ACCESSTRADE Indonesia

20 Daftar Lengkap Contoh Afiliasi Pemasaran di Indonesia

Admin
affiliate marketing Dec 28, 2022

Baca Juga: Gabut Sendirian, Cobain Lazada Affiliate Program yang Menguntungkan!

Daftar Isi

Apa saja contoh afiliasi pemasaran marketplace ecommerce?

Layanan e-commerce terus berkembang seiring dengan munculnya teknologi digital. Layanan ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi secara online melalui internet. Kondisi ini memudahkan masyarakat di Indonesia untuk mendapatkan produk keinginan dengan cara yang lebih mudah dan fleksibel. Penggunanya yang cukup masif membuat bisnis afiliasi di sektor e-commerce terbilang ampuh. Di bawah ini adalah beberapa contoh afiliasi pemasaran ecommerce dan marketplace.

  • Tokopedia Afiliasi

Tokopedia afiliasi memungkinkan Anda sebagai publisher / afiliator untuk mendapatkan komisi hingga 10%. Selain itu, ada juga bonus komisi untuk setiap kunjungan yang datang melalui link afiliasi. Nantinya, besaran upah yang Anda dapatkan bergantung pada kategori produk dan harganya. Nilai maksimum per transaksi yang berhasil adalah sebesar Rp. 50.000. 

  • Shopee Afiliasi

Contoh afiliasi pemasaran di bidang e-commerce yang kedua berasal dari Shopee. Shopee afiliasi merupakan sebuah program bagi para konten kreator yang aktif di social media untuk mempromosikan produk dari Shopee. Anda bisa menggunakan layanan ini sebagai program utama karena memiliki pengguna terbanyak se-Asia tenggara. Untuk komisi, Anda bisa mendapatkan upah sebesar 2,5% hingga 10%.

Komisi tersebut berbeda untuk setiap produk dan kategori yang berhasil terjual. Selain persentase di atas, Anda juga memiliki kesempatan untuk meraih bonus sebesar 1,8 juta untuk 1200 pesanan pertama dan bonus komisi sebesar 15% dari pihak Shopee. Keuntungan ini belum termasuk komisi ekstra dari penjual dan beberapa voucher / produk bonus lainnya.

  • Blibli Afiliasi

Selanjut ada program afiliasi yang berasal dari Blibli. Blibli afiliasi merupakan program khusus bagi para affiliate partner (sebutan untuk publisher dari Blibli) dan berkesempatan mendapat komisi dari mempromosikan produk Blibli. Ketika mendaftar sebagai affiliate partner di Blibli maka Anda berkesempatan untuk meraih komisi hingga 4% berdasarkan sistem CPS. Artinya, komisi bisa Anda dapatkan untuk setiap penjualan yang berhasil.

  • Lazada Afiliasi

Lazada afiliasi adalah program dari e-commerce Lazada yang memungkinkan Anda untuk mendapat link afiliasi sebagai materi promosi di social media / website. Anda bisa menemukan banyak kategori produk yang bisa diafiliasikan dengan nilai berbeda-beda. Komisi maksimum dari produk Lazada ada di kisaran 10% dari harga produk.

Hal yang membuat afiliasi di Lazada menarik adalah memiliki dua skema pada cara mendapatkan komisinya. Skema pertama adalah melalui web browser dimana setiap komisi Anda akan cair setiap kali ada penjualan produk yang tervalidasi. Ada juga skema aplikasi dengan kesempatan komisi sebesar 50 ribu rupiah untuk mempromosikan aplikasi beserta promonya.

  • Bukalapak Afiliasi

Contoh afiliasi pemasaran di Indonesia selanjutnya berasal dari Bukalapak. Bukalapak afiliasi menjadi program unggulan dari e-commerce Bukalapak yang menawarkan komisi untuk setiap kali Anda melakukan promosi produk. Dalam promosi ini, Anda harus bisa mengajak audience untuk melakukan transaksi / pembelian produk melalui link afiliasi. Dari segi komisi, Anda bisa mendapatkan jutaan rupiah per bulan selama promosi benar-benar dilakukan secara efektif.

  • Aliexpress Afiliasi

Jika ingin merambat ke skala SEA dan global, cobalah untuk menggunakan program Aliexpress Afiliasi. Program yang berada di bawah Alibaba Group ini menawarkan komisi hingga 50% dari harga produk. Sebagai publisher, tugas Anda adalah mempromosikan produk Aliexpress melalui link afiliasi dan mengundang banyak orang untuk melakukan transaksi. 

  • Zalora Afiliasi

Sama seperti kebanyakan contoh afiliasi pemasaran e-commerce lain, Zalora afiliasi juga mewajibkan Anda untuk mempromosikan produk ke website. Setiap pembelian produk melalui link afiliasi akan tercatat dan Anda berkesempatan untuk mendapat komisi dari 4% - 7% dari harga produk. Besaran ini tergantung dari status pengunjung yang Anda datangkan.

