ACCESSTRADE Indonesia

15 Panduan Sukses Bisnis Afiliasi, Pahami Pengertian dan Keuntungannya

Admin
affiliate marketing Dec 10, 2022

Baca Juga: Cuma 60 Detik Daftar Affiliate Marketing Shopee Bisa Bikin Cuan Sambil Rebahan

Sering mendengar kata 'afiliasi' dari para konten kreator atau pebisnis di media sosial? Memang, bisnis afiliasi cukup jadi primadona belakangan ini. Belum lagi dengan meningkatnya jumlah aktivitas digital dan konten di Indonesia yang membuat pelaku berusaha mencari berbagai cara guna memonetisasi kontennya. Bisnis ini juga terbilang fleksibel karena bisa dilakukan oleh banyak orang selama memiliki insight yang bagus.

Mungkin Anda pernah melihat segelintir orang di media sosial yang menyisipkan link tertentu dalam postingannya. Cara seperti itulah yang sering pelaku digital lakukan dalam menjalani program afiliasi. Setiap pengunjung yang mengakses link tersebut dan melakukan aksi tertentu maka publisher / afiliator bisa mendapat sejumlah komisi. Untuk lebih jauh lagi, simak penjelasan yang sudah Accestrade rangkum di sini.

Daftar Isi

Apa yang Dimaksud Dengan Bisnis Afiliasi?

Bisnis afiliasi merupakan sebuah bisnis dimana Anda sebagai publisher mempromosikan dan menjual produk / layanan dari suatu perusahaan. Hasil dari penjualan tersebutlah Anda bisa mendapat komisi. Jumlahnya beragam tergantung pada program afiliasi yang Anda gunakan.

Contoh Perusahaan Afiliasi Indonesia

Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa perusahaan yang bergerak di bidang afiliasi. Di bawah ini adalah beberapa contoh perusahaan yang sudah berjalan di Indonesia.

Accesstrade Affiliate

Accesstrade Affiliate merupakan perusahaan khusus yang bergerak di bidang afiliasi Indonesia. Accesstrade memiliki program afiliasi menarik dengan dua tipe komisi berbeda, yaitu persentase dan fixed rate. Di sini, Anda mendapatkan beberapa link afiliasi sekaligus tanpa harus daftar di marketplace satu per satu. Cukup dengan satu akun, Anda bisa mengakses semua Campaign yang tersedia.

Shopee Affiliate

Contoh perusahaan yang kedua adalah Shopee Afilliate. Bisnis Afiliasi di bawah marketplace terbesar Asia Tenggara ini dinilai cukup tinggi peluangnya dalam mendapat komisi. Komisi yang dibagikan bergantung jumlah persentase setiap kategori produk.

Lazada Affiliate

Selanjutnya ada Lazada Affiliate yang merupakan program afiliasi dari perusahaan Lazada. Sama seperti afiliasi pada umumnya. Anda baru mendapat komisi ketika seseorang melakukan transaksi terhadap produk melalui link afiliasi. Jenis komisinya ada dalam bentuk persentase.

Tokopedia Affiliate

Menjadi salah satu marketplace sukses di Indonesia, Tokopedia juga menyediakan program afiliasi. Cara kerjanya kurang lebih sama dengan beberapa program di atas. Hal yang membuat Tokopedia berbeda adalah Anda sebagai publisher bisa mendapat komisi berdasarkan kunjungan. 

Tiktok Affiliate

Tiktok adalah aplikasi media sosial yang berisikan video singkat. Dalam fiturnya, ada program bernama Tiktok Affiliate untuk bagian shop-nya. Anda bisa memanfaatkan peluang ini mengingat pengguna Tiktok termasuk salah satu yang terbanyak di Indonesia

Berapa Besar Komisi Afiliasi ?

Setiap perusahaan / program bisnis afiliasi memiliki tipe komisi berbeda. Jenis tersebut adalah berdasarkan persentase dan fixed rate. Fixed rate sendiri adalah nilai komisi dengan jumlah tetap (berbeda dengan persentase yang bergantung pada besaran produk). Di bawah ini adalah nilai komisi yang bisa Anda dapatkan dari setiap program.

Accesstrade Affiliate

Komisi yang ada di Accesstrade berisikan dua tipe di atas. Ada campaign dengan komisi persentase maupun fixed rate. Untuk persentase, Anda bisa mendapatkan komisi hingga 10% dan jutaan rupiah untuk fixed rate. Semuanya tergantung dari campaign manyang Anda laksanakan mengingat Accesstrade memiliki banyak pilihan yang berbeda dengan variasi komisi yang lebih banyak seperti Pay Per Klik, Pay Per View, Pay Per Per Sale dan Pay Per Install

Shopee Affiliate

Setiap produk yang berhasil terjual melalui link afiliasi, Anda berkesempatan untuk mendapat komisi hingga 10%. Selain itu, Shopee juga memiliki program apabila ada pengguna baru yang melakukan transaksi maka Anda bisa mendapat Rp.10.000. Komisi persentase per penjualan tergantung pada kategori yang jadi Anda jadikan afiliasi.

Lazada Affiliate

Sama seperti Shopee, bisnis afiliasi melalui Lazada Affiliate juga menggunakan tipe persentase. Besarannya bergantung pada kategori produk yang Anda jadikan link afiliasi dengan nilai hingga 7%. Lazada juga menerapkan komisi berbeda untuk aplikasinya.

Tokopedia Affiliate

Tokopedia Affiliate memberikan nilai komisi hingga 10% per produk bergantung pada kategorinya. Selain itu, Tokopedia juga memiliki sistem per view atau pengunjung yang datang. Besarannya hingga 25 ribu rupiah per hari bagi pengunjung yang valid.

Tiktok Affiliate

Tiktok juga memberikan besaran yang hampir mirip, yaitu sekitar 5% hingga 10% per produk.

Bagaimana Anda Mendapat Pembayaran Afiliasi

Dalam bisnis afiliasi, Anda akan mendapat komisi sesuai dengan ketentuan dari campaign. Setiap produk atau layanan memiliki nilai dan jenis komisi yang berbeda. Di bawah ini adalah penjelasan tentang bagaimana program afiliasi bisa membayar Anda.

Jenis Komisi Afiliasi

Dalam program afiliasi di Indonesia, setidaknya ada 8 jenis komisi berdasarkan cara kerjanya. Komisi akan dibayarkan ketika pengunjung yang menggunakan link Anda melakukan tindakan sesuai dengan ketentuan campaign. Berikut adalah jenisnya.

  • CPC / Cost per Click, adalah komisi yang akan Anda dapatkan ketika pengunjung mengklik link afiliasi menuju web campaign
  • CPA / Cost per Action, adalah komisi yang bisa Anda dapatkan ketika pengunjung melakukan aksi tertentu menggunakan link afiliasi
  • CPS / Cost per Sale, adalah komisi yang bisa Anda dapatkan setiap kali penjualan produk berhasil melalui link afiliasi. Biasanya akan dihitung berdasarkan persentase dan harga produk itu sendiri
  • CPL / Cost per Lead, adalah komisi yang Anda dapatkan untuk setiap kali lead sukses terjadi
  • CPI / Cost per Install, adalah komisi ketika pengunjung Anda memasang / install aplikasi di perangkatnya
  • CPR / Cost per Register, adalah komisi untuk setiap kali ada pengguna yang mendaftar pada program campaign yang Anda afiliasikan
  • CPQL / Cost per Quality Lead, komisi untuk setiap lead berkualitas dan terverifikasi
  • CPV / Cost per View, adalah komisi untuk setiap view atau insight dari pengunjung Anda melalui link afiliasi.

Rekomendasi Produk Afiliasi Terlaris dan Komisi Besar

Dalam bisnis afiliasi, besaran komisi yang Anda dapatkan tergantung dari ketentuan pemilik campaign. Campaign dengan komisi yang besar akan membuat monetisasi Anda semakin efektif. Pendapatan juga memiliki kesempatan yang lebih besar untuk meningkat. Di bawah ini adalah contoh rekomendasi produk terlaris yang bisa Anda jadikan pilihan.

Produk Afiliasi Terlaris

Produk afiliasi terlaris biasanya datang dari barang kebutuhan sehari-hari yang bersifat konsumtif. Kelebihan menggunakan produk jenis ini adalah peluang untuk terjadinya transaksi dari pengunjung lebih besar karena berdekatan dengan keseharian. Rekomendasi ini cocok bagi Anda yang ingin mengandalkan kuantitas. Contohnya adalah produk sebagai berikut.

  • Fashion, adalah produk seperti pakaian, perhiasan, atau produk lain yang berhubungan dengan fashion
  • Elektronik, adalah produk yang berkaitan dengan peralatan rumah, seperti kulkas, tv, dan masih banyak lagi
  • Gadget, adalah produk yang berhubungan dengan smartphone, laptop, komputer, dan lain-lain
  • Rumah tangga, adalah produk yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari dalam rumah.

Produk Afiliasi Komisi Besar

Bisnis afiliasi dengan mengandalkan campaign berkomisi besar cenderung lebih menarik perhatian. Biasanya produk ini cenderung lebih sedikit kuantitas pengunjungnya. Komisi besar lebih sering datang dari produk yang berkaitan dengan investasi / perbankan. Tidak tanggung-tanggung, besaran upah yang bisa Anda peroleh mencapai angka jutaan rupiah

  • Produk investasi, adalah produk dari brand atau perusahaan yang bergerak di bidang investasi dunia. Contohnya adalah HSB, Mega Insurance, DCFX, Maxco Futures, dan sebagainya
  • Produk perbankan, adalah produk yang disediakan oleh perusahan di bidang perbankan, seperti Line Bank.

15 Panduan Sukses Bisnis Afiliasi, Ini Cara Paling Cuan

Agar bisa sukses dalam menjalankan program afiliasi di Indonesia, Anda sebagai publisher harus mengerti seperti apa cara dan penempatan dari sebuah campaign. Penempatan yang tepat sekaligus efektif akan membuat campaign yang Anda promosikan memiliki peluang yang lebih besar dalam menciptakan trafik.

Trafik seperti ini bisa datang dari beberapa sumber dan segmen, khususnya dunia digital. Sosial media bisa jadi penunjang utama yang cukup kokoh dalam menjalani afiliasi pemasaran. Untuk tindakan yang lebih spesifik dan efisien, berikut Accesstrade sediakan 15 panduan sukses bisnis afiliasi.

Pilih Kategori Produk

Langkah pertama adalah memilih kategori produk yang sekiranya cocok untuk diafiliasikan. Dalam hal ini, seluruh campaign bisa saja dipromosikan. Hanya saja, Anda harus melakukan penyesuaian dengan niche atau topik dari channel / social media yang digunakan. Dua hal tersebut memiliki sifat yang saling terikat. Ketika pengunjung datang ke channel atau blog yang berisikan produk fashion, sudah jelas bahwa mereka menginginkan produk tersebut.

Contohnya adalah niche fashion. Di dalamnya, Anda bisa mencantumkan produk pakaian, make-up, perhiasan, dan lain sebagainya. Tidak hanya produk fisik, afiliasi dari brand atau kelas tertentu juga bisa selama berkaitan dengan niche tersebut.

Melakukan Research Audience

Bisnis afiliasi memerlukan riset untuk mengetahui audience atau target yang Anda incar. Dengan target pasar yang benar, peluang Anda untuk mendapatkan trafik dan insight juga turut berkembang.

Memilih Channel Marketing Anda

Pilihlah channel untuk melakukan pemasaran produk. Ada banyak segmen dari dunia digital yang bisa dijadikan tempat promosi campaign. Berikut adalah contohnya.

  • Blog, adalah sebuah website yang berisikan artikel informatif. Pengunjung blog biasanya datang dari mesin pencari, seperti Google. Ketika pengunjung mencari produk keinginan, maka Google akan mengarahkannya ke blog Anda dan melihat campaign produk
  • Sosial media, jika Anda memiliki pengikut dengan jumlah yang cukup banyak maka social media bukan jadi pilihan buruk. Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, atau sejenisnya bisa jadi sarana bagus untuk mempromosikan campaign kepada para pengikut yang jadi audiens Anda.
  • YouTube / Telegram Channel, gunakan YouTube channel sebagai sarana mempromosikan campaign juga tidak ada salahnya. Sudah banyak juga Youtuber yang mempromosikan suatu brand atau produk melalui konten selama masih berkaitan dengan campaign
  • Fanpage Facebook, fanpage Facebook belakangan ini memiliki insight yang cukup besar. Banyak konten kreator yang bermunculan melalui fanpage. Insight besar inilah yang jadi peluang kesuksesan dari bisnis afiliasi.

Bangun Group Online Anda

Selain menggunakan channel untuk sarana marketing, group juga bisa jadi media terbaik mempromosikan campaign. Kelebihan dari sebuah group adalah Anda bisa berkomunikasi dengan setiap orang yang menjadi anggota. Promosi pun bisa lebih efektif dan terarah nantinya. Di bawah ini adalah contoh group online yang bisa Anda buat sebagai media promosi campaign afiliasi.

  • Group Facebook
  • WhatsApp Group
  • Telegram Group
  • Masuk ke dalam forum sesuai dengan Niche produk yang Anda afiliasikan

Menyediakan Konten Plan

Konten plan atau perencanaan konten harus Anda sediakan guna menunjang kebutuhan promosi campaign. Dalam proses pembuatan rencana ini Anda harus memastikan ingin seperti apa konten tersebut dibuat. Tidak lupa pula untuk mengaitkan konten niche dengan campaign.

Membuat Inventory Link Affiliate

Setelah perencanaan konten selesai, wajib hukumnya untuk mengumpulkan link afiliasi. Link inilah yang nantinya harus Anda cantumkan di dalam konten. Link sendiri bisa diperoleh melalui campaign dari program afiliasi yang digunakan. Sesuaikan konten dan kategori produk terpilih tadi.

Pelajari SEO, Buat Artikel Rekomendasi Produk

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah cara agar konten yang Anda buat bisa masuk ke mesin pencari, seperti Google Search / sejenisnya. SEO bersifat sangat penting, terlebih lagi jika Anda menggunakan blog / YouTube channel sebagai media marketing utama. Jika optimasi ini berhasil maka konten yang dibuat akan masuk ke daftar teratas. 

Konten yang berhasil masuk ke daftar teratas memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan trafik karena lebih dulu terlihat di mata audience. Salah satu contoh konten menarik yang bisa jadi pilihan adalah rekomendasi produk. Di sini, Anda bisa menyisipkan link campaign pada poin produk yang direkomendasikan.

Membuat Video Tutorial atau Komparasi Produk

Selain rekomendasi, membuat tutorial dari suatu produk juga bukan ide yang buruk. Kelebihan dari tutorial adalah konten yang Anda buat akan lebih spesifik terhadap produk atau layanan tertentu. Audience yang datang juga sudah pasti sedang mencari produk serupa. 

Selain itu, konten komparasi dua produk atau lebih juga sangat berpeluang untuk mendapat trafik bisnis afiliasi. Trafik ini datang dari audience ketika mereka tertarik dengan salah satu produk yang Anda bandingkan di dalamnya. Konten ini cocok untuk di YouTube channel atau platform lain yang mengandalkan video.

Kumpulkan Database Audience Anda

Mengumpulkan database membuat Anda sebagai publisher campaign lebih mudah dalam membuat segmentasi pengunjung. Ketika memahami audience lebih dalam maka Anda bisa melakukan promosi secara lebih dekat seperti menggunakan email. Email lebih sering jadi data yang dikumpulkan karena kesempatan untuk berkomunikasi dengan audience lebih besar.

