Panduan Cara Memulai Bisnis Afiliasi dari Campaign yang Terbukti Berhasil


Sering mendengar kata 'afiliasi' dari para konten kreator atau pebisnis di media sosial? Memang, bisnis afiliasi cukup jadi primadona belakangan ini. Belum lagi dengan meningkatnya jumlah aktivitas digital dan konten di Indonesia yang membuat pelaku berusaha mencari berbagai cara guna memonetisasi kontennya. Bisnis ini juga terbilang fleksibel karena bisa dilakukan oleh banyak orang selama memiliki insight yang bagus.
Mungkin Anda pernah melihat segelintir orang di media sosial yang menyisipkan link tertentu dalam postingannya. Cara seperti itulah yang sering pelaku digital lakukan dalam menjalani program afiliasi. Setiap pengunjung yang mengakses link tersebut dan melakukan aksi tertentu maka publisher / afiliator bisa mendapat sejumlah komisi. Untuk lebih jauh lagi, simak penjelasan yang sudah Accestrade rangkum di sini.
Daftar IsiBagaimana cara memulai bisnis afiliasi?
Agar bisa sukses dalam menjalankan program afiliasi di Indonesia, Anda sebagai publisher harus mengerti seperti apa cara dan penempatan dari sebuah campaign. Penempatan yang tepat sekaligus efektif akan membuat campaign yang Anda promosikan memiliki peluang yang lebih besar dalam menciptakan trafik.
Trafik seperti ini bisa datang dari beberapa sumber dan segmen, khususnya dunia digital. Sosial media bisa jadi penunjang utama yang cukup kokoh dalam menjalani afiliasi pemasaran. Untuk tindakan yang lebih spesifik dan efisien, berikut Accesstrade sediakan 15 panduan sukses bisnis afiliasi.
1. Pilih Kategori Produk
Langkah pertama adalah memilih kategori produk yang sekiranya cocok untuk diafiliasikan. Dalam hal ini, seluruh campaign bisa saja dipromosikan. Hanya saja, Anda harus melakukan penyesuaian dengan niche atau topik dari channel / social media yang digunakan. Dua hal tersebut memiliki sifat yang saling terikat. Ketika pengunjung datang ke channel atau blog yang berisikan produk fashion, sudah jelas bahwa mereka menginginkan produk tersebut.
Contohnya adalah niche fashion. Di dalamnya, Anda bisa mencantumkan produk pakaian, make-up, perhiasan, dan lain sebagainya. Tidak hanya produk fisik, afiliasi dari brand atau kelas tertentu juga bisa selama berkaitan dengan niche tersebut.
2. Melakukan Research Audience
Bisnis afiliasi memerlukan riset untuk mengetahui audience atau target yang Anda incar. Dengan target pasar yang benar, peluang Anda untuk mendapatkan trafik dan insight juga turut berkembang.
3. Memilih Channel Marketing yang Tepat
Pilihlah channel untuk melakukan pemasaran produk. Ada banyak segmen dari dunia digital yang bisa dijadikan tempat promosi campaign. Berikut adalah contohnya.
- Blog, adalah sebuah website yang berisikan artikel informatif. Pengunjung blog biasanya datang dari mesin pencari, seperti Google. Ketika pengunjung mencari produk keinginan, maka Google akan mengarahkannya ke blog Anda dan melihat campaign produk
- Sosial media, jika Anda memiliki pengikut dengan jumlah yang cukup banyak maka social media bukan jadi pilihan buruk. Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, atau sejenisnya bisa jadi sarana bagus untuk mempromosikan campaign kepada para pengikut yang jadi audiens Anda.
- YouTube / Telegram Channel, gunakan YouTube channel sebagai sarana mempromosikan campaign juga tidak ada salahnya. Sudah banyak juga Youtuber yang mempromosikan suatu brand atau produk melalui konten selama masih berkaitan dengan campaign
- Fanpage Facebook, fanpage Facebook belakangan ini memiliki insight yang cukup besar. Banyak konten kreator yang bermunculan melalui fanpage. Insight besar inilah yang jadi peluang kesuksesan dari bisnis afiliasi.
