blogs - bisnis & culture

Rekomendasi Bisnis Online Modal Rendah untuk Pemula

10 Sep 15, 2020
Rekomendasi Bisnis Online Modal Rendah untuk Pemula

Anda salah jika beranggapan bahwa membangun bisnis haruslah dengan modal yang sangat besar. Perkembangan teknologi kini mampu membuat Anda membangun sebuah bisnis online dengan modal yang rendah. Bahkan, ada bisnis yang juga tidak membutuhkan modal sepersenpun, lho. Jenis bisnis bermodal rendah ini bisa jadi solusi bagi Anda yang masih pemula dan belum memiliki banyak modal. Meski membutuhkan modal yang rendah, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Untuk memudahkan Anda memilih mana bisnis online yang tepat, simak rekomendasi bisnis online untuk pemula berikut.

Reseller Online

Reseller menjadi salah satu jenis bisnis yang sangatlah populer saat ini. Melalui bisnis satu ini, Anda tak perlu lagi dibuat bingung akan proses  hingga biaya  produksi yang dibutuhkan. Hal inilah yang membuat reseller online masuk ke dalam daftar bisnis dengan modal yang sangat kecil. Agar keuntungan yang Anda dapatkan dari reseller online semakin besar, sebaiknya Anda memilih produk dengan merk yang telah memiliki nama besar. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam mempromosikan dan mengenalkan produk yang Anda jual. Promosi menjadi hal yang perlu diperhatikan dengan baik oleh Anda yang memilih bisnis reseller. Untuk membuat Anda merasa enjoy selama menjalaninya, pilih kategori produk sesuai dengan kesukaan Anda, ya. Apakah itu produk fashion, kuliner, kecantikan, dan lain sebagainya. 

Dropshipping

Anda yang memilih menjadi reseller online, masih perlu menyiapkan modal untuk membeli produk yang nantinya akan dijual kembali. Namun, bagaimana jika Anda benar-benar tidak memiliki modal? Melakukan dropshipping bisa jadi solusi terbaik untuk Anda. Dengan menjadi seorang dropshipper, Anda tidak perlu membeli atau menyetok produk di rumah. Anda hanya perlu mempromosikan produk orang lain di laman sosial media Anda. Nantinya, harga dari produk yang Anda jual tentu harus sedikit lebih mahal dibandingkan dengan harga beli dari produser asli. Disilah keuntungan yang didapatkan dari seorang dropshipper. Setiap kali Anda orang yang melakukan pembelian barang, Anda hanya perlu menginformasikannya langsung pada penjual aslinya. Pasalnya, proses pengiriman barang pun menjadi tanggung jawab dari penjual aslinya langsung. Mudah, bukan?

Affiliate Marketing

Bisnis online satu ini terbilang kekinian dan sangat populer di kalangan anak muda. Hanya dengan bermodal kemampuan marketing yang jago, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Di mana setiap kali Anda mempromosikan sebuah produk atau jasa, Anda nantinya akan mendapatkan komisi dari mereka yang membeli produk promosi Anda. Berbeda dengan dropshipping yang membuat Anda perlu berinteraksi dengan pembeli, melalui bisnis ini pembeli akan langsung berinteraksi dengan penjual secara langsung. Untuk bisa menjalankan bisnis ini, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu pada sebuah program afiliasi khusus. Proses pendaftaran itulah yang membuat Anda nantinya akan mendapatkan sebuah kupon atau kode khusus.

Klik Afiiliate Marketing untuk mendaftar.

Freelance Writer

Bisnis yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki keahlian menulis. Bermodalkan keahlian tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan. Selain keahlian, hal yang perlu Anda persiapkan yakni jaringan internet yang kencang dan juga laptop. Saat ini sudah banyak agensi atau situs yang memberikan ruang bagi para freelance writer. Hanya cantumkan portofolio kepenulisan Anda, klien akan datang dengan sendirinya dan meminta Anda membuat sebuah tulisan untuk website mereka. Untuk bisa menjadi seorang freelance writer yang handal, Anda sebaiknya juga mempelajari kaidah kepenulisan SEO friendly. Seorang SEO Content Writer menjadi orang yang begitu dicari oleh para pemilik perusahaan.

Desainer Grafis

Sama halnya dengan freelance content writer, seorang desainer grafis juga bisa menjual keahliannya sebagai bisnis online yang menjanjikan. Terlebih, saat ini kemampuan desain grafis begitu dicari oleh perusahaan, baik untuk konten di media sosial, konten promosi, hingga di website. Jika memang Anda memiliki bakat yang satu ini, kembangkan bakat Anda dengan optimal. Jangan lupa untuk juga rutin mengunggah portofolio desain Anda agar bisa diketahui oleh banyak orang. Dengan begitu, nantinya klien akan datang dengan sendirinya.

Vlogger

Bisnis online yang satu ini juga kian populer dan menjadi pilihan oleh banyak orang. Meski tidak memiliki kamera yang mahal, bukan berarti Anda tidak bisa menjadi seorang vlogger. Hanya bermodalkan kamera smartphone saja, Anda sudah bisa menjadi seorang vlogger, lho. Selain memperhatikan teknis video, ide juga menjadi hal yang perlu Anda perhatikan dengan baik. Semakin kreativitas ide yang Anda pilih, tentu akan membuat video Anda semakin banyak ditonton oleh orang lain. Tiga hal yang perlu Anda persiapkan sebagai seorang vlogger, yakni rasa percaya diri, kemampuan mengedit, dan ide yang kreatif. Setelah diunggah di internet, jangan lupa promosikan video Anda, ya.

Itu tadi ke-6 rekomendasi bisnis online dengan modal rendah yang bisa Anda jadikan pilihan. Sesuaikan pilihan bisnis tersebut dengan hobi dan kesukaan Anda, ya!