ACCESSTRADE Indonesia

20 Tips Belajar Bisnis Affiliate Paling Mudah dan Terbukti Menghasilkan Komisi Pertama Anda

Admin
affiliate marketing Dec 28, 2022

Baca Juga: Program Afiliasi Accesstrade Indonesia, Bisnis Afiliasi Terbaru Yang Paling Mudah dan Menguntungkan

Daftar Isi

Bagaimana Affiliate Mendapatkan Uang?

Ilustrasi Affiliate

Affiliate marketing adalah model bisnis yang menerapkan sistem perantara untuk jasa seseorang yang telah membantu memasarkan produk atau jasa dari suatu perusahaan atau toko online.

Orang yang menjalankan bisnis Affiliate akan mendapatkan komisi ketika telah berhasil memasarkan sejumlah produk atau jasa tertentu. Komisi yang didapat tentunya bervariasi, namun sebesar biaya yang telah disepakati sebelumnya. biasanya mereka akan melakukan promosi seperti membagikan link produk affiliate mereka atau melakukan hal yang lebih advance seperti menulis sebuah blog atau membuat video review produk yang di dalamnya terdapat link affiliate produk sehingga membuat orang yang menonton atau membaca konten mereka melakukan pembalian, dengan cara inilah para affiliate marketer mendapatkan uang dari setiap komisi yang terjadi di setiap transaksi. 

Cari Tahu Tentang Produk atau Jasa yang Ditawarkan

Langkah pertama belajar bisnis Affiliate adalah memahami produk atau jasa yang nantinya akan ditawarkan kepada calon pembeli, hal ini tentunya agar komisi tetap mengalir ke akun Anda, pastikan Anda memahami detail produk atau layanan yang Anda pasarkan selanjutnya. 

Serta pastikan, Anda menyampaikan informasi spesifik untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli, dan pastikan tidak menyebarkan informasi palsu mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.

Temukan Materi Promosi dan Buat Penawaran Menarik

Memahami sarana periklanan yang tepat untuk produk yang dipasarkan adalah salah satu cara belajar bisnis Affiliate yang paling mudah. Contoh media periklanan adalah Instagram,8 Blog, Tiktok dan Youtube.

Kemudian iklankan produk atau jasa Anda di media iklan yang dipilih, saat mengiklankan produk atau jasa tersebut tentunya Anda membutuhkan kiat-kiat untuk meningkatkan jumlah klik atau pembelian dari tautan Affiliate. Anda dapat melacak tren yang cocok dengan produk yang dipasarkan, dan mulai buat materi promosi yang menarik perhatian.

20 Tips Belajar Bisnis Affiliate

Ilustrasi Belajar Affiliate

Untuk menghasilkan komisi sebesar-besarnya dari bisnis Affiliate, tentunya terdapat beberapa tips untuk melancarkan hal tersebut. Sebagai pemula, jangan sungkan untuk mencoba dan belajar hal-hal baru mengenai bisnis Affiliate.

Maka dari itu, inilah 20 tips belajar bisnis Affiliate yang paling mudah dan sudah terbukti efektif melancarkan bisnis Affiliate.

Pilih Brand Affiliate Anda

Memilih brand Affiliate sama pentingnya dengan langkah lain dalam memulai bisnis Affiliate. Suka atau tidak suka, brand Affiliate yang dipilih juga mempengaruhi kesuksesan program Affiliate yang dijalani.

Berikut beberapa tips untuk memilih brand Affiliate:

  • Temukan brand yang menawarkan program Affiliate yang cocok dengan pasar Anda.
  • Pelajari dan pahami program-program yang ditawarkan. 
  • Gali informasi yang relevan sebanyak mungkin, seperti format komisi yang ditawarkan dan ketentuan pembayaran. 
  • Cari tahu tentang Affiliate yang telah bekerja sama dengan brand tersebut. Dengan cara ini Anda dapat mengidentifikasi pesaing dan kualitas brand dengan lebih baik.

Pahami ketentuan dan syarat

Sebelum memulai lebih lanjut berbisnis Affiliate, pastikan Anda telah memahami ketentuan dan syarat yang berlaku. Jangan sampai terkecoh dengan penawaran menarik, namun nyatanya terdapat syarat yang harus dicapai.

Pelajari komisi affiliate

Affiliate yang berhasil mempromosikan situs web penjual dan mengirimkan lalu lintas menerima komisi. Saat ini, program Affiliate menawarkan berbagai jenis komisi, jadi pilihlah yang cocok untuk Anda.