4. Bangun Group Online Anda
Selain menggunakan channel untuk sarana marketing, group juga bisa jadi media terbaik mempromosikan campaign. Kelebihan dari sebuah group adalah Anda bisa berkomunikasi dengan setiap orang yang menjadi anggota. Promosi pun bisa lebih efektif dan terarah nantinya. Di bawah ini adalah contoh group online yang bisa Anda buat sebagai media promosi campaign afiliasi.
- Group Facebook
- WhatsApp Group
- Telegram Group
- Masuk ke dalam forum sesuai dengan Niche produk yang Anda afiliasikan
5. Menyediakan Konten Plan
Konten plan atau perencanaan konten harus Anda sediakan guna menunjang kebutuhan promosi campaign. Dalam proses pembuatan rencana ini Anda harus memastikan ingin seperti apa konten tersebut dibuat. Tidak lupa pula untuk mengaitkan konten niche dengan campaign.
6. Membuat Inventory Link Affiliate
Setelah perencanaan konten selesai, wajib hukumnya untuk mengumpulkan link afiliasi. Link inilah yang nantinya harus Anda cantumkan di dalam konten. Link sendiri bisa diperoleh melalui campaign dari program afiliasi yang digunakan. Sesuaikan konten dan kategori produk terpilih tadi.
7. Pelajari SEO, Buat Artikel Rekomendasi Produk
SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah cara agar konten yang Anda buat bisa masuk ke mesin pencari, seperti Google Search / sejenisnya. SEO bersifat sangat penting, terlebih lagi jika Anda menggunakan blog / YouTube channel sebagai media marketing utama. Jika optimasi ini berhasil maka konten yang dibuat akan masuk ke daftar teratas.
Konten yang berhasil masuk ke daftar teratas memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan trafik karena lebih dulu terlihat di mata audience. Salah satu contoh konten menarik yang bisa jadi pilihan adalah rekomendasi produk. Di sini, Anda bisa menyisipkan link campaign pada poin produk yang direkomendasikan.
8. Membuat Video Tutorial atau Komparasi Produk
Selain rekomendasi, membuat tutorial dari suatu produk juga bukan ide yang buruk. Kelebihan dari tutorial adalah konten yang Anda buat akan lebih spesifik terhadap produk atau layanan tertentu. Audience yang datang juga sudah pasti sedang mencari produk serupa.
Selain itu, konten komparasi dua produk atau lebih juga sangat berpeluang untuk mendapat trafik bisnis afiliasi. Trafik ini datang dari audience ketika mereka tertarik dengan salah satu produk yang Anda bandingkan di dalamnya. Konten ini cocok untuk di YouTube channel atau platform lain yang mengandalkan video.
9. Kumpulkan Database Audience Anda
Mengumpulkan database membuat Anda sebagai publisher campaign lebih mudah dalam membuat segmentasi pengunjung. Ketika memahami audience lebih dalam maka Anda bisa melakukan promosi secara lebih dekat seperti menggunakan email. Email lebih sering jadi data yang dikumpulkan karena kesempatan untuk berkomunikasi dengan audience lebih besar.
10. Lakukan Email Marketing
Pemasaran melalui email jadi salah satu peluang yang cukup besar mengingat hampir semua orang menggunakan email. Potensinya cukup besar bagi kalangan publisher afiliasi dengan nilai 3 hingga 40 kali lipat. Di sinilah Anda bisa memulai kontak dengan para audience.
11. Mulai Branding Social Media Anda
Branding adalah sebuah proses dalam bisnis afiliasi agar channel atau akun sosial media Anda jadi lebih dikenal. Caranya adalah dengan membuat konten visual yang menarik. Membagikan konten tersebut ke beberapa social media berbeda juga tidak ada salahnya selama masih sesuai dengan ToS. Kenalkan brand social media beserta produk yang diafiliasikan.
12. Boost Konten Social Media dengan Iklan Berbayar
Melakukan boost konten melalui iklan berbayar sangat sah dilakukan. Contohnya saja melalui Facebook / Instagram Ads. Melalui dua layanan tersebut, konten Anda bisa menyebar lebih luas ke berbagai segmen pengguna social media. Biaya yang Anda keluarkan juga tidak sia-sia karena memiliki dampak besar. Langkah ini sangat pas sebagai trik branding yang mumpuni.
13. Utamakan Value, Jangan Hard Sale
Dalam proses pembangunan brand dan daya tarik konsumen, value dalam konten harus jadi hal utama. Hindari hard sale dalam bisnis afiliasi. Sebagai pilihan lain, gunakan trik soft sale untuk keperluan yang lebih tepat. Trik ini mengedepankan efek rasa penasaran dari audience terhadap campaign yang Anda promosikan. Daya tariknya juga lebih kuat karena Anda sebagai publisher memiliki ruang untuk komunikasi dengan audience. Soft sale juga bersifat jangka panjang, cocok untuk afiliasi.
14. Pahami Komisi Produk, Jangan Sampai Rugi
Memahami jenis komisi produk sama pentingnya dengan beberapa langkah di atas. Dengan memahami produk, proses menentukan pembawaan konten dan promosi campaign juga akan lebih mudah. Contohnya adalah dengan memberitahu langkah apa saja yang harus dilakukan audience saat sesi mengenalkan campaign.
15. Lakukan Evaluasi Konten
Dalam tahapan bisnis afiliasi, mengevaluasi konten yang Anda buat bisa membantu proses berkembang. Melalui evaluasi inilah Anda bisa mengetahui seberapa besar insight dari konten sekaligus dari mana dan bagaimana audience berasal. Engagement rate juga bisa diketahui lewat evaluasi ini. Semakin besar engagement rate dari sebuah konten terhadap para audience / pengikut maka semakin efektif pula konten tersebut. Jika kurang efektif, segera lakukan pembenahan untuk konten berikutnya.
Anda bisa melajutkan membaca disini untuk mengetahui lebih jelas tentang : Daftar Program Affiliate Marketing Indonesia dengan Komisi Besar
Keuntungan Memulai Bisnis Afiliasi
Penerapan bisni afiliasi jadi pilihan banyak orang saat ini. Bukan tanpa alasan, berikut ini adalah beberapa keuntungan dari bisnis afiliasi.
- Biaya murah. Program afiliasi memiliki biaya dalam proses pendaftarannya. Bahkan, hampir semua perusahaan yang menyediakan program ini tidak memberikan biaya apa pun. Artinya Anda bebas mendaftar sebagai publisher kapan pun tanpa mengeluarkan uang
- Tidak berurusan dengan perjalanan produk. Sebagai partner afiliasi, Anda hanya perlu melakukan promosi produk dari suatu brand atau perusahaan saja. Soal pengiriman, ketersediaan barang, dan lain sebagainya tetap menjadi urusan penyedia campaign
- Pendaftaran mudah. Umumnya, pendaftaran program afiliasi sangat mudah. Selain gratis, Anda hanya perlu melampirkan data social media saja untuk ditinjau. Tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi seorang publisher afiliasi
- Passive Income. Bisnis afiliasi bisa jadi cara Anda untuk mendapatkan passive income. Artinya, Anda bisa tetap mendapatkan uang meskipun sedang tidak bekerja. Ketika beristirahat pun peluang untuk mendapat komisi tetap berjalan selama link afiliasi tercantum dalam konten.
Kesimpulan
Bisnis afiliasi pada dasarnya memanglah bisnis yang menjanjikan dan mudah dari segi pengaplikasiannya. Meskipun begitu, penerapan link dan pembuatan konten untuk afiliasi juga harus dibuat seefektif mungkin. Hasilnya adalah link yang Anda buat bisa bekerja sesuai dan tepat sasaran. Dari sinilah penghasilan Anda bisa datang secara terus-menerus.
Yuk daftar dan mulai bisnis afiliasi Anda di Accesstrade, klik disini ya : Website Bisnis Online Affiliate Marketing di Indonesia

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Subscribe to our newsletter to stay informed about latest updates
* Yes, I agree to the terms and privacy policy.
