ACCESSTRADE Indonesia

Cari Tahu Peluang Affiliate Marketing di Indonesia, Affiliate TikTok Paling Banyak Disukai

Admin
affiliate marketing Nov 29, 2022

Baca Juga: 15 Rekomendasi Affiliate Skincare Produk Dengan Komisi Besar

Di zaman teknologi yang sudah serba canggih ini, berbagai peluang bisnis terbuka lebar. Banyak hal yang bisa kamu coba untuk mendapatkan uang, salah satunya adalah mencoba peluang Affiliate Marketing.

Affiliate Marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan secara online. Peluang Affiiate Marketing saat ini sangat terbuka lebar karena bisa dicoba oleh siapa pun. Kamu hanya memerlukan smartphone dan internet untuk bergabung menjadi Affiliate Marketer.

Orang-orang mudah tergiur dengan bisnis ini karena memberikan skema keuntungan yang menjanjikan. Selain itu, bergabung menjadi Affiliate Marketing juga dapat memberikanmu passive income.

Pilihan ketika menjadi Affiliate Marketer ada dua, yaitu kamu untung atau kamu tidak rugi. Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar jika kamu rajin untuk mempromosikan produk-produk di media sosial karena calon pembeli lama-kelamaan akan penasaran minimal dengan salah satu produk yang kamu tawarkan.

Ketika menjadi Affiliate Marketer yang kurang rajin, kamu juga tidak akan dilanda kerugian yang bisa membuatmu stress. Hal ini dikarenakan menjalankan bisnis Affiliate Marketing tidak perlu modal untuk menjalankannya.

affiliate marketing

Daftar Isi

Contoh Perusahaan yang memberikan fasilitas affiliate marketing

Untuk menjadi Affiliate Marketer, kamu perlu mencari tahu dulu mengenai Merchant yang akan kamu pilih. Penting untuk mengetahui hal-hal yang mendetail mengenai Merchant, seperti keresmian Merchant, komisi dari Merchant, hingga peraturan apa saja yang diterapkan oleh Merchant.

Di Indonesia, saat ini banyak perusahaan yang membuka peluang Affiliate Marketing. Mulai dari perusahaan khusus Affiliate hingga berbagai aplikasi yang sedang hits dan ramai dibicarakan. Berikut adalah contoh perusahaan yang memberikan fasilitas Affiliate Marketing.

Sebagai saran, baiknya kamu sudah menentukan target pasar dari yang umum seperti gender, geografis, dan pekerjaan. Hingga ke target pasar yang lebih spesifik seperti usia dengan gender, gender dengan pekerjaan, pekerjaan dengan geografis, dan lain-lain.

accesstrade

1. Accesstrade

Jika kamu ingin mendapatkan peluang Affiliate Marketing yang lebih besar, kamu bisa mencoba untuk mendaftar di Accesstrade.

Perusahaan ini sudah menjadi spesialis di bidang Affiliate untuk waktu yang cukup lama, yaitu sejak 1999. Accesstrade saat ini mempunyai 30.000 publisher yang siap untuk mempromosikan produk yang dimiliki oleh Merchant.

Di Accesstrade, kamu akan disuguhkan banyak campaign dari berbagai merek terkemuka dalam satu website. Peluang Affiliate Marketing pun terbuka sangat lebar, seperti kata pepatah “Sekali Mendayung, Dua Tiga Pulau Terlampaui” cocok disematkan untuk Accesstrade karena kamu bisa memilih berbagai macam merek atau perusahaan yang kamu inginkan.

Kamu tidak perlu mencari-cari perusahaan mana yang membuka peluang Affiliate Marketing karena di Accesstrade, kamu bisa mengakses dan memilihnya sendiri.

Cara untuk mendaftarkan diri di Accesstrade sangat sederhana dan mudah dipahami, sehingga cocok untuk kamu coba. Klik untuk daftar.

2. Shopee

Siapa yang tak tahu dengan toko online satu ini? Perusahaan yang bergerak di bidang perbelanjaan online ini sudah tak asing di masyarakat.

Shopee terus berusaha untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat di Kawasan Asia khususnya Indonesia agar menjadi aplikasi toko online nomor 1 yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Dengan alasan tersebut, maka Shopee membuka peluang Affiliate Marketing untuk para pengguna yang merupakan seller (penjual) dan nonseller.

Persyaratan untuk mendaftar di Shopee Affiliate Program tidak terlalu rumit dan mudah untuk dilakukan. Selain itu, Shopee juga memberikan penawaran menarik mengenai komisi yang akan diberikan bagi Affiliate Marketer.

Komisi yang ditawarkan oleh Shopee beragam dan tergantung kepada kategori produk yang ada di aplikasi. Mulai dari kebutuhan rumah, hobi, makanan dan minuman, kebutuhan ibu dan bayi, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memilih produk apa pun yang kamu inginkan untuk dipromosikan di media sosialmu.

3. Blibli

Selain Shopee, Marketplace ternama di Indonesia yang juga membuka peluang Affiliate Marketing adalah Blibli.

Blibli mengajak kamu untuk bergabung menjadi Affiliate Marketingnya agar semakin banyak orang yang mengetahui tentang aplikasi Blibli. Skema komisi yang ditetapkan oleh Blibli beragam, mulai dai 2% sampai 4% dari produk yang tercatat dibeli pelanggan dari link Affiliate milikmu.

Berbagai produk bisa kamu pilih untuk dipromosikan, mulai dari kebutuhan sehari-hari seperti barang elektronik, hobi, tiket dan voucher, hingga hal-hal yang berkaitan dengan travelling.

4. TikTok

Saat ini, siapa yang tak tahu aplikasi TikTok? Aplikasi ini merupakan media sosial yang menampilkan video-video dari creator. Selain itu, TikTok juga menjadi salah satu pusat dari maraknya suatu tren atau fenomena yang ada di Indonesia.

Orang beramai-ramai dan secara massif mendownload TikTok karena biasanya ingin mengetahui info mengenai tren masa kini, berita viral, atau sekadar mencari hiburan dengan menonton video-video dari creator.

Peluang Affiliate Marketing yang diadakan oleh TikTok bertujuan untuk menjembatani antara penjual dan pembeli. Kamu bisa mempromosikan produk milik orang lain dengan menggunakan link Affiliate-mu.

Jika terjadi catatan transaksi pembelian dari link tersebut, maka kamu berhak untuk mendapatkan komisi dari TikTok Affiliate.

afiliate marketing

Memulai program Affiliate TikTok Anda sendiri

Aplikasi TikTok bisa didownload di perangakat android maupun IOS. Pastikan kamu sudah mendaftar dan mempunyai akun TikTok yang aktif membuat video. Terdapat 2 kategori di TikTok, yaitu creator dan seller.

Untuk membuka peluang Affiliate Marketing di TikTok, kamu perlu membuat akun TikTok Shop terlebih dahulu, kamu bisa mencobanya sendiri di rumah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Masuk ke laman website seller-id.tiktok.com/account/welcome
  • Sign Up with TikTok Account. Jika belum masuk, silakan login terlebih dahulu.
  • Masukkan alamat email dan nomor telepon untuk proses verifikasi.
  • Masukkan info bisnis milikmu seperti, alamat toko, nama toko, jenis bisnis, nama kontak, nomor telepon, alamat gudang/toko, serta alamat gudang pengembalian.
  • Setelah data kamu masuk, verifikasi menggunakan kartu identitas seperti KTP dan selfie sambal memegang KTP.
  • Isi data yang diperlukan.
  • Registrasi selesai, kamu akan menerima balasan di email dari TikTok.

Setelah mendaftarkan diri di TikTok Shop, selanjutnya kamu bisa mendaftarkan diri untuk bergabung menjadi Affiliate Marketing sebagai creator. Ikuti caranya di bawah ini.

  • Cari produk yang ingin kamu promosikan. Hubungi penjual untuk mendapatkan izin mempromosikan/menjual produk tersebut
  • Tambahkan informasi mengenai kontak kamu.
  • Produk yang sudah disetujui oleh seller untuk dipromosikan oleh kamu, masukkan ke dalam etalase.
  • Setelah itu, kamu akan mendapatkan sampel dari seller untuk kebutuhan promosi.

Syarat Bergabung menjadi Affiliate TikTok

Pada umumnya, TikTok dikenal memberikan dua syarat yang wajib dipenuhi oleh para Affiliate Marketer. Jika salah satu syaratnya tidak terpenuhi, maka akan ada kemungkinan kamu tidak bisa bergabung menjadi Affiliate Marketing.

1. Mempunyai Akun TikTok Shop

Syarat pertama yang harus kamu penuhi adalah membuat akun TikTok Shop, yaitu platform untuk berjualan di TikTok.

Di TikTok Shop, kamu bisa melakukan transaksi jual-beli produk, sama halnya dengan Merchant atau aplikasi toko online. Selain itu, kamu juga bisa mempromosikan produk yang dijual di TikTok Shop.

TikTok Shop dibutuhkan untuk program Affiliate karena mempunyai fungsi sebagai wadah promosi untuk berjualan meskipun produknya dari Merchant.

2. Mempunyai Rekening Valid

Syarat kedua agar kamu bisa mendaftarkan diri sebagai bagian dari program Affiliate TikTok adalah mempunyai rekening dengan nomor yang valid dan terdaftar.

Rekening ini dibutuhkan untuk menyalurkan hasil dari penjualan atau dari bisnis Affiliate ke kantongmu.

Selain itu, terdapat syarat tambahan untuk bergabung menjadi Affiliate Marketing di TikTok kamu harus mempunyai akun TikTok dengan minimal 2.000 pengikut, berusia 18 tahun ke atas, dan aktif membuat video TikTok dalam 28 hari terakhir.

tiktok shop

Intip Penghasilan Afiliator TikTok

Setelah mengetahui informasi mengenai peluang Affiliate Marketing di aplikasi TikTok, yuk intip berapa sih penghasilan yang bisa kamu raih jika bergabung.

Pada umumnya, komisi yang akan kamu dapat sebagai Affiliate Marketer tergantung kepada seller atau pihak yang memiliki kuasa atas produknya.

Biasanya, seller akan memberikan komisi di kisaran 1% hingga 30% untu setiap penjualan produk. Namun, tidak menutup kemungkinan jika produk yang kamu jual laris manis dan laku keras, maka kamu berpeluang untuk mendapatkan komisi yang lebih besar.

Selain itu, hal tersebut juga bisa membuka pintu lain agar para seller tertarik untuk menggunakanmu sebagai Affiliate Marketing yang mempromosikan produknya.

Untuk mengecek berapa jumlah komisi yang kamu dapatkan ketika menjadi Affiliate Marketing TikTok, kamu bisa melakukan langkah-langkah seperti berikut.

  1. Buka aplikasi TikTok dan masuk ke akunmu.
  2. Piluh menu Profil.
  3. Terdapat icon keranjang, klik icon tersebut.
  4. Masuk ke dashboard TikTok Shop.
  5. Pilih Tambahkan Produk Afiliasi
  6. Pilih kategori produk.
  7. Produk yang akan ditambahkan tersebut nantinya akan memunculkan harga dan berapa komisi yang kamu dapatkan dari Affiliate Marketing milikmu.

Untuk cara lainnya, kamu bisa masuk ke dalam dashboard TikTok Shop, kemudian pilih Manage Products. Kamu akan melihat harga dan perolehan komisi milikmu.

Setelah mengetahui tentang Affiliate Marketing, contoh Affiliate Marketing, hingga cara mendaftar Affiliate Marketing di aplikasi TikTok, apakah kamu tergiur untuk mencoba mendaftar dan terjun ke dunia bisnis Affiliate Marketing? Kamu bisa memulai dengan menemukan beragam brand affiliate di Accesstrade dalam 1 dashboard saja , cek disini 

Baca Juga: Rangkuman Lengkap Jenis Bisnis Online Untuk Pemula Terlengkap, Affiliate marketing paling diminati

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023