  1. Pay Per Clcik (PPC)

Bayar per klik atau pay per click adalah bentuk komisi yang paling menguntungkan bagi affiliate. Dengan PPC, Affiliate dibayar setiap kali pengunjung mengklik salah satu tautan Affiliate yang mengarah ke situs web penjual. Meskipun biaya per kliknya lebih rendah dari komisi lain, Anda tetap bisa menghasilkan banyak uang selama situs web Anda mendapatkan lalu lintas yang cukup. dan komisi yang diterima biasanya berjumlah tetap.

  1. Pay per lead (PPL)

Format pay-per-lead membayar Affiliate ketika mereka berhasil mengundang pengunjung untuk mengklik tautan Affiliate sambil melakukan tindakan tertentu. Tindakan ini biasanya termasuk mendaftarkan akun, menyelesaikan survei, mengirimkan formulir kontak, mendaftar milis, atau bahkan mengunduh perangkat lunak dari situs web vendor. Komisi yang diterima biasanya berjumlah tetap.

  1. Pay per sale (PPS)

Affiliate yang memilih bentuk komisi ini dibayar saat mereka berhasil mengundang pengunjung untuk mengklik tautan Affiliate dan menyelesaikan pembelian produk atau layanan.

Pelajari kebutuhan audience Anda 

Sebagai Affiliate Marketer tentunya perlu mengetahui siapa target audiens Anda untuk mencapai sasaran saat menggunakan program Affiliate. Anda bisa mempromosikan produk atau jasa dengan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan audiens. Selain itu, pertimbangkan alasan mengapa mereka menjadi pengunjung website atau blog Anda. 

Semakin relevan konten yang disajikan, disesuaikan dengan iklan yang ditampilkan, semakin besar peluang audiens untuk terlibat. Selain itu, Anda juga dapat mengenal audiens lebih baik untuk menggunakannya dengan lebih baik secara demografis dan juga sebagai informasi untuk menargetkan audience dalam periklanan. Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa produk yang Anda pasarkan dapat memberikan solusi untuk semua tujuan yang dimiliki.

Pelajari produk Affiliate Anda

Anda harus meluangkan waktu untuk melakukan riset sebelum memutuskan produk atau layanan apa pun di pasar. Anda juga harus meneliti produk, pro dan kontra, dan reputasinya di pasar. Anda juga bisa mengetahui nanti produk yang dipromosikan apakah lebih baik dari pesaing lainnya. Ini akan meyakinkan calon pembeli bahwa nanti produk yang dipilih adalah yang tepat dan mungkin sepadan.

Memilih channel marketing Anda

Channel mana yang akan digunakan merupakan salah satu hal penting dalam bisnis Affiliate. Yang terbaik adalah memilih channel yang tepat dan merek sendiri sesuai dengan target pasar dan tujuan bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda juga perlu membuat website untuk membuat brand Anda semakin kredibel.

Membangun kampanye merek di media sosial juga penting. Beberapa yang dapat Anda pilih adalah Facebook, Instagram, dan YouTube. Alasannya, ketiga platform tersebut sedang marak dan memiliki jumlah pengguna yang banyak sehingga menjadikannya segmen yang cukup potensial.

Pelajari cara buat konten yang viral

Dengan membuat konten yang viral dapat membantu menaikan target pasar dan audiens yang dimiliki, konten tersebut akan dilihat oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Maka dari itu, pelajarilah cara membuat konten yang viral sesuai dengan algoritma sosial media yang digunakan.

Pelajari cara membangun konten

Pelajarilah cara membanun konten yang baik, konten merupakan salah satu media penyebaran tautan Affiliate paling mudah dan efektif yang dapat Anda lakukan. Tak perlu menggunakan alat-alat mahal untuk membuat konten pada masa kini, cukup gunakan smartphone masing-masing saja dan langsung buat konten yang berkualitas.

Merencanakan konten Anda

Perencanaan konten merupakan salah satu giat yang penting dalam belajar bisnis Affiliate, karena dengan terstrukturnya konten yang dimiliki akan mempermudah penyebarluasan tautan Affiliate kepada audiens yang dimiliki. 

Pastikan mengetahui trend terkini pada sosial media tersebut, karena dapat menjadi salah satu cara membuat konten yang baik dan tetap bersaing dengan konten-konten lainnya pada sosial media tersebut.

Pelajari cara membuat funnel marketing

Funnel marketing adalah bentuk lain dari customer journey. Baik funnel marketing maupun customer journey menggambarkan proses dari seseorang yang tidak mengetahui merek, mengenalnya, memikirkannya, melakukan pembelian, mengevaluasi produk, dan menjadi pelanggan setia.

Dengan pendekatan funnel marketing, Anda mungkin dapat menjalankan strategi pemasaran dengan lebih efektif. Anda tahu persis saluran mana yang harus digunakan dan mana yang harus ditinggalkan.

