ACCESSTRADE Indonesia

Contoh Affiliate Marketing yang Bagus Serta Tips Menjalankannya di Youtube

Admin
affiliate marketing Dec 28, 2022

Baca Juga: 10 Strategi Cara Menjadi Affiliate Yang sukses, Raih jutaan rupiah lewat Accesstrade Affiliate

Daftar Isi

Contoh Kategori Affiliate Marketing di Indonesia yang Bagus untuk dicoba

Affiliate Marketing bisa berkembang di Indonesia dari waktu ke waktu. Hal ini dikarenakan bisnis Affiliate Marketing sangat mudah untuk dilakukan oleh berbagai kalangan terutama para kaum awam. Banyak sekali contoh Affiliate Marketing yang ada di dunia, khususnya di Indonesia.

Selain itu, bisnis Affiliate Marketing banyak dilirik karena untuk menjalankannya tidak membutuhkan modal. Anda hanya memerlukan smartphone dan koneksi internet saja untuk bisa menjadi Affiliate Marketer.

Di Indonesia terdapat banyak kategori perusahaan yang memiliki program Affiliate Marketing yang bagus dengan komisi yang menggiurkan. Simak contoh Affiliate Marketing di bawah.accesstrade

Accesstrade

Perusahaan besar di Indonesia yang mempunyai spesialisasi di bidang Affiliate Marketing adalah Accesstrade.

Accesstrade seperti pilar yang menaungi berbagai macam merek hingga perusahaan ternama di Indonesia dalam memfasilitasi kebutuhan Affiliate Marketing. Anda hanya perlu mendaftar di satu website milik Accesstrade, setelah itu bisa memilih akan mempromosikan produk dari merchant mana saja.

Banyak orang menggunakan Accesstrade karena keunggulan tersebut, selain itu juga perusahaan ini menyediakan berbagai macam jenis untuk mendapatkan komisi. Pertama CPS (Cost per Sale), sebagai Affiliate Marketer Anda akan mendapatkan komisi ketika calon pembeli melakukan transaksi pembelian produk dari link referral milik Anda.

Kedua ada CPC (Cost per Click), Anda akan mendapatkan komisi ketika calon pembeli melakukan aktifitas klik tautan dari referral Anda yang mengarahkan ke halaman tujuan. Ketiga CPL (Cost per Lead), komisi bisa Anda dapatkan ketika calon pembeli melakukan aktifitas registrasi atau mengunjungi suatu website.

Terakhir adalah CPI (Cost per Install), Anda akan mendapatkan komisi ketika calon pembeli menginstall suatu aplikasi. Jika Anda tertarik untuk bergabung bersama Accesstrade untuk mendapatkan banyak keuntungan, daftar di sini.

Affiliate Marketing Marketplace

Saat ini berbelanja tak harus ke luar rumah, di dalam rumah Anda bisa belanja apa saja dan kapan saja. Hal ini dikarenakan maraknya Marketplace di Indonesia yang mempermudah masyarakat untuk belanja kebutuhan sehari-hari.

Salah satu yang menjadi faktor Marketplace laku digunakan di Indonesia adalah karena menggunakan sistem promosi Affiliate Marketing untuk menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat. Beberapa Marketplace di Indonesia yang menjadi contoh Affiliate Marketing adalah Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, dan masih banyak lagi.

Berbagai marketplace tersebut memiliki ketentuan dan komisi yang berbeda-beda. Namun, Anda bisa dengan leluasa menjelajahi banyak produk untuk dipromosikan. Mulai dari kebutuhan primer hingga kebutuhan tersier bisa Anda promosikan ke berbagai kanal media seperti salah satunya YouTube.

Affiliate Marketing Travel

Tak hanya marketplace, para perusahaan yang berfokus kepada travel di Indonesia juga mempunyai contoh Affiliate Marketing sebagai salah satu strategi untuk menjadikan usaha mereka yang nomor satu.

Perusahaan seperti Traveloka, Tiket.com, dan Agoda memiliki ketentuan masing-masing bagi calon Affiliate Marketer yang ingin bergabung. Masing-masing perusahaan tersebut memiliki keuntungan yang berbeda juga. Namun, secara garis besar keunggulan dari sistem Affiliate Marketing mereka banyak menawarkan keuntungan yang cukup menarik.

