ACCESSTRADE Indonesia

Penjelasan apa itu Usaha Affiliate Marketing, Contoh dan keuntungannya

Admin
affiliate marketing Nov 26, 2022

Baca Juga: Tips dan Trik Cara Menggunakan Affiliate Marketing Accesstrade Untuk Menambah Penghasilan

Apakah kamu sedang mencari bisnis atau usaha yang menghasilkan uang tanpa modal? Tidak perlu ke luar rumah bekerja dari pagi hingga sore, tapi pemasukan tetap mengalir? Kamu sebaiknya mencoba peluang usaha Affiliate Marketing.

Hanya bermodalkan smartphone dan internet, kamu bisa mencoba usaha Affiliate Marketing. usaha ini diprediksi sangat digemari oleh kawula muda khususnya pelajar. Untuk mengenal lebih jauh mengenai usaha Affiliate Marketing, simak penjelasan hingga contohnya di bawah yuk!Apa itu afiliasi?

Daftar Isi

Apa itu Usaha Affiliate Marketing?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Affiliate atau Afiliasi mempunyai arti hubungan antara anggota atau cabang.

Dalam dunia Marketing, Affiliate merupakan kerja sama antara Merchant dengan Affiliate Marketer. Tujuan dari usaha ini adalah untuk mendapatkan keuntungan besar dan pengenalan produk yang massif melalui strategi yang dilakukan dengan menambahkan link atau tautan promosi.

Secara sederhana, usaha Affiliate Marketing adalah strategi untuk mendapatkan komisi dari penjualan produk (baik barang maupun jasa) dari perusahaan yang menyediakan program afiliasi.

Umumnya, yang terlibat dalam usaha Affiliate Marketing ada 3, yaitu Merchant selaku pemilik dan pihak yang mempunyai kendali atas brand atau produk, Affiliate Marketer selaku orang yang mempromosikan produk dari Merchant, dan Pelanggan atau calon pembeli produk.medsos

Cara Menjalankan Usaha Affiliate Marketing

Sebelum kamu memutuskan untuk menjadi Affiliate Marketer, kamu perlu mengetahui bagaimana cara kerja untuk menjalankan usaha Affiliate Marketing.

Langkah-langkah menjadi Affiliate Marketer hampir mirip dengan broker karena kamu tidak perlu mempunyai produk untuk dijual. Hal ini terbilang cukup sederhana dan mudah untuk diterapkan, tak heran mengapa usaha ini banyak digandrungi dan diminati oleh masyarakat Indonesia.

Mendaftar Program Affiliate Marketing

Langkah awal untuk memulai usaha ini adalah kamu harus mencari perusahaan mana yang menyediakan program Affiliate Marketing. Setelah menemukannya, kamu lanjutkan untuk mendaftar.

Jika kamu sudah terdaftar dan menjadi bagian dari anggota program Affiliate Marketing, kamu akan mendapatkan penawaran produk mana yang bisa kamu promosikan. Kamu bisa memilih secara acak, atau sesuai dengan target pasar yang sudah kamu punya.

Mempromosikan Produk

Langkah selanjutnya adalah tugas terpenting yang harus kamu lakukan, yaitu mempromosikan produk milik Merchant.

Baiknya, sebelum mempromosikan produk kamu perlu mengetahui siapa audiens atau followers kamu. Kamu bisa menggolongkannya dari segi usia, gender, atau lebih spesifik dengan menggabungkan keduanya.

Mendapatkan Komisi

Untuk mendapatkan komisi, kamu harus menggaet pelanggan untuk membeli produk menggunakan linkmu. Kamu harus mempromosikan produk melalui link khusus Affiliate agar terlihat transaksi pembelian yang tercatat di Affiliate network adalah menggunakan link milikmu.

Semakin banyak orang membeli produk dari link milikmu, maka komisi yang akan kamu dapat juga semakin besar.perbedaan

Perbedaan usaha Affiliate Marketing dan Reseller

Meskipun sama-sama mempromosikan produk lewat media sosial, namun usaha Affiliate Marketing mempunyai perbedaan dengan Reseller, terutama dari sistemnya.

Affiliate Marketing

Usaha Affiliate Marketing mempunyai sistem berbasis bisnis online dengan cara menjajakan atau mempromosikan produk milik Merchant tanpa ada syarat khusus.

Kamu hanya perlu mendaftar dan menjadi anggota dari Merchant tanpa perlu membeli produk dengan jumlah tertentu.

Namun, komisi dari usaha Affiliate Marketer tidak sebesar ketika menjadi reseller. Pada umumnya, komisi yang akan didapat sebagai Affiliate Marketer berkisar di antara 20% sampai 40%

Reseller

Untuk Reseller juga bisa menggunakan sistem online dengan cara promosi di media sosial. Namun, menjadi reseller biasanya mempunyai syarat khusus.

Salah satu syaratnya adalah untuk menjadi reseller, kamu perlu mempunyai produk dengan cara membelinya. Setelah mempunyai produk, kamu baru bisa mempromosikannya di berbagai kanal media sosialmu.

Komisi yang ditawarkan untuk reseller cenderung lebih besar dari Affiliate Marketing, yaitu berada di kisaran 30% sampai 80%.belanja online

Contoh Affiliate Marketing Paling Menguntungkan di Indonesia

Jika kamu tertarik untuk menjadi Affiliate Marketer, maka kamu harus mempunyai pengetahuan dasarnya seperti perusahaan mana saja di Indonesia yang menyediakan program Affiliate dengan skema atau komisi yang menguntungkan kamu.

Agar usaha Affiliate Marketing yang kamu lakukan tidak sia-sia, kamu bisa mencoba beberapa program Affiliate yang disediakan oleh perusahaan berbasis aplikasi berikut.

Affiliate by Me Tokopedia

Bagi kamu yang gemar belanja oline, pasti sudah tidak asing lagi dengan Tokopedia. Raksasa toko online ini merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia.

Tokopedia terus berusaha untuk menjangkau seluruh masyarakat agar menjadi aplikasi nomor satu di Indonesia. Salah satu strategi yang dikeluarkan oleh Tokopedia adalah membuka program Affiliate.

Kamu bisa mendaftar di program Affiliate by Me dari Tokopedia dengan mudah. Berbagai macam produk pilihan yang sudah dikategorikan bisa kamu promosikan. Sistem kerja Affiliate Tokopedia sama seperti umumnya, yaitu ketika ada pelanggan membeli produk dari link khusus milikmu, maka kamu akan mendapatkan komisi.

Tiket.com Affiliate Partner

Siapa yang suka travelling? Pasti sudah tidak asing dengan aplikasi Tiket.com ini. Aplikasi yang diperuntukkan untuk kebutuhan travelling ini menjual berbagai macam akomodasi seperti sewa hotel, tiket kendaraan (pesawat, bus, kereta, mobil), hingga tiket taman hiburan di berbagai penjuru negeri.

Namun, tak hanya menjajakan kebutuhan akomodasi untuk travelling, Tiket.com juga membuka peluang bagi Affiliate Marketer agar bergabung menjadi anggotanya.

Terdapat Application Programming Interface (API) di Tiket.com untuk memesan kamar hotel. Nantinya, kamu akan diberikan kode unik untuk mempromosikan sewa hotel.

Jika ada pelanggan yang memesan kamar hotel di Tiket.com menggunakan kode kamu, maka komisi sekitar 40 % sampai 60% akan mengalir ke dompetmu.

Program Afiliasi Zalora

Selain Tokopedia dan Tiket.com, aplikasi di Indonesia yang menyediakan usaha Affiliate Marketing adalah Zalora.

Aplikasi ini berfokus pada dunia fashion dan menujual berbagai macam produk mulai dari baju, celana, hingga aksesoris seperti gelang, tas, dan lain-lain. Beragam produk dari kelas menengah ke atas tersedia di Zalora.

Ternyata, aplikasi Zalora mempunyai program Affiliate yang bernama Community Influencer Program (CIP). Komisi yang ditawarkan oleh Zalora cukup unik, karena Affiliate Marketer bisa memilih akan mendapat 5% dalam bentuk tunai atau 7% dalam bentuk cashback dalam penjualan produknya.

Agar kamu bisa mengikuti ketiga program Affiliate di atas, kamu bisa mendaftar di Accesstrade. Perusahaan Accestrade menaungi banyak brand dan perusahaan ternama di Indonesia khususnya dalam bidang Affiliate Marketing.

Dengan mendaftar Accesstrade, kamu bisa menjadi anggota Affiliate Tokopedia, Tiket.com, dan Zalora.fleksibel

Keuntungan Usaha Affiliate Marketing

Setelah mengetahui mengenai usaha Affiliate Marketing, kamu baiknya juga mengetahui apa saja keuntungan yang akan didapat ketika menjadi Affiliate Marketer.

Mulai Tanpa Modal

Hal yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia adalah usaha dengan modal nihil. Inilah megapa usaha Affiliate Marketing banyak digemari masyarakat.

Kamu tidak perlu mengelurarkan modal untuk menjadi Affiliate Marketing karena hanya bermodalkan Smartphone dan internet saja. Kamu bisa mempromosikan produk tanpa membelinya.

Semakin Rajin, Semakin Untung

Berkaitan dengan sistem kerja Affiliate Marketing, kamu harus rajin mempromosikan produk kepada calon pelanggan agar banyak yang tertarik untuk membeli.

Kamu harus bisa meyakinkan mereka bahwa produk yang kamu promosikan mempunyai nilai jual. Semakin banyak pelanggan membeli produk dari link milikmu, maka komisi atau keuntungan yang kamu dapat dari usaha Affiliate Marketing juga semakin besar.

Kerja di Mana Saja

Menjadi Affiliate Marketer tugasnya adalah mempromosikan produk secara online atau daring. Kamu tidak perlu terjun ke lapangan untuk mempromosikan produk.

Cukup dengan media sosial, kamu bisa kerja di mana saja dan kapan saja. Kamu bisa menyesuaikan konten promosi dengan audiens atau followersmu. Kamu juga tidak perlu bekerja dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore, karena kamu bisa bekerja sesuka hatimu.

Mata Tertidur, Dompet Terisi

Siapa yang ingin ketika tertidur pulas, namun pundi-pundi rupiah tetap masuk ke dalam kantongmu? Kamu bisa mewujudkannya dengan bangun dan bergegas untuk memulai usaha Affiliate Marketing.

Umumnya, komisi Affiliate Marketer baru bisa dicairkan setiap tanggal 25 – 31 per bulannya. Maka dari itu, ketika kamu mempromosikan produk dan menyebarkan link Affiliatemu seluas mungkin, besar kemungkinan orang akan membeli produk dari linkmu.

Tidak Terikat

Terakhir, keuntungan menjajal usaha Affiliate Marketing adalah sistem kerja yang tidak terikat oleh apa pun dan siapa pun.

Kamu memiliki kebebasan tersendiri untuk mempromosikan produk. Di sini kamu bisa berekspresi seluwes mungkin untuk menjajakan produk.

Tidak ada larangan dan Batasan untukmu berkreasi sekreatif mungkin. Kamu juga bisa mengikuti tren yang saat ini sedang viral atau ramai dibicarakan oleh orang agar banyak yang tertarik.

Sekarang, kamu sudah mengetahui ap aitu usaha Affiliate Marketing, perusahaan apa saja yang membuka program Affiliate, hingga keuntungannya.

Kamu bisa menimbang-nimbang apakah menjadi Affiliate Marketer adalah pasion kamu atau bukan. Namun, perlu diingat bahwa usaha Affiliate Marketing memiliki beragam keuntungan yang bisa mendatangkan uang bagimu.

Jika tertarik untuk menjadi Affiliate Marketer, kamu bisa mendaftar di Accesstrade agar bisa memilih perusahaan dan produk apa saja yang kamu promosikan. Daftar di sini.

Baca Juga: Praktisnya Cara Daftar Affiliate JD ID, Promosikan & Dapat Uang Tambahan

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023