blogs - gawai

Apa Beda Waterproof dan Water Resistant Pada Smartphone?

10 Feb 09, 2021
Apa Beda Waterproof dan Water Resistant Pada Smartphone?

Sekarang ini, sudah cukup banyak vendor-vendor mobile besar dunia yang menciptakan produk smartphone dengan tambahan informasi bahwa produk tersebut water resistant atau waterproof. Ya, tentu saja tujuan utama dari informasi tersebut adalah untuk menginformasikan bahwa produk smartphone yang dijual memiliki ketahanan terhadap air atau tidak menjadi suatu masalah besar apabila terkena air.

Akan tetapi kenapa ada yang berstatus waterproof dan ada pula yang water resistant? Padahal kesemuanya memiliki artian anti-air. Jadi apakah perbedaan antara waterproof dan water resistant dalam dunia mobile?

Water Resistant

Water resistant merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan bahwa suatu benda atau permukaan tahan terhadap air. Dalam Bahasa Indonesia sendiri, water resistant memiliki arti tahan air atau kedap air. Artinya, konstruksi yang digunakan membuat air lebih sulit untuk masuk ke dalam permukaan atau lapisan setelahnya.

Rata-rata smartphone yang dilabeli dengan tulisan water resistant menggunakan material yang dilapisi dengan bahan yang relatif ringan dan dapat membantu untuk menahan ketika ada cipratan atau guyuran air. 

Hanya saja, bukan berarti water resistant tidak dapat kemasukan air. Hal itu dikarenakan perlindungannya cukup rendah. Hal itu dikarenakan istilah water resistant ini hanya digunakan untuk mencegah masuknya air ke dalam perangkat atau lapisan yang terlindungi, seperti hujan ringan atau cipratan saat mencuci tangan.

Waterproof

Tingkatan dari waterproof lebih tinggi dibandingkan dengan water resistant karena lapisan yang digunakan lebih kompleks dan canggih sehingga dapat menahan air lebih efektif. Hanya saja, untuk saat ini belum ada vendor mobile dunia yang menggunakan material berlabel waterproof karena konsepnya sendiri cukup rumit dari sekadar water resistant.

Namun bukan berarti tidak ada produk yang memiliki kekuatan menahan air seperti itu. Saat ini sudah ada beberapa produk smartphone yang sudah mengantongi sertifikat IP68 di mana memiliki artian salah satunya adalah dapat digunakan di air. Bahkan smartphone-smartphone yang masuk kategori ini juga dapat dibawa menyelam ke dalam air dengan jarak dan waktu tertentu.

Kenapa harus dikatakan tertentu? Hal itu dikarenakan air memiliki tekanan yang cukup besar sehingga walaupun perangkat sudah diklaim berlabel waterproof, akan tetapi sealnya tetap dapat hancur ketika tekanan yang diterima terlalu besar.

Artikel lain yang mungkin Anda akan tertarik untuk membacanya: