ACCESSTRADE Indonesia

Apa Itu Afiliasi Marketing? Pemasaran Online yang Bisa Bikin Cuan!

Admin
affiliate marketing Sep 23, 2022

Baca Juga: Begini Cara daftar bisnis Affiliate Marketing Bank Digital Jenius lewat Accesstrade

Dua tahun belakangan ini, mungkin ada yang bertanya apa itu afiliasi marketing? atau pemasaran marketing melalui online ini memang kerap didengar. Afiliasi marketing menjadi sebuah aktifitas usaha yang paling dicari karena proses yang mudah dibanding pemasaran offline. 

Anda pun bisa dapat komisi yang besar dan mendapat passive income jika konsisten. Lantas, seperti apa itu afiliasi marketing secara umum? Simak selengkapnya di Accesstrade Indonesia.

Sebelum mengenal apa itu afiliasi marketing, mari kita mengenal lebih dekat seputar awal mula afiliasi marketing. Yup, sekitar tahun 1989, strategi affiliate marketing pertama kali dicetuskan oleh William J. Tobin. Saat itu, ia memiliki usaha toko bunga secara online bernama PC Flowers and Gifts. Ia pun mendapatkan ide untuk membuat program afiliasi di website pribadinya.

Berkat program afiliasi tersebut, mulai tahun 1993, William pun sukses menghasilkan jutaan penjualan per tahunnya. Bahkan, pada 1995, toko bunga online-nya memiliki lebih dari 2.500 afiliasi yang tersebar di seluruh web dari berbagai negara.

Skema bisnis ini pun kemudian makin berkembang dan pada tahun 1996, William mengajukan paten untuk program affiliate marketing-nya. Dan di tahun 2000 ia pun mendapatkan hak paten tersebut. Melihat keberhasilan dari PC Flowers and Gifts, banyak pelaku bisnis yang juga ikut menggunakan strategi afiliasi. Salah satunya yang terkenal dan mencuri perhatian banyak orang yakni Amazon.

Daftar Isi

Apa Itu Afiliasi Marketing?

affiliate marketing terbaik

Setelah mengetahui kisah singkat afiliasi marketing, masih banyak timbul pertanyaan seperti apa itu Afiliasi marketing? Sebenarnya afiliasi marketing tak jauh beda dengan model pemasaran lainnya, yakni memasarkan barang atau jasa milik pengusaha atau perusahaan dengan menggunakan link yang sudah terafiliasi atau sudah terhubung.

Nantinya, Kamu sebagai marketer tentu akan memperoleh sejumlah komisi yang sesuai kesepakatan. Hanya saja model kerjanya sedikit berbeda.

Dalam konsep affiliate marketing, kamu sebagai pemasar atau affiliate marketer hanya perlu memasang link mitra afiliasi di media pemasaranmu. Kemudian setelah link berhasil diklik oleh konsumen, dan atau konsumen melakukan pembelian, maka hal tersebut menjadi keberhasilan pemasaran sehingga berhak mendapatkan sejumlah komisi.

Nah, bagian yang menarik adalah komisi. Komisi pada affiliate marketing juga lumayan, bisa mencapai antara 5% sampai 70%, lho. Tapi itu juga tergantung, dari keputusan bersama pemilik usaha, brand atau perusahaan dan Kamu sebagai affiliate marketer.

Keunikan Konsep Afiliasi Marketing

affiliate marketing terbaik indonesia

Penjelasan apa itu Afiliasi Marketing pun bisa dengan mudah dijelaskan. Karena pada intinya, sistem bisnis ini dapat dikatakan menguntungkan semua pihak. Ada tiga pihak dalam dunia afiliasi marketing. Pertama, sang pemilik brand, perusahaan, atau jasa. Kedua, sang pengiklan alias Kamu sebagai pelaku afiliasi marketer. Dan ketiga, yaitu pembeli.

Pihak perusahaan penyedia jasa atau produk, tentu bisa memasarkan produk atau pelayanannya sesuai dengan segmen yang dikehendaki, dengan biaya marketing jauh lebih murah. Tentunya jika dibandingkan dari pemasaran secara konvensional serta kemungkinan mengurangi risiko kerugian.

Para pelaku afiliasi marketing, harus mampu memasang strategi pemasaran. Seperti dengan memberikan informasi lebih detail mengenai produk dan keuntungan membeli jasa atau produk yang ditawarkan.

Cara memberikan informasinya harus kreatif, unik, contohnya seperti mengulas (review) kemasan, cara pengunaan, bahkan kelemahan produk atau jasa tersebut. 

Bagi affiliate marketer, dengan hanya bermodalkan akun media sosial seperti Tik Tok, Instagram, YouTube ataupun website maka komisi dapat diterima dengan cara pay per click atau pay per sold.

Itulah mengapa, bisnis afiliasi marketing dua tahun belakangan ini menarik kalangan milenials. Dikarenakan pekerjaannya yang mudah, fleksibel, tak terikat dan tentu komisi yang besar.

Baca Juga: Ungkap Affiliate Marketing Shopee yang Bisa Bikin Cuan Terus

Tips Jitu Menjadi Afiliasi Marketing untuk Pemula

Jika kamu mencari tahu apa itu Afiliasi marketing, atau pemasaran marketing yang bisa mendapatkan cuan gambaran sederhananya seperti ini. Karena sebenarnya ini adalah bisnis yang mudah, populer dan bisa memberikan penghasilan yang cukup besar, lho!

Berikut inilah tips-tips jitu untuk Kamu menjadi affiliate marketer handal dengan mendapatkan penghasilan yang besar.

Memahami Target Konsumen

Ketika kamu telah memahami cara kerja dan apa itu afiliasi marketing, maka tahap selanjutnya perlu memahami konsumen yang dijadikan target.

Perhatikan dengan baik, apa yang dibutuhkan oleh para calon customer yang melihat promo produk terkait. Perkirakan dan cari tahu, tentang pertanyaan yang sering diajukan para calon konsumen. Tentang produk atau jasa yang dipromosikan tersebut.

Kamu bisa mencari tahu melalui platform media sosial, seperti membuat Q&A atau survey yang menyenangkan dan berikanlah jawaban yang menarik, fun, sesuai sehingga penonton puas dan membeli produk atau jasa tersebut.

Membuat Review Produk yang Bagus

Tips untuk kamu yang ingin memulai bisnis ini adalah membuat review produk atau jasa semenarik mungkin dan sebaiknya review jujur. Review ini nantinya bisa dipromosikan dimanapun seperti blog website, YouTube, Intagram reels dan lainnya.

Caranya, yakni dengan menambahkan sisi gimmick atau lainnya yang tak hanya sekedar review. Kemudian sebaiknya dilakukan berbeda dari marketer lain dan konten yang sudah tersebar di medsos.

Gunakan Teknik SEO untuk Website Blog-mu

Jika kamu seorang blogger atau penulis website, tidak ada salah menyisipkan teknik SEO dalam hasil karya atau konten yang dibuat. Optimasi dari sisi organik pun bisa menjawab pertanyaan apa itu afiliasi marketing ?

Karena teknik SEO akan membantu calon customer, untuk memperoleh info melalui search engine optimize di google. Bahkan, saat ini SEO tak hanya di terapkan di website blog saja, tapi juga bisa di YouTube ataupun Instagram.

Berbagi Link, Kode referral Diskon

Bagi kamu yang tidak pernah ketinggalan info diskon, tidak ada salahnya berbagi kode diskon ke pengikut, teman atau orang sekitar. Hampir semua orang pasti suka dengan kode kupon atau promo diskon.

Walau kupon diskon terlihat lampau, kamu bisa mengemasnya dengan link atau Kode kupon diskon. Dengan memberikan kode kupon tersebut sehingga orang yang lihat dan tertarik memakai kode diskon yang diberikan. Bila terjadi konversi, tentunya bisa mendapatkan uang lebih melalui komisi.

Contohnya, seperti artis selebgram atu influencer yang membagikan kode kupon atau kode referral di akhir konten atau deskripsi.

Buat Tutorial di YouTube

Tutorial juga merupakan salah satu konten yang paling banyak dicari oleh orang-orang, hingga kini baik anak muda hingga orang tua. Jika tertarik dengan konten memasak, kamu bisa mencoba dengan membuat tutorial memasak. Atau lebih suka di dunia fashion, mungkin bisa kamu ambil contohnya.

Jangan Terlalu Fokus pada Komisi

Ketika kamu mengetahui apa itu afiliasi marketing dan telah mengetahui komisinya. Maka sebaiknya jangan terlalu fokus pada komisi tersebut.

Takutnya jika terlalu fokus pada hal tersebut, maka bisa membuat pembuatan konten kurang maksimal. Contohnya, jangan hanya menyebutkan informasi spek dan harga dari produk atau brand yang dipromosikan. Tetapi, berikan juga nilai tambah seperti pengalaman orang sekitar yang juga menggunakan produk tersebut.

Konsisten dan sabar

Tips menjadi affiliate marketing selanjutnya adalah sabar dan usahakan konsiten. Walau disebut menjadi pemasar afiliasi ini mudah, namun juga butuh modal kesabaran yang tinggi saat menjalankannya.

Jangan mudah merasa putus asa karena komisi tidak mencapai target. Tidak semua pengunjung website atau penonton media sosial, akan mengklik iklan dan langsung membeli produk yang dipromosikan. Semua tergantung dari konten dan strategi pemasaran dari diri sendiri.

Terakhir, Jangan pernah berhenti belajar dan mencoba hal baru.

Demikian informasi seputar apa itu afiliasi marketing dari Accesstrade Indonesia. Semoga bermanfaat dan memotivasi kalian untuk menjadi afiliasi marketer pemula.

Untuk memulainya, Kamu juga bisa memilih program afiliasi yang memiliki komisi menarik. Seperti layanan afiliasi Accesstrade, yang menawarkan sistem afiliasi terbaik dan juga sangat terpercaya. Yuk, tunggu apa lagi? Segera daftar sekarang. 

Baca Juga: 6 Program Affiliate Marketing Indonesia dengan Komisi Menggiurkan

 

Baca Juga: Autocuan, Ini Cara Daftar Afiliasi Niagahoster & Dapatkan Komisi Hingga 70%!

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023