Pelajari cara branding diri sendiri

Personal branding dapat membantu Anda tumbuh sekaligus memperkuat posisi Anda sebagai pemimpin di bidang dan industri Anda. Saat membangun personal branding, jangan mengarang cerita dan membangun merek pribadi Anda berdasarkan esai. Cerita yang Anda sajikan harus asli dan asli. Jika Anda memalsukannya, Anda tidak akan dapat terhubung dengan audiens Anda dan merek pribadi Anda tidak akan bertahan lama.

Pelajari cara membangun database audience

Metode pengumpulan daftar nama ini sering disebut sebagai pembuatan database audience,  membuat  database email sebanyak mungkin memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah mengumpulkan database pelanggan yang nantinya bisa kita kirim penawaran untuk produk dan layanan yang kita miliki, apalagi jika dikombinasikan dengan pemasaran email, ini bisa menjadi solusi pemasaran internet selain metode SEO.

Pelajari cara promosi berbayar

Hal penting tentang promosi berbayar adalah bahwa setiap pasar memiliki karakteristik yang berbeda. Beberapa tempat periklanan memprioritaskan iklan berdasarkan hasil pencarian berdasarkan judul produk, kata kunci produk, atau kombinasi keduanya. Ini adalah sesuatu yang perlu Anda pikirkan terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Masalah penting lainnya menyangkut promosi berbayar adalah pastikan Anda menjalankan iklan selama waktu traffic yang sedang tinggi. Anda juga dapat meneliti target pembeli Anda. Misalnya, jika Anda menjual produk yang berhubungan dengan anak muda, coba promosikan produk Anda pada jam 6 malam atau 7 malam, saat anak muda sedang istirahat dari rutinitas sekolahnya.

Pelajari SEO jika Anda menggunakan Website

Konten Affiliate yang menarik lebih bagus lagi jika didukung dengan optimasi mesin pencari yang optimal. Gunakan kata kunci untuk menemukan kata kunci yang paling banyak dicari terkait dengan produk yang Anda promosikan. 

Kemudian buat konten review berdasarkan cara Anda menulis artikel sesuai kaidah SEO. Ini akan membuat ulasan Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian dan lebih mungkin untuk diklik dan dibaca.

Pelajari cara mengevaluasi konten

Tahap pertama mengevaluasi konten media sosial dibagi menjadi dua kriteria utama, yaitu reach dan engagement. Titik perbandingan pertama adalah jangkauan. Di bagian ini, kita bisa menggunakannya untuk mengukur jangkauan konten ke audiens. Misalnya, berapa banyak pengikut yang Anda dapatkan, jumlah tayangan dan perilaku audiens itu sendiri, di sini kita mendapatkan gambaran awal untuk metode berikut.

Kemudian yang kedua adalah engagement, tujuannya di sini adalah untuk mengukur kinerja konten. Inti dari engagement sendiri adalah seberapa banyak feedback yang diterima dari audience tentang konten yang ditayangkan. Saat mengevaluasi konten media sosial Affiliate yang dibuat, tidak ada salahnya mengetahui strategi pesaing Anda

Sabar dan Konsisten

Bisnis Affiliate menawarkan beberapa manfaat yang cukup besar. Namun, hal tersebut tentu saja tidak mudah untuk dicapai. Anda harus konsisten dan juga sabar. Dibutuhkan kesabaran, waktu, dan kerja keras untuk membangun hubungan dengan audiens dan mendapatkan kepercayaan yang menghasilkan klik atau pembelian.

5 Rekomendasi Affiliate untuk Pemula

Rekomendasi Affiliate

Sebagai pemula, Anda mungkin bingung ketika harus memilih platform Affiliate yang tepat. Yang terpenting, platform Affiliate yang Anda ikuti harus terverifikasi dan terpercaya.

Maka dari itu, inilah lima rekomendasi platform Affiliate terbaik untuk pemula yang baru saja belajar bisnis Affiliate.

TikTok Affiliate

Jika Anda tidak asing dengan keranjang kuning TikTok, mungkin inilah saatnya untuk mencoba toko ini. Tombol gerobak kuning di video pembuat biasanya menunjukkan adanya program Affiliate TikTok.

Program Affiliate Toko TikTok adalah program yang menyatukan penjual dan pembeli. Singkatnya, program Affiliate TikTok ini adalah saat Anda mempromosikan produk penjual melalui tautan. Kemudian Anda dibayar ketika seseorang melakukan pembelian melalui tautan Anda.

Affiliate marketer biasanya menerima komisi sebesar 5-10% dari total penjualan produk yang dijual, atau komisi untuk setiap produk yang terjual. Reward ini dapat di withdraw 1-3 hari setelah menerima komisi, reward TikTok Shop dapat di withdraw dengan saldo minimal Rp 10.000.

Shopee Affiliate

Contoh paling populer dalam mengembangkan bisnis Affiliate adalah dengan mengikuti program affiliate marketing Shopee. Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengetahui dan menggunakan aplikasi belanja online berwarna orange ini. Shopee sendiri dianggap sebagai salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia dan bersaing dengan perusahaan e-commerce Indonesia lainnya.

Meski memiliki jutaan pengguna, Shopee tetap meluncurkan program pemasaran Affiliate atau membutuhkan layanan Affiliate untuk melakukan pemasaran produk. Kemudian, karena banyak komisi yang ditawarkan, Shopee menawarkan komisi yang cukup besar yaitu 5-10% dari setiap penjualan yang dilakukan melalui link Affiliate pembeli.

Lazada Affiliate

Program Affiliate Lazada ini didukung oleh tim support terbaik di 6 negara. Selain itu, mitra Lazada menggunakan teknologi mutakhir dan ribuan alat promosi yang dapat dipilih.

Sebagai salah satu perusahaan perdagangan komersial terkemuka di Indonesia. Lazada juga menawarkan berbagai produk yang bisa Anda beli. Mulai dari pakaian pria dan wanita, peralatan rumah tangga, produk elektronik hingga produk kesehatan dan kecantikan.

Penarikan komisi minimum Lazada adalah 25 USD atau sekitar 350.000 IDR untuk transfer domestik dan 100 EUR/USD/GBP atau sekitar 1.500.000 IDR untuk transfer internasional. Jika komisi yang diperoleh tidak mencapai pembayaran minimum yang ditentukan. Saldo akan ditambahkan ke bonus bulan berikutnya hingga bonus mencapai pembayaran minimum.

Blibli Affiliate 

Dengan program Affiliate Blibli ini, Anda tidak perlu khawatir dengan pembayaran nantinya. Program Affiliate Blibli sudah memiliki sistem yang sudah terbukti. Ketika pengunjung mengikuti tautan Affiliate Anda, sistem Blibli secara otomatis menyimpannya dengan cookie yang dipasang di browser pengunjung. Ketika terjadi transaksi, sistem mencari cookies dan komisi disesuaikan dengan kategori yang ditentukan.

Sistem pembayaran komisi program Affiliate Blibli menggunakan konsep cost per sale (CPS). Komisi ini dikreditkan dengan pembelian yang berhasil dan tentu saja harus berasal dari tautan Affiliate yang digunakan.

Accesstrade Indonesia

Accesstrade, platform Affiliate terlengkap dan termudah. Accesstrade memiliki sistem atau tipe broker yang adil untuk setiap pengguna. Selain itu, Accesstrade memiliki tim sendiri. Tim Accesstrade yang berdedikasi dan profesional siap membantu dengan sepenuh hati mulai dari tahap pendaftaran, melalui penempatan spanduk Affiliate hingga membaca laporan kinerja.

Di Accesstrade, program Affiliate tersedia dalam beberapa versi berbeda, komisi dihasilkan secara otomatis di akhir bulan, tidak seperti platform pembayaran lain yang memerlukan ketentuan rumit. Di Accesstrade, selain pendaftaran gratis, ada berbagai layanan untuk membantu Anda menjalankan bisnis Affiliate di Accesstrade. Seperti fitur Inpages yang dapat membudahkan Anda menghimpun tautan Affiliate, dan masih banyak lagi.

Accesstrade memastikan bahwa komisi yang diterima sesuai dengan kampanye yang dilakukan Tanpa modal dan syarat sederhana, Anda dapat segera mulai mendapatkan komisi dengan Accesstrade.

Kesimpulan

Ilustrasi

Setelah mencermati berbagai tips belajar bisnis Affiliate diatas, pastikan Anda mempelajarinya dengan baik. Karena bisnis Affiliate memang terlihat sederhana, namun dibutuhkan berbagai ketelitian dan giat-giat yang dapat membantu menaikan pendapatan yang didapat setiap bulannya.

Selain itu, jika ingin mendaftar bisnis Affiliate yang sudah terbukti dan memiliki cara kerja yang mudah. Pastikan Anda mendaftarkan diri melalui Accesstrade Indonesia, di Accesstrade Anda dapat mengakses berbagai kampanye Affiliate dari brand besar di Indonesia. Tunggu apalagi, klik daftar disini untuk menjadi bagian Accesstrade Indonesia.

Baca Juga: Cuma 3 Langkah, Cara Daftar Afiliasi Canva Bisa Bikin Kamu Kaya

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023