Memahami Cara Mulai Bisnis Affiliate Marketing untuk Pemula Terlengkap Bisa sambil Rebahan

Memahami Cara Mulai Bisnis Affiliate Marketing untuk Pemula Terlengkap Bisa sambil Rebahan

Admin
affiliate marketing Feb 18, 2023
SHARE ON
1686727951_memahami-cara-mulai-bisnis-affiliate-marketing-untuk-pemula-terlengkap-bisa-sambil-rebahan-1.jpg

Di zaman sekarang segala sesuatu bisa menjadi bisnis, apalagi teknologi sudah canggih dan berkembang pesat. Jika kamu mencari peluang bisnis yang menguntungkan, mudah untuk dijalankan, dan tidak memerlukan modal banyak, mungkin kamu akan tertarik dengan bisnis Affiliate Marketing (afiliasi pemasaran).

Bagaimana Cara Kerja affiliate?

Secara sederhana proses cara kerja affiliate marketing dimulai dari daftar ke program afiliasi, kreator memilih campaign yang akan dijalankan, kemudian kreator mempromosikan produk pada website atau sosial media mereka, user klik link, hingga pencairan komisi.

Untuk memulai bisnis afiliasi Langkah pertama yang dilakukan yaitu?

Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu perhatikan saat akan memulai menjalankan bisnis afiliasi dengan efektif:

1. Identifikasi dan Menentukan Niche

Niche market adalah segmen pasar yang sangat spesifik yang ditargetkan untuk produk atau layanan tertentu. Goals dari menentukan niche adalah kamu dapat mengetahui industri apa yang akan kamu kembangkan, siapa saja kompetitornya dan apa perbedaan kamu dengan kompetitor. Jika kamu ingin mengetahui cara identifikasi niche dengan efektif, silahkan simak ulasan kami mengenai Definisi Niche Market serta Cara Menentukannya.

2. Identifikasi Target Audience

Menentukan target audience bergantung pada jenis atau tipe bisnis kamu. Seperti perbedaan demografis, umur, gender, sumber informasi, dan paint point, serta preferensi juga penting untuk dipertimbangkan. Cara identifikasi target audience yaitu dengan melakukan riset audience, analisa seasonal event, lakukan market segmentation, buat buyer persona, terapkan buyer persona ke strategy marketing.

3. Dapatkan Link Affiliate

Affiliate links adalah link URL khusus yang akan mengarahkan seseorang ke website tertentu ketika ia mengklik link tersebut. Lalu, sistem akan mencatat traffic atau penjualan yang terjadi ketika seseorang mengklik link tersebut. Karena fungsi dari link affiliate sangat krusial, maka perlu ada beberapa tahap untuk mendapatkan link affiliate, diantaranya yaitu:

A. Daftar Affiliate

Cara daftar jadi affiliate marketer sangatlah mudah, kunjungi halaman registrasi kemudian isi data diri secara lengkap dan benar hingga selesai. Data diri yang perlu diisi disini sangatlah penting karena menyangkut pada akun dan pencairan dana komisi yang akan dikirimkan.

B. Pilih Campaign

Cara untuk apply campaign sangatlah mudah, kamu hanya perlu klik button “apply campaign” yang tersedia pada dashboard. Kemudian tunggu beberapa saat hingga pengajuan campaign yang akan kamu jalankan mendapatkan approval.

Namun ada beberapa campaign yang dapat kamu jalankan secara langsung tanpa menunggu approval seperti campaign Lazada. Saran dari kami pilihlah program affiliate marketing terbaik yang berasal dari brand / advertiser yang sudah banyak dikenal oleh user agar lebih mudah mendapatkan konversi.

C. Ambil Link

Setelah mendapat persetujuan untuk menjalankan campaign, maka kamu dapat generate link afiliasi kamu. Ada beberapa cara dalam mendapatkan affiliate, yang pertama generate link affiliate secara general yang artinya link tersebut akan menuju homepage dari advertiser yang kamu rekomendasikan.

Kemudian kamu bisa mendapatkan link affiliate untuk menuju ke halaman detail produk tertentu dengan menggunakan generate custom link yang berada di dashboard.

3. Bangun Channel di Website atau Social Media

Ada banyak pilihan platform yang dapat kamu manfaatkan untuk menyebarkan link affiliate. Jika kamu suka menulis, kamu dapat mulai membuat website kemudian memasangkan link affiliate di blog. Jika kamu aktif di youtube maupun social media lainnya, kamu juga dapat menyebarkan link affiliate disana.

Baca juga: 10 Contoh Konten Bisnis Affiliate di Berbagai Platform

4. Buat High Quality Content

Buat konten yang mendidik, menghibur, atau memecahkan masalah bagi audiens kamu. Kontennya bisa termasuk tulisan blog, video, podcast, atau infografis. Jika kamu menjalankan affiliate di blog, maka untuk pembuatan konten yang lebih variatif dan sesuai kebutuhan audiens, maka kamu dapat mempelajari informasi berikut: 9 Format untuk Blog Sukses di Affiliate Marketing

5. Tingkatkan Traffic

Gunakan kombinasi strategi cross organic traffic untuk menarik user ke channel kamu di berbagai platform dengan mengarahkan mereka dari social media ke website ataupun sebaliknya. Untuk meningkatkan traffic pada website, kamu juga dapat mengimplementasikan optimasi SEO pada website kamu.

6. Optimalkan Konversi

Cara meningkatkan konversi pada blog untuk affiliate dapat dilakukan dengan memahami funnel conversion, memahami search intent dan behaviour user, meningkatkan performa loading speed, tracking performance dan menggunakan multimedia untuk optimasi CTA.

7. Tingkatkan Engagement User

Kamu dapat meningkatkan interaksi terhadap user dengan cara pahami audiens dengan melihat insights, cari tahu hal populer terkini, posting konten dengan kualitas bagus dan secara konsisten, gunakan semua fitur yang ada, gunakan hastag yang relevan, serta usahakan membalas pertanyaan audience.

8. Bangun Kepercayaan User

Membangun trustworthiness pada website affiliate marketing menjadi penting, karena peran signifikannya dalam menentukan keberhasilan sebuah bisnis online. Jika pengunjung percaya pada sebuah website, mereka cenderung untuk menyelesaikan pembelian atau memberikan informasi pribadi, sehingga dapat meningkatkan konversi. Faktor-faktor yang mempengaruhi trustworthiness pada website diantaranya yaitu design, security atau keamanan, privasi dan user experience.

9. Tracking Performance

Pantau performance affiliate marketing kamu dengan menggunakan tools analytics. Kamu juga dapat melacak beberapa metrik seperti traffic, konversi, dan revenue untuk mengoptimalkan strategi kamu.

Apa kamu masih bingung mulai dari mana? Eits, tenang..tenang, mending kamu join jadi Blog Affiliate Marketing bersama Accesstrade. Kami akan bantu monetisasi blog kamu agar menghasilkan uang. Yuk, kapan lagi menulis blog bisa menghasilkan uang dengan klik link di sini untuk mendaftar menjadi publisher

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait