ACCESSTRADE Indonesia

Pahami Artinya Afiliasi Pemasaran, Sistem Saling Menguntungkan Berdasarkan Tindakan

Admin
affiliate marketing Sep 23, 2022

Baca Juga: Gabut Sendirian, Cobain Lazada Affiliate Program yang Menguntungkan!

Bagi pemilik bisnis, baik bisnis besar, menengah atau kecil sekalipun perlu memperhatikan sisi pemasaran. Salah satunya afiliasi, dimana afiliasi artinya adalah sebuah bentuk kerja sama diantara dua pihak guna memenuhi kepentingan bersama untuk mencapai sebuah tujuan yang serupa.

Selain penting dipahami oleh pengusaha atau pemilik bisnis, jika kamu ingin berkecimpung di dunia pemasaran, maka perlu memahami afiliasi artinya dan keuntungan yang bisa didapat nantinya.

Daftar Isi

Program Afiliasi Sebagai Kerja Sama Saling Menguntungkan

afiliasi artinya terbaik

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), afiliasi artinya hubungan antara anggota maupun cabang. Misalnya, perusahaan bisnis minuman dengan perusahaan bisnis makanan pedas yang masih berkaitan di makanan dan minuman. 

Kemudian, perusahaan perkebunan sawit  bisa memiliki anak usaha atau berafiliasi dengan perusahan pemilik pabrik minyak goreng.

Bagi perusahaan besar, afiliasi artinya menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan atau tujuan ekspansi bisnis tanpa harus menguasai saham mayoritas.

Sementara di pemasaran afiliasi artinya adalah suatu langkah memperoleh penghasilan tambahan dengan mendaftarkan diri pada suatu perusahaan yang sedang menawarkan kesempatan untuk menjualkan produk atau jasanya kepada pihak luar melalui afiliasi, agar mendapatkan keuntungan sesuai kesepakatan bersama.

Ada tiga pihak yang mendukung efektivitas pemasaran dalam bisnis afiliasi ini, yaitu pertama ada pemilik perusahaan, produk atau jasa. Kedua, yaitu kamu sebagai pemasar yang telah ikut berafiliasi. Ketiga, adalah konsumen atau pembeli.

Dimana ketika kamu sebagai pemasar melakukan promosi melalui apapun media dan strateginya dan berhasil mendapatkan pembeli. Maka pemilik produk atau jasa ikut merasakan impact.

Tak cuma itu,  kamu sendiri sebagai afiliator  juga mendapatkan pundi-pundi komisi yang sudah disepakati sebelumnya. Begitu seterusnya.

Perjanjian Program Afiliasi

Untuk melakukan afiliasi antar perusahaan atau platform afiliasi, terdapat perjanjian atau kontrak yang mengatur hubungan kerjasama. Terlebih juga untuk mengetahui syarat dan ketentuan pembayaran honor atau komisi.

Perjanjian afiliasi ini bersifat mengikat dan harus dipatuhi kedua belah pihak. Sehingga keduanya harus tunduk dan saling berkontribusi demi tercapainya tujuan bersama.

Pola Kerja Program Afiliasi

Pada umumnya, cara kerja dari program afiliasi perusahaan memiliki kemiripan dengan sistem broker. Hal itu dapat diartikan bahwa afiliasi adalah proses pelaksanaan perdagangan yang tidak harus memiliki produk barang atau jasa terlebih dahulu untuk menjualnya. Seperti:

1. Daftar Program Afiliasi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum memulai afiliasi adalah melakukan pendaftaran atau melakukan perjanjian afiliasi di perusahaan yang dikehendaki. Nantinya, kamu akan mendapatkan ID dan kode unik dan berbeda pada masing-masing orang. Kode ini digunakan sebagai penanda bahwa konsumen membeli produk dari ID pemasar bersangkutan.

2. Melakukan Promosi Produk Afiliasi

Salah satu cara untuk memperoleh banyak komisi dari afiliasi artinya dengan mempromosikan kode ID agar banyak konsumen yang melakan pembelian. Adapun promosi ini dapat kamu lakukan melalui beberapa cara, misalnya, perusahaan menggunakan jasa website, youtuber, influencer, forum online atapun sosial media perusahaan.

3. Menggunakan Kode atau ID

Pada dasarnya, tujuan melakukan afiliasi pemasaran adalah agar calon pembeli menggunakan kode atau ID kamu. Pasalnya, jika orang tersebut memanfaatkan kode kamu, maka konsumen akan mendapat diskon tambahan dan kamupun sebagai afiliator atau rekan kerja tentunya memperoleh komisi atau honor.

4. Sistem Bagi Komisi

waktu pemberian komisi afiliasi adalah setelah konsumen membeli produk menggunakan kode atau ID afiliasi. Selain itu, pada beberapa perusahaan, komisi diberikan setelah melalui pengisian form, berhasil meningkatkan trafik website, konsumen banyak mengunduh link atau aplikasi, hingga subscribe newsletter perusahaan bertambah.

Baca Juga : Tak Bisa Dipungkiri, Shopee Affiliate Marketing Bisnis yang Paling Diminati

Keuntungan Perusahaan Memiliki Program Afiliasi

afiliasi artinya program terbaik

Bagi perusahaan yang memutuskan untuk berafiliasi, hubungan antara perusahaan dan pelaku afiliasi akan saling menguntungkan. Berikut keuntungan perusahaan berafiliasi:

1. Menjangkau Pelanggan Baru dengan Biaya Kecil

Salah satu keuntungan bagi perusahaan yang memiliki hubungan afiliasi yakni mendapatkan jangkauan lebih banyak lagi pelanggan baru.

Dengan berafiliasi bersama perusahaan yang telah berpengalaman. Pada pasar tertentu atau seorang influencer, bisnis kamu pun akan lebih mudah untuk memasuki pasar tersebut.

Begitu pun soal biaya pemasaran yang jauh lebih masuk akal. Pasalnya dengan afiliasi artinya bisa memangkas biaya, pengembangan, uji coba dan pemasaran yang biasanya dilakukan.

Ditambah pemasaran dilakukan dengan serba online, maka dapat mempermudah peluang baru dan jangkauan pelanggan baru lebih banyak.

2. Memperluas Pasar ke Wilayah Baru

Manfaat perusahaan yang memiliki memakai afiliasi yakni bisa saling memperluas pasar ke area baru. Karena ketika kita memiliki akses masuk dengan bantuan perusahaan afiliasi, maka otomatis dapat mempermudah distribusi ataupun penawaran pada calon konsumen.

3. Menarik Minat Masyarakat Luas untuk Bergabung

Mencari penghasilan tambahan adalah keinginan semua orang, maka dengan perusahaan membuat program afilasi mereka akan menarik minat masyarakat luas dan pastinya orang-orang akan mempelajari produk dari perusahaan Anda. Dengan komisi yang realistis dan kompetitif perusahaan bisa mendapatkan keuntungan promosi gratis dan audience baru di perusahaan 

4. Meningkatkan loyalitas Pelanggan

Perusahaan pada umumnya akan menawarkan program afiliasinya kepada pelanggannya terlebih dahulu, dengan begini maka perusahaan meningkatkan kepercayaan serta memberi reward terhadap pelanggannya sendiri. Contoh shopee dan tokopedia, saat mereka membukan program afiliasinya orang pertama yang mereka ajak adalah pelanggannya sendiri. Sehingga loyalitas terhadap perusahaan dari pelanggan dapat meningkat.

Keuntungan Afiliator 

Pada dasarnya bisnis afiliasi merupakan proses bisnis sederhana namun bisa meraih keuntungan dengan maksimal. Adapun beragam keuntungan yang diperoleh bila melakukan bisnis dengan model pemasaran afiliasi:

1. Modal Kecil 

Keuntungan pertama yang bisa didapat dari afiliasi adalah penggunaan modal yang minim, bahkan boleh dibilang hampir tidak mengeluarkan uang sama sekali. Sebab, Kamu bisa menjual produk perusahaan tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Cukup melakukan promosi saja agar konsumen tertarik dan melakukan pembelian.

2. Menjadi Pendapatan 

Dengan afiliasi, Kamu bisa mendapatkan pasif keuntungan lainnya dari afiliasi. Kamu bisa mendapatkan penghasilan meskipun tidak bekerja di kantor. Bahkan, Kamu cukup santai dan tidak perlu berlama-lama di depan komputer.

3. Durasi Kerja Fleksibel 

Kamu bisa mengatur waktu sefleksibel mungkin. Tidak ada aturan mengikat dari durasi kerja di bisnis afiliasi. Fleksibilitas ini yang bisa membuat lebih bijak memanajemen waktu untuk kegiatan lainnya.

4. Bisa Dikerjakan dari Rumah 

Yang lebih menarik lagi,  Kamu bisa melakukan bisnis afiliasi dari mana saja. Bisa di rumah, cafe, tempat ngopi ataupun di taman. Cukup dengan melakukan promosi kode referral dan link tertentu. Yang dibutuhkan hanya sambungan internet dan smartphone atau laptop. 

Dengan begitu, pemasaran dengan pola afiliasi ini bisa dikatakan solusi buat orang yang tidak menyukai bekerja kantoran. Kamu juga tak perlu khawatir, karena terdapat banyak marketplace yang bisa membantu bisnis afiliasi Anda. Seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada dan perusahaan marketplace lainnya.

Untuk memulainya, Kamu juga bisa memilih program afiliasi lain yang memiliki komisi menarik. Sebagai salah satu opsi, Kamu bisa memilih layanan afiliasi Accesstrade. Tunggu apa lagi silahkan daftar sekarang

Baca Juga : Shopee Affiliate Login, Gerbang Awal Raup Komisi Lewat Online

Baca Juga: Autocuan, Ini Cara Daftar Afiliasi Niagahoster & Dapatkan Komisi Hingga 70%!

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023