  • JD ID Afiliasi

Afiliasi dari platform e-commerce JD ID memberikan Anda peluang untuk mendapatkan komisi dengan cara membawa konsumen (pembeli) untuk bertransaksi di JD ID. Ada dua jenis komisi di program JD ID afiliasi ini, yaitu untuk pengguna berulang dan pengguna baru. Pada pengguna berulang, besaran komisi yang ditetapkan berkisar antara 0.25% hingga 2.00% dari harga produk terjual. Sedangkan untuk pengguna baru, Anda bisa mendapatkan komisi mulai dari 0.50% sampai dengan 5.00% dari harga produk terjual.

Apa Saja Contoh Afiliasi Pemasaran Travel dan Hotel?

Travel dan hotel sering dikunjungi oleh banyak pengguna untuk tujuan liburan dan bertamasya. Pada hari-hari tertentu biasanya layanan seperti ini ramai dicari sehingga cocok untuk Anda jadikan afiliasi utama. Tidak hanya saat liburan, platform travel dan hotel juga sering dicari di hari normal. Jadi masih tetap efektif meskipun tidak dipromosikan di selain hari libur. Di bawah ini adalah beberapa contoh afiliasi pemasaran yang menjadi rekomendasi terbaik.

  • PegiPegi Afiliasi

PegiPegi afiliasi merupakan program yang berjalan untuk produk pemesanan hotel dan pesawat lewat platform travel PegiPegi. Komisi bisa bervariatif antara 30 ribu hingga 40 ribuan rupiah tergantung dari jenis yang Anda promosikan. Saat ini, Anda sudah bisa melakukan campaign afiliasi via Accesstrade Indonesia untuk dua kategori tersebut (hotel dan pesawat).

  • Tiket.com Afiliasi

Selain PegiPegi, Tiket.com afiliasi juga salah satu program yang paling banyak orang gunakan. Ketika menggunakan layanan afiliasi dari platform travel Tiket.com maka Anda bisa mengakses berbagai link produk untuk dipromosikan. Komisinya bisa beragam mulai dari yang berupa persentase hingga nilai tetap atau fixed rate.

Untuk kategori pemesanan tiket pesawat, Anda bisa mendapatkan komisi mulai dari 10 ribu rupiah per bangku untuk setiap pesanan. Dalam kebutuhan travel, biasanya para pengguna nanti akan memesan dua kali untuk pulang dan pergi. Tiket.com juga menyediakan layanan pemesanan tiket hotel dengan komisi variatif menyesuaikan jumlah transaksi yang Anda raih. Nilainya berkisar antara 40% hingga 60% apabila menyentuh lebih dari 500 transaksi.

Di samping itu, Anda juga bisa mempromosikan produk tiket kereta api dan konser sebagai selingan. Ada afiliasi untuk produk tiket kereta, Anda berkesempatan untuk mendapatkan komisi Rp. 2.000 untuk sekali booking per orang. Sedangkan untuk tiket konser komisinya ada dua tergantung harga tiket tersebut. Untuk tiket event / konser di bawah 1 juta rupiah, Anda mendapat komisi sebesar Rp. 5.000 per tiket. Sedangkan untuk di atas 1 juta rupiah komisinya sebesar Rp. 15.000 per tiket yang berhasil terjual.

  • Traveloka Afiliasi

Contoh afiliasi pemasaran di bidang travel berikutnya adalah dari Traveloka afiliasi. Ketika bergabung dengan program afiliasi dari Traveloka maka Anda memiliki banyak akses untuk mempromosikan ribuan produk terbaik, khususnya di SEA. Komisi yang ditawarkan juga cukup bersaing dengan beberapa program lain di seluruh dunia. Untuk menjadi partner, Anda harus mengirim request melalui email.

  • Agoda Afiliasi

Berikut ada Agoda afiliasi yang memiliki lebih dari 900 ribu pilihan hotel. Anda bisa menggunakan layanan afiliasi ini jika memiliki website atau konten yang berhubungan dengan travel dan pemesanan hotel / penginapan. Tanpa biaya pendaftaran, Anda memiliki kesempatan untuk meraih komisi besar hingga 7%. Nilai komisi akan semakin tinggi ketika Anda berhasil mengundang banyak pengguna yang memesan layanan hotel di Agoda.

  • Booking.com Afiliasi

Layanan travel dan hotel Booking.com afiliasi memiliki jutaan produk yang bisa Anda promosikan. Setidaknya ada lebih dari dua juta akomodasi terfavorit dengan jumlah pemesanan aktif yang menembus 1 jutaan. Dengan statistik ini, Anda bisa menjadikan platform Booking.com sebagai pilihan utama untuk berafiliasi. Dari segi komisi, Booking.com menawarkan imbalan yang tinggi untuk website Anda dengan sistem CPS. Semakin banyak pesanan, semakin banyak komisi Anda.

  • OYO Afiliasi

Layanan pemesanan hotel OYO menjadi salah satu yang paling populer di dunia. Memiliki jutaan akomodasi penginapan membuat perkembangannya sangat cepat. Hingga kemudian muncullah program OYO afiliasi. Untuk saat ini, program afiliasi dari OYO menetapkan komisi sebesar 3% hingga 5% berdasarkan total transaksi yang Anda dapatkan. Penggunaan sistem afiliasi pemasaran ini cocok bagi Anda yang memiliki trafik luar, khususnya India dan USA.