Untuk bergabung menjadi Affiliate Marketer dari perusahaan travel ini, Anda hanya perlu mendaftarkan diri di website atau bisa mendaftar melalui Accesstrade. Setelah itu, Anda bisa memulai untuk melaksanakan tugas yang diberikan oleh perusahaan tersebut.

Biasanya, perusahaan Travel memiliki komisi berbeda untuk setiap produknya seperti pesawat, hotel, kereta api, hingga tiket event atau konser. Jika sedang memiliki program atau campaign yang sedang berlangsung, Anda bisa berkesempatan untuk travelling gratis!

Affiliate Marketing Hosting

Siapa sangka jika penyedia hosting juga membuka peluang untuk Anda bergabung menjadi Affiliate Marketing nya? Perusahaan dan situs apa saja yang menjadi contoh Affiliate Marketing di bidang ini?

Baik campaign affiliate hosting dari lokal maupun luar negeri bisa Anda pilih untuk dijadikan bisnis. Beberapa perusahaan hosting yang  menyediakan Affiliate Marketing adalah Hostinger, Niagahoster, Rumahweb, Exabytes, dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir atau log in.

Komisi Affiliate Marketing yang ditawarkan dari perusahaan hosting bisa dibilang cukup besar, yaitu hingga 70% dari transaksi yang berhasil. Angka tersebut terbilang fantastis karena di perusahaan Marketplace komisi terbesarnya biasanya hanya 10%.

Namun, untuk mendapatkan komisi besar maka harus diimbangi dengan usaha yang sama besarnya. Menjalankan bisnis Affiliate Marketing milik perusahaan hosting relatif sulit karena produknya bukan kebutuhan yang diperlukan oleh banyak orang.

Agar bisnis Affiliate Marketing Anda berjalan lancar dan menghasilkan komisi yang besar, banyak upaya yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah promosi dengan benar dan sesuai target. Di dalam promosi tersebut Anda bisa mengeksplor berbagai cara dan strategi yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan membuat testimoni melalui kanal Youtube.

youtuber

10 Tips Affiliate Marketing melalui Youtube

Anda bisa melakukan optimalisasi promosi produk melalui kanal Youtube, bagaimana caranya? Ikuti 10 cara kerja beserta tipsnya di bawah.

Menentukan Target Pasar

Selalu ingat langkah awal yang perlu Anda lakukan untuk menjalankan bisnis khususnya Affiliate Marketing adalah menentukan target pasar.

Cari tahu info mengenai keterkaitan antara produk-produk yang akan Anda promosikan dengan target pasar yang akan dituju dan yang sudah Anda miliki (followers).

Buat rincian mengenai target pasar Anda, misalkan cari tahu mengenai gender, usia, pekerjaan, hingga alamat tinggal (misal, negara).

Jika Anda sudah mempunyai akun Youtube, hal tersebut bisa dilihat pada bagian Analisis di Youtube Studio. Pada fitur Analisis, Anda bisa menemukan banyak data yang bisa dijadikan bahan riset sebelum membuat video.

Mendalami Produk

Saat akan mempromosikan produk, Anda harus mengetahui lebih dalam mengenai detail-detail tentang produk tersebut.

Cari tahu lebih detail untuk diinfokan ke produk atau bisa gunakan kata-kata yang kiranya bisa menarik orang untuk membeli. Namun, baiknya jangan terlalu melebih-lebihkan produk karena kepercayaan dari calon pembeli sangatlah penting untuk menjaga kestabilan bisnis Affiliate Marketing Anda.

Membuat Video Review Produk

Setelah itu, buatlah video review produk dan tayangkan di Youtube. Namun, sebelum itu Anda perlu membuat brief, bullet-point (didapat dari brief), hook (mirip iklan singkat), isi atau tubuh video, dan midpoint engagement.

Sebagai catatan, midpoint engagement merupakan strategi yang bisa dilakukan agar penonton tidak bosan menonton. Anda bisa  memberikan pertanyaan kepada penonton seperti, “kalian ada yang pernah coba produk ini juga?” atau “coba tulis di kolom komentar, kalian sekarang pakai produk apa di rumah?”. Lakukan interaksi seolah-olah Anda dan penonton adalah teman dan dekat.video editing

Pemilihan Konten dan Judul yang Menarik

Saat mengunggah video review ke Youtube, pikirkan bagaimana caranya orang tertarik untuk menonton, salah satunya dengan pemilihan judul dan pemberian tag yang benar.

Cari judul yang bombastis atau terkesan lebay namun tetap mengedepankan fakta (bukan hoaks) agar menarik. Misalnya, “TALENAN 500 RIBU, YANG PAKAI BERASA JADI SULTAN!” atau “SEPEDA MURAH TAPI GAK MURAHAN, 1 JUTA BAGUS GAK YA?”.

Selain itu, Anda perlu memperhatikan juga tag di dalam video review agar semakin besar peluang orang menonton video Anda.

Buat Video Versi Short

Jika Anda sudah selesai membuat video review, jangan lewatkan kesempatan untuk membuat video versi short. Buat video 15 detik terbaik agar orang tertarik menonton dan mengunjungi kanal Youtube milik Anda. Short pada Youtube bisa Anda isi dengan teaser untuk mengarahkan ke video inti.

Berikan CTA (Call to Action) di Deskripsi

Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah berikan CTA atau Call to Action di deskripsi video review. Sertakan link produk yang Anda review dan arahkan penonton agar membeli produk tersebut melalui link referral Anda.

Jika tercatat ada transaksi pembelian dari link referral milik Anda, maka komisi akan mengalir ke kantung Anda.youtube analytic

SEO Youtube

Sebagai Affiliate Marketer, Anda perlu mempelajari dan mengetahui SEO di Youtube. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui video apa yang akan dan sedang trending atau viral.

Lakukan riset mulai dari kata kunci, tag, judul, dan lain-lain. Anda bisa pelajari mengenai SEO di berbagai website.

Ikuti Panduan dari Youtube

Langkah selanjutnya adalah ikuti panduan dari pihak Youtube. Hal ini dikarenakan untuk menjaga kesehatan kanal Youtube milik Anda, khususnya video-video yang sudah Anda unggah. Pastikan agar konten yang Anda buat tidak melanggar panduan Youtube.

Jika melanggar, video yang sudah Anda unggah bisa terhapus dan lebih parahnya lagi kanal milik Anda akan dihapus secara permanen.

Bagikan Link Video

Agar video review banyak ditonton, bagikan link ke berbagai media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, Instagram, dan masih banyak lagi. Semakin banyak orang menonton video Anda, semakin besar kemungkinan orang untuk membeli produk dari link referral Anda.

Konsisten

Terakhir, adalah konsisten dan tidak mudah menyerah menjadi kunci sukses menjalankan bisnis Affiliate Marketing dengan cara mempromosikan di Youtube. Anda harus konsisten dalam membuat video review produk, sering membuat video, dan terus lakukan evaluasi agar menjadi Affiliate Marketer yang sukses.kesimpulan

Kesimpulan

Setelah mengetahui mengenai contoh Affiliate Marketing, mulai dari cara kerja hingga bagaimana mempromosikan produk sebagai Affiliate Marketer di Youtube dapat disimpulkan bahwa ada banyak sekali contoh Affiliate Marketing di Indonesia. Kemudian, menjalani bisnis sebagai Affiliate Marketer perlu ilmu untuk mengetahui dari dasar hingga dalam agar mendapatkan keuntungan.

Berbagai media sosial bisa Anda jadikan senjata untuk mempromosikan produk dan menggaet calon pembeli. Selain itu, Anda juga secara tidak langsung memberikan edukasi kepada penonton.

Anda juga mempelajari hal-hal baru seperti pengenalan mengenai cara kerja Youtube, pengeditan video, tren yang sedang berlangsung, dan lain sebagainya.

Jika Anda sudah terjun ke dunia bisnis Affiliate Marketing, cobalah untuk mempromosikan produk di Youtube untuk melebarkan sayap dan membuka peluang lebih besar agar banyak orang yang melakukan transaksi pembelian dari link referral Anda.

Baca Juga: Begini Cara Daftar Affiliate Aliexpress, Hasilkan Dollar Tanpa Modal!

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023