prepear Inc. (Super Healthy Kids). Aplikasi ini diciptakan untuk perangkat berbasis Android dan iOS.

Gugatan tersebut dilayangkan dikarenakan menurut pihak Apple logo yang digunakan oleh Prepear Inc. mirip dengan logo perusahaan Cupertino itu. Walaupun berbeda warna akan tetapi konsepnya dianggap mirip. Dijelaskan dalam surat gugatan tersebut bahwa logo Prepear yang dibuat secara minimalis dengan bentuk buah pear serta satu daun yang mengarah ke sebelah kanan itu mirip dengan logo Apple berupa buah apel dengan satu daun yang juga mengarah ke sebelah kanan.

Pihak Prepear Inc. atau Super Healthy Kids sebagai startup kecil yang ada di balik pembuatan prepear menjelaskan bahwa aplikasi mereka ini sudah diciptakan sejak lama dan tidak ada niatan sama sekali untuk meniru logo milik Apple. Bahkan agar lepas dari gugatan tersebut, pihak Super Healthy Kids membuat satu petisi online di situs change.org yang sampai sekarang sudah ditandatangani oleh 269.231 orang dari 300.000 yang dibutuhkan.

Bahkan Russell Monson dari Super Healthy Kids menjelaskan bahwa gugatan Apple itu tidak berdasarkan karena ada banyak logo dengan tema buah seperti itu di dunia. Sampai sekarang ini ada banyak logo serupa yang juga ‘diserang’ Apple dan diminta untuk ditanggalkan atau diubah. Banyak di antaranya yang akhirnya bangkrut karena harus membayar puluhan ribu Dolar karena tersandung masalah logo paten tersebut.

Sampai sekarang ini sudah ada 5 kali persidangan yang digelar dan masih akan terus berlanjut. Dan uniknya, ada kabar baru bahwa untuk sementara ini Apple meminta pengadilan untuk menunda proses peradilannya selama 30 hari. Tidak diketahui alasan Apple melakukannya. Hanya saja pihak pengadilan mengatakan bahwa proses peradilan dapat dilanjutkan kembali apabila pihak penggugat ingin meneruskannya. 

Dalam jadwal resminya, proses peradilan selanjutnya akan digelar pada tanggal 23 Januari 2021 mendatang, akan tetapi karena ditunda, maka belum diketahui apakah Apple akan membebaskan pihak Prepear Inc. atau Super Healthy Kids dari segala tuntutan ataukah akan dilanjutkan di kemudian hari.