ACCESSTRADE Indonesia

Mau Memulai Bisnis Affiliasi? Baca Panduan dan Pahami Istilahnya Hanya di Sini!

Admin
affiliate marketing Nov 25, 2022

Baca Juga: Rekomendasi Cara Melakukan Afiliasi Pemasaran Accesstrade Indonesia

Affiliate marketing sebagai salah satu bentuk pemasaran digital yang memberikan banyak keuntungan, baik para pemilik brand atau perusahaan hingga para konsumen. Bagi anda yang sering kali berbelanja online, kini anda juga menghasilkan cuan dari e-commerce tempat anda berbelanja atau beberapa brand yang sering anda beli. Di Indonesia saja, sudah banyak sekali terdapat program affiliate marketing, namun para pelakunya (affiliator) belum sebanyak itu. 

Hal tersebut terjadi karena masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana sebuah program affiliate marketing berjalan, siapa yang terlibat di dalamnya, hingga istilah-istilah dalam dunia affiliasi, dan mungkin anda adalah salah satunya. Artikel ini sangat cocok bagi anda yang sedang ingin memulai program affiliate marketing, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan anda mengenai bisnis digital baru yang memberikan cuan ini.

Daftar Isi

Bagaimana cara kerja affiliate marketing?

cara kerja

Sejatinya, cara sebuah program affiliate marketing cukup sederhana, anda hanya perlu memastikan orang melakukan transaksi menggunakan link afiliasi atau kode referal anda. Namun, tetap saja anda harus memahaminya terlebih dahulu sebelum memulai agar apa yang anda lakukan lebih efektif dan penghasilan anda semakin besar. Berikut adalah step by step cara sebuah program affiliate marketing bekerja.

 

  • Daftar sebuah program affiliate marketing

 

Tentu sebelum memulai, hal yang perlu anda lakukan adalah mendaftarkan diri anda pada sebuah program afiliasi. Ada banyak sekali program afiliasi yang dapat anda pilih, perlu dipahami bahwa setiap perusahaan memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Jadi, pastikan anda membaca dan memahami terlebih dahulu syarat dan ketentuan program afiliasi yang anda pilih. 

Biasanya, perusahaan membuka pendaftaran program afiliasi melalui website resminya. Untuk menemukan daftar program afiliasi yang tersedia, anda dapat menggunakan keyword “affiliate marketing (nama perusahaan)” pada mesin pencarian anda. Sebagai contoh, jika anda ingin mendaftar pada program afiliasi shopee, anda hanya perlu mengetikkan “affiliate marketing shopee” dan menuju ke laman resminya untuk mendaftarkan diri anda.

Saat mendaftar, anda diminta untuk mengisi beberapa informasi pribadi, hal ini berkaitan juga dengan metode pencairan dana anda. Jadi, pastikan anda mengisi informasi yang benar. Setelah mendaftar, anda harus menunggu akun anda diverifikasi terlebih dahulu sebelum memulai pekerjaan anda sebagai affiliator.

 

  • Bagikan link afiliasi anda

 

Setelah akun anda terverifikasi, anda sudah bisa melakukan pekerjaan anda sebagai affiliator. Anda akan mendapatkan link afiliasi terhadap produk-produk yang tersedia di program affiliate marketing yang anda daftarkan. Setelah mendapatkan link, anda bisa memulai membagikan link afiliasi tersebut ke berbagