Bagaimana agar campaign CPA anda bisa efektif

BLOGS - HOW TO Nov 21, 2014
Bagaimana agar campaign CPA anda bisa efektif

Di Indonesia, sistem CPA belum terlalu dikenal sebagai salah satu sistem bisnis afilasi. Tetapi sebenarnya sistem ini sangat menarik untuk dijalani dan secara jangka panjang sangat menguntungkan, karena hampir 100% konsumen yang sedang mencari produk akan mencari referensi melalui internet, lalu para konsumen potensial ini akan melakukan riset melalui artikel review yang ditemui salah satu nya adalah blog. Sementara ini banyak blogger yang hanya mengandalkan banner untuk bisnis afiliasi CPA nya. Sebenarnya cara ini kurang efektif karena kebanyakan dari visitor blog datang untuk membaca konten tanpa memperhatikan banner yang terpasang atau banner yang terpasang tanpa isi konten yang mendukung kadang malah dianggap iklan yang mengganggu.

Agar kita tahu efektif atau tidaknya promosi kita di blog, pertama-tama kita harus mengerti kebiasaan (behavior) dari konsumen. Ada 4 tingkatan yang dilalui seorang konsumen untuk sampai ke tahap action yaitu :

  1. Awareness
  2. Consideration
  3. Interest
  4. Decision / Action

Awareness

Pada tahap ini konsumen mulai mencari tahu produk yang diinginkan melalui segala informasi yang biasanya memiliki visual seperti dari koran, majalah, brosur, televisi atau internet.

Consideration

Konsumen yang sampai ke tahap ini biasanya lebih serius dalam mencari produk tersebut. Mereka akan melakukan pencarian informasi lebih dalam lagi seperti mencari komunitas atau forum yang khusus membahas produk tersebut di media sosial seperti Facebook atau Kaskus. Dalam tahap ini biasanya konsumen akan menentukan apakah ia benar-benar membutuhkan produk yang diinginkan.

Interest

Setelah konsumen memutuskan untuk membeli produk yang diinginkan, riset mereka akan berlanjut ke review produk. Dari banyak review yang ada, blog merupakan tempat favorit konsumen untuk menggali informasi tentang produk yang mereka inginkan. Selain blog, tempat favorit lainnya adalah e-commerce seperti Lazada atau Blibli.com yang juga menyediakan fitur review di tiap produknya.

Decision

Ini adalah tahap dimana konsumen memutuskan untuk membeli barang yang sudah dirisetnya.

Dari tahapan-tahapan diatas bisa disimpulkan bahwa, agar campaign CPA anda sukses, dibutuhkan sebuah artikel atau konten yang isinya membantu konsumen dalam menjelaskan produk sekaligus mengarahkan konsumen agar melakukan action (pembelian) melalui banner atau text link yang ada di artikel anda. Ketika konsumen sudah memutuskan untuk membeli, disinilah peran artikel / konten anda berfungsi. Konsumen yang merasa terbantu dengan artikel anda akan dengan senang hati mengklik banner atau text link afiliasi anda, menuju produk yang diinginkan dan melakukan pembelian (action). Ditambah lagi, artikel anda akan membantu mengoptimalkan SEO blog anda.