ACCESSTRADE Indonesia

Mengenal Apa Itu Affiliate Shopee, Bisa Dapat Komisi Sampai Jutaan

Admin
affiliate marketing Dec 09, 2022

Baca Juga: 11 Rekomendasi Cara Bisnis Afiliasi Paling Menguntungkan Tahun 2023

Apa itu Affiliate Shopee? Apakah Anda pernah mendengarnya? Program affiliate dari shopee satu ini sangat cocok bagi Anda yang aktif di media sosial, seperti Youtube hinga TikTok. Bahkan dengan menggunakan program satu ini, maka Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari media sosial Anda.

Program Affiliate Shopee ini merupakan salah satu program dari Shopee yang menawarkan berbagai penghasilan tambahan bagi para content creator yang hanya cukup dengan mempromosikan produknya di shopee menggunakan media sosial.

Bagi Anda yang penasaran apa yang dimaksud dengan affiliate shopee ini dan bagaimana  syarat beserta cara untuk bergabungnya, maka bisa menyimak penjelasan pada artikel berikut!

Daftar Isi

Bagaimana Cara Menjalankan Affiliate shopee?

Setelah Anda mengetahui sedikit tentang apa itu affiliate Shopee, tentu sebagai seorang pemula Anda akan kebingungan tentang bagaimana cara menjalankan program satu ini bukan? Terdapat beberapa cara untuk menjalankan program affiliate shopee ini yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari pendaftaran akun, hingga pencairan dana komisi.

Anda harus memastikan bahwa setiap langkah-langkah tersebut telah dilakukan dengan tepat agar tidak mengalami kerugian. Berikut adalah tahapan untuk menggunakan layanan Affiliate shopee:

1. Panduan Daftar Affiliate Shopee

Setelah Anda memastikan bahwa sudah memenuhi persyaratan untuk daftar di affiliate shopee, maka Anda bisa langsung mengikuti cara daftarnya yang sangat mudah. Akan tetapi, pastikan dulu bahwa Anda sudah mempunyai akun shopee yang sifatnya pribadi bukan milik penjual ataupun toko. Jika sudah, berikut adalah langkah-langkah pendaftaran affiliate shopee:

  • Pertama, silahkan Anda membuka laman affiliate shopee pada tautan shopee.co.id/aff pada browser yang Anda gunakan. Anda juga bisa menemukan opsi ‘shopee affiliates program’ jika Anda ingin mencarinya langsung melalui aplikasi.
  • Setelah itu, silahkan Anda login dengan menggunakan akun shopee. Pastikan terlebih dahulu bahwa akun tersebut sudah terhubung ke email ataupun nomor ponsel yang masih aktif sehingga Anda bisa mengaktifkan kode verifikasi yang dikirim.
  • Isilah formulir pendaftaran sesuai dengan informasi diri Anda secara rinci, benar, dan lengkap.
  • Kemudian, silahkan Anda mengklik ‘daftar’ ketika sudah mengisi formulir pendaftaran secara lengkap.
  • Tunggulah sampai maksimal 3 hari jam kerja, pihak shopee akan me-review informasi yang sudah Anda isikan pada formulir pendaftaran.
  • Apabila Anda sudah mendaptkan email atau SMS verifikasi akun ataupun di aplikasi shopee, maka pendaftaran Anda sudah selesai dan disetujui.
  • Setelah pendaftaran Anda sudah diterima, maka langkah terakhir adalah mulai melakukan promosi di produk-produk shopee dengan menggunakan link affiliate.

Perlu Anda ketahui, bahwa ketika Anda diminta mengisi informasi rekening, harus sesuai dengan NPWP. Anda tidak perlu bingung terkait hal ini, sebab pengisian NPWP bersifat opsional.

2. Panduan Mendapatkan Tautan Affiliate Shopee

Setelah mendaftar akun affiliate shopee, Anda bisa memulai untuk mempromosikan produk sesuai dengan keinginan. Akan tetapi sebelum memulai kegiatan promosi, pastikan bahwa tautan yang Anda sebarkan adalah tautan khusus dan sudah dikustomisasi oleh pihak Shopee. Mengapa demikian? Sebab melalui tautan inilah Anda akan mendapatkan komisi. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendapatkan tautan promosi:

  • Silahkan Anda memilih produk shopee yang ada di toko star, shopee mall, ataupun star+
  • Pada halaman produk aplikasi, silahkan Anda mengklik ‘share’ atau ‘salin tautan’
  • Pastikan tautan yang sudah Anda salin merupakan sutome link dengan bentuk https://sh.ee.
  • Jika sudah, maka sebarkan custom link tersebut dengan mencatumkannya di setiap konten di media sosial Anda. Buatlah konten semenarik mungkin dengan menambahkan gambar ataupun video singkat dan pastikan tidak melanggar hukum ataupun persyaratan affiliate shopee.

3. Keuntungan Menjadi Affiliator Shopee

Selain mengetahui tentang apa itu affiliate shopee, Anda juga harus mengetahui berbagai keuntungan jika Anda menjadi affiliator Shopee ini. Berikut adalah keuntungan ataupun komisi yang akan Anda dapatkan:

  • Komisi tetap yang akan didapatkan mulai dari 2,5 hingga 10 persen untuk semua produk dari Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star.
  • Komisi EXTRA 100 persen yang diberikan oleh masing-masing penjual
  • Apabila Anda mengikuti semua ketentuan, maka campaign shopee berkesempatan mendapatkan produk dan voucer
  • Bonus yang akan Anda dapatkan pada pesanan pertama adalah Rp 1.850.000 untuk 1.200 pesanan.
  • Bonus komisi yang didapatkan mencapai 15 persen dari affiliate shopee team.

Pembayaran akan dilakukan ketika keuntungan yang didapatkan sudah mencapai minimal 10 ribu. Apabila keuntungan atau komisi yang didapatkan mulai 10 ribu hingga 1 juta, maka akan dibayarkan ke ShopeePay. Apabila melebihi angka tersebut, maka secara otomatis akan dikirimkan ke nomor rekening Anda.

Panduan Lengkap Syarat Daftar Affiliate Shopee

Sudah dijelaskan di awal artikel terkait apa itu affiliate Shopee, tentu Anda sudah paham bahwa program promosi produk ini mempunyai beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum mendaftarkan diri. Mengapa demikian? Sebab setiap orang yang sudah terdaftar, maka mereka sudah setuju untuk membuat konten seunik mungkin sehingga mendapatkan komisi keuntungan yang tinggi.

Perlu Anda ketahui, bahwa shopee ini berbeda dengan toko lainnya, sebab shopee memberikan kesempatan pada penggunanya memiliki media sosial. Apabila Anda ingin mendaftar di program ini, berikut adalah persyaratannya:

  1. Untuk menjadi pengguna layanan affiliate shopee, maka Anda harus memiliki minimal 1 subcribes, followers, ataupun teman di media sosial apapun. Apabila memungkinkan, setidaknya Anda sudah memiliki 2.000 subcribes, followers, atau teman sehingga Anda dapat mendaftar sebagai akun shopee influencer.
  2. Akun media sosial yang Anda gunakan sifatnya pribadi bukan milik suatu toko, konten, maupun orisinal. Selain itu, pastikan bahwa akun tidak di-private.
  3. Konten yang diunggah pada media sosial, tidak mengandung unsur SARA (Suku, Agaama, dan Ras), pornografi, serta tidak bertentangan dengan hukun yang diberlakukan negara Indonesia.
  4. Produk yang dapat dipromosikan di media sosial hanyalah produk shopee mall, shopee supermarket, star+, dan star.
  5. Tidak mempromosikan produk yang dilarang untuk diperjual belikan, seperti rokok, rokok elektrik, narkoba, obat-obatan terlarang, produk dengan kategori dewasa, dan produk yang sifatnya palsu.

Pastikan Anda mematuhi dan menyetujui persyaratan-persyaratan di atas. Adapun yang perlu Anda ketahui, ketika konten promosi yang Anda buat sangat unik dan menarik maka pihak shopee berhak untuk mengunggah ulang konten yang sudah Anda buat ke sosial media dan aplikasi Shopee.

Berbagai Jenis Affiliate di Shopee Lengkap

 

Ada tiga jenis affiliate yang ditawarkan oleh pihak Shope. Meskipun demikian, sebenarnya ketiga jenis program shopee ini mempunyai cara kerja yang sama, yaitu mengajak para content creator untuk mempromosikan setiap produk yang diperjual belikan di shopee melalui media sosial mereka.

Tentunya, kegiatan promosi yang dilakukan akan mendapatkan bayaran berupa komisi di setiap pembelian produk yang dilakukan oleh customer.Jika dilihat dari segi konten, mungkin ketiganya akan terlihat sama. Akan tetapi, jika ditelisik lebih dalam maka ada beberapa perbedaan dari ketiganya, mulai dari besaran komisi, persyaratan, dan hal-hal lain yang mendasarinya. Berikut adalah penjelasannya.

1. Shopee Affiliates

Layanan affiliate pertama di shopee, yaitu affiliate shopee Seperti yang sudah Anda ketahui terkait apa itu affiliate shopee, bahwa affiliate satu ini terbuka untuk segala kalangan.  Untuk mendaftar pada affiliate satu ini, maka tidak ada jumlah subcribes atau followers yang harus Anda miliki di media sosial.

Sipapun dapat menjadi affliator di Shopee, meskipun mempunyai follower yang berjumlah dibawah 2000 orang. Untuk komisi yang ditawarkan oleh affiliate shopee ini adalah sebesar 2,5 persen ketika link referral yang sudah dibagikan pada konten berhasil digunakan untuk kegiatan transaksi.

2. Shopee Partner

Apabila Anda ingin mendaftar sebagai shopee partner, maka Anda harus mempunyai subcribes dan followers lebih dari 20.000 orang di platform media sosial. Tak hanya itu saja, shopee partner juga mengharuskan penggunakan untuk membuat konten original dengan target konten tertentu. Pengguna shopee partner ini harus mencapai 50 pemesanan minimal 1 kali dalam 3 bulan terakhir.

Meskipun demikian, shopee partner ini memberikan komisi yang tinggi kepada penggunanya, yaitu sebesar 4 persen. Pengguna program ini juga nantinya akan diprioritaskan untuk mengikuti campaign Shopee yang sedang berlangsung.

Tak hanya itu, adapun keuntungan lain jika menggunakan shopee partner ini adalah Anda akan mendapatkan produk beserta voucher gratis selama 6 bulan pertama. Tentunya, keuntungan ini sudah setara dengan persyaratan yang banyak dan menuntut.

3. Shopee Influencer

Layanan affiliate di shopee satu ini berbeda dengan dua layanan affiliate shopee lainnya. Mengapa demikian? Sebab jenis ini mengaharuskan Anda mempunyai lebih dari 2.000 subcriber atau followers. Jenis program satu ini sangat cocok ubagu Anda yang sudah mempunyai jumlah pengikut lumayan besar.

Sama halnya dengan jenis affiliate shopee lainnya, Anda akan mendapatkan komisi sebesar 2,5 persen. Namun ada beberapa keuntungan yang lebih untuk para influencer, seperti diprioritaskan untuk mengikuti campaign shope serta mendapatkan produk dan voucher gratis selama 6 bulan pada awal pendaftaran

Itulah penjelasan tentang apa itu affiliate shopee mulai dari tata cara menjalankan, syarat pendaftaran, hingga jenis-jenis affiliate yang disediakan. Apabila Anda ingin mendapatkan informasi lain terkait mengetahui strategi untung jutaan dari shopee affiliate program baca artikel berikut ini Untung Jutaan dari Shopee Affiliate Program, Ini Strateginya yang Kamu Harus Lakukan

 

Baca Juga: Sering Kelupa, Ini 7 Tips Biar Bisnis Afiliasi Makin Meroket

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023