Lakukan Email Marketing

Pemasaran melalui email jadi salah satu peluang yang cukup besar mengingat hampir semua orang menggunakan email. Potensinya cukup besar bagi kalangan publisher afiliasi dengan nilai 3 hingga 40 kali lipat. Di sinilah Anda bisa memulai kontak dengan para audience.

Mulai Branding Social Media Anda

Branding adalah sebuah proses dalam bisnis afiliasi agar channel atau akun sosial media Anda jadi lebih dikenal. Caranya adalah dengan membuat konten visual yang menarik. Membagikan konten tersebut ke beberapa social media berbeda juga tidak ada salahnya selama masih sesuai dengan ToS. Kenalkan brand social media beserta produk yang diafiliasikan.

Boost Konten Social Media Dengan Iklan Berbayar

Melakukan boost konten melalui iklan berbayar sangat sah dilakukan. Contohnya saja melalui Facebook / Instagram Ads. Melalui dua layanan tersebut, konten Anda bisa menyebar lebih luas ke berbagai segmen pengguna social media. Biaya yang Anda keluarkan juga tidak sia-sia karena memiliki dampak besar. Langkah ini sangat pas sebagai trik branding yang mumpuni.

Utamakan Value, Jangan Hard Sale

Dalam proses pembangunan brand dan daya tarik konsumen, value dalam konten harus jadi hal utama. Hindari hard sale dalam bisnis afiliasi. Sebagai pilihan lain, gunakan trik soft sale untuk keperluan yang lebih tepat. Trik ini mengedepankan efek rasa penasaran dari audience terhadap campaign yang Anda promosikan. Daya tariknya juga lebih kuat karena Anda sebagai publisher memiliki ruang untuk komunikasi dengan audience. Soft sale juga bersifat jangka panjang, cocok untuk afiliasi.

Pahami Komisi Produk, Jangan Sampai Rugi

Memahami jenis komisi produk sama pentingnya dengan beberapa langkah di atas. Dengan memahami produk, proses menentukan pembawaan konten dan promosi campaign juga akan lebih mudah. Contohnya adalah dengan memberitahu langkah apa saja yang harus dilakukan audience saat sesi mengenalkan campaign.

Lakukan Evaluasi Konten

Dalam tahapan bisnis afiliasi, mengevaluasi konten yang Anda buat bisa membantu proses berkembang. Melalui evaluasi inilah Anda bisa mengetahui seberapa besar insight dari konten sekaligus dari mana dan bagaimana audience berasal. Engagement rate juga bisa diketahui lewat evaluasi ini. Semakin besar engagement rate dari sebuah konten terhadap para audience / pengikut maka semakin efektif pula konten tersebut. Jika kurang efektif, segera lakukan pembenahan untuk konten berikutnya.

5 Konten yang Terbukti Cuan dalam Bisnis Afiliasi

Pemilihan konten untuk promosi campaign pada program afiliasi sebetulnya bebas ingin seperti apa dan bagaimana. Akan tetapi, ada beberapa tipikal konten memiliki kesempatan lebih besar untuk kesuksesan campaign yang Anda promosikan. Berikut adalah beberapa konten yang dimaksud.

Produk Review

Kelebihan dari konten produk review adalah memiliki ruang yang sangat spesifik. Contohnya adalah konten untuk produk smartphone merk A seri C11. Melalui konten tersebut, audience yang datang merupakan orang-orang yang tertarik dengan merk smartphone seri tersebut. Peluang bagi audience untuk melakukan transaksi cukup besar di sini.

Produk Komparasi

Komparasi atau membandingkan dua atau lebih produk secara bersamaan juga bisa mengundang minat audience. Contoh saja produk smartphone A yang dibandingkan dengan smartphone B. Perlu Anda ketahui bahwa setiap orang memiliki kebutuhannya masing-masing. Lewat perbandingan tersebut, audience bisa memilih salah satu yang sekiranya lebih cocok. Di sinilah peluang suksesnya bisnis afiliasi Anda. Cantumkan dua link afiliasi dari produk yang Anda bandingkan tersebut.