Apa Saja Contoh Afiliasi Pemasaran Aplikasi?

Hampir semua bisnis yang berkembang saat ini menjadikan aplikasi sebagai media utama untuk segala aktifitas digital. Mulai dari aktifitas jual beli, investasi, berita, hingga media hiburan seperti film dan musik jadi langganan utama masyarakat Indonesia. Karena itulah saat ini mulai banyak perusahaan yang membuat program afiliasi untuk setiap produk di aplikasi mereka. Untuk menambah pilihan, berikut ini adalah beberapa contoh afiliasi pemasaran aplikasi yang bisa Anda gunakan.

  • Tiktok Afiliasi

Dari awal rilis bertahun-tahun kemudian, Tiktok terus berkembang dan menciptakan berbagai fitur baru untuk penggunanya. Pendaftaran masif dari berbagai kalangan membuat aplikasi ini cukup populer, terutama semenjak munculnya Tiktok afiliasi. Sudah ada banyak pihak yang menggunakan layanan ini, Anda juga bisa menggunakannya. Tidak seperti layanan afiliasi lain, Anda bisa mempromosikan produk melalui konten lewat Tiktok secara langsung.

Sumber program afiliasi Tiktok berasal dari fitur Shop yang menyediakan banyak produk milik penjual. Jumlah komisi yang bisa Anda dapatkan bervariatif mulai dari 1% hingga 10%. Besaran ini menyesuaikan dengan kategori produk yang Anda afiliasikan. Selain itu, semakin banyak pesanan yang terjadi lewat afiliasi di konten Anda juga berpengaruh terhadap besarnya pendapatan.

  • Bibit Afiliasi

Bibit merupakan aplikasi yang bergerak di bidang investasi Reksadana. Hingga saat ini, belum ada program Bibit afiliasi secara resmi untuk aplikasinya. Akan tetapi, Anda bisa melakukan promosi untuk aplikasi tersebut melalui sistem refferal. Anda bisa mempromosikan kepada masyarakat di Indonesia untuk segera mendaftarkan diri di aplikasi bibit melalui link atau kode refferal. Sebagai imbalan, Anda bisa mendapat komisi berupa cashback senilai Rp. 25.000. Menariknya adalah pengguna yang diundang juga berkesempatan mendapat cashback tersebut ketika berinvestasi.

  • Pluang Afiliasi

Sama seperti aplikasi Bibit, Pluang afiliasi juga menerapkan sistem refferal. Ketika mengaplikasikan sistem refferal dengan cara menyebar link atau kode maka Anda memiliki kerapatan untuk memenangkan hadiah hingga 1 juta rupiah. Program ini cocok bagi Anda yang memiliki website atau konten seputar investasi emas, reksadana, dan mata uang kripto mengingat.

  • Shopback Afiliasi

Shopback adalah aplikasi yang di dalamnya terdapat layanan voucher, paylater, dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan belanja online. Dalam operasinya, Shopback afiliasi juga menawarkan program refferal. Anda bisa mempromosikan link atau kode referal melalui konten website / social media. Komisinya bisa pengguna dapatkan dalam bentuk voucher cashback senilai 20 ribu rupiah yang bisa digunakan di dalam aplikasi.

  • Ruparupa.com Afiliasi

Ruparupa.com afiliasi menerapkan sistem refferal dalam aplikasinya. Dengan mempublikasikan program bernama Refer & Earn, Anda berhak memiliki kesempatan mendapat komisi hingga Rp. 25.000. Caranya adalah dengan mempromosikan link atau kode refferal sebagai campaign utama ke website / social media. Anda bisa melakukan promosi dengan konten yang selaras dengan Ruparupa.com, yaitu berkaitan dengan online shop. Anda juga bisa bergabung dengan layanan dan campaign di Accesstrade dengan komisi hingga 7% per transaksinya.

Accesstrade Afiliasi All in One Semua Program Afiliasi

Setelah membnahas semua contoh afiliasi pemasaran yang ada di Indonesia, nampaknya terlalu banayk pilihan yang membingungkan dari semuanya. Oleh karena itu, Anda bisa memulai dengan mengakses semua program afiliasi di atas, tentunya akan sulit untuk melakukan pendaftaran satu per satu. Guna mempermudah kinerja afiliasi Anda, cobalah untuk mendaftar di Accesstrade Indonesia. Accesstrade memiliki beragam contoh afiliasi pemasaran yang berasal dari banyak perusahaan aktif di Indonesia. Komisinya juga bervariasi mulai dari nilai 5% hingga jutaan rupiah untuk jenis fixed rate.

Anda bisa segera mengakses semua campaign tersebut hanya dengan mendaftarkan akun DI SINI. Claim setiap campaign yang Anda inginkan dan lakukan promosi di website dan social media. Setiap campaign memiliki program dan komisi masing-masing. Semuanya bebas Anda gunakan menggunakan satu akun saja.

 

Baca Juga: 5 Cara Bisnis Affiliate Marketing Produk Financial, Sekali Konversi Komisinya Hingga Jutaan

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023