Produk Rekomendasi

Konten ini berisikan beberapa rekomendasi produk yang digunakan untuk tujuan tertentu. Gunanya adalah untuk memberitahu produk mana saja yang sekiranya efektif untuk aktivitas tertentu. Cantumkan setiap link afiliasi produk di konten jenis ini. Contohnya rekomendasi smartphone 2022.

Produk Tutorial

Sama seperti konten review, produk tutorial juga sifatnya sangat spesifik. Dengan memberitahu fungsi, cara kerja, dan cara mengoperasikan suatu produk akan menimbulkan rasa tertarik sekaligus penasaran pada sisi audience. Contohnya tentang tutorial investasi di HSB.

Produk yang Digunakan Oleh Artis

Artis memiliki nilai value yang cukup tinggi dalam pemasaran. Efek influence atau pengaruh dari sosok ternama bisa jadi nilai terbesar suatu produk sehingga dicari oleh banyak orang. Contohnya adalah produk pakaian atau gadget dari brand tertentu.

Keuntungan Memulai Bisnis Afiliasi

Penerapan afiliasi jadi pilihan banyak orang saat ini. Bukan tanpa alasan, berikut ini adalah beberapa keuntungan dari bisnis afiliasi.

  • Biaya murah. Program afiliasi memiliki biaya dalam proses pendaftarannya. Bahkan, hampir semua perusahaan yang menyediakan program ini tidak memberikan biaya apa pun. Artinya Anda bebas mendaftar sebagai publisher kapan pun tanpa mengeluarkan uang 
  • Tidak berurusan dengan perjalanan produk. Sebagai publisher, Anda hanya perlu melakukan promosi produk dari suatu brand atau perusahaan saja. Soal pengiriman, ketersediaan barang, dan lain sebagainya tetap menjadi urusan penyedia campaign
  • Pendaftaran mudah. Umumnya, pendaftaran program afiliasi sangat mudah. Selain gratis, Anda hanya perlu melampirkan data social media saja untuk ditinjau. Tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi seorang publisher afiliasi
  • Passive Income. Bisnis afiliasi bisa jadi cara Anda untuk mendapatkan passive income. Artinya, Anda bisa tetap mendapatkan uang meskipun sedang tidak bekerja. Ketika beristirahat pun peluang untuk mendapat komisi tetap berjalan selama link afiliasi tercantum dalam konten.

Keuntungan Bisnis Afiliasi di Accesstrade, 1 Dashboard untuk Semua Brand Affiliate

Untuk menjadikan bisnis afiliasi lebih mudah lagi, program yang digunakan juga harus tepat. Contohnya saja Accesstrade Indonesia. Accesstrade adalah perusahaan di bidang afiliasi yang telah memiliki cabang di beberapa negara Asia, seperti Singapura, Jepang, dan masih banyak lagi. Kelebihan dari Accesstrade adalah memiliki fitur dashboard yang sudah lengkap dengan berbagai brand afiliasi.

Brand afiliasi yang dimaksud di sini adalah perusahaan yang telah membuat campaign untuk dipromosikan oleh publisher. Dengan kata lain, Anda sebagai publisher tidak perlu lagi untuk mendaftarkan diri di berbagai program dan perusahaan berbeda. Cukup menggunakan satu akun, Anda sudah bisa mengakses link afiliasi dari berbagai macam kategori produk dengan komisi hingga jutaan rupiah. 

DAFTAR DI SINI untuk membuat akun Accesstrade. Setelah itu, klik pada bagian campaign untuk melihat produk yang siap untuk dipromosikan.

Kesimpulan

Bisnis afiliasi pada dasarnya memanglah bisnis yang menjanjikan dan mudah dari segi pengaplikasiannya. Meskipun begitu, penerapan link dan pembuatan konten untuk afiliasi juga harus dibuat seefektif mungkin. Hasilnya adalah link yang Anda buat bisa bekerja sesuai dan tepat sasaran. Dari sinilah penghasilan Anda bisa datang secara terus-menerus. 

 

Baca Juga: Cari Tahu 6 Cara Kerja Affiliate Marketing Tokopedia Yang Sukses Dengan Social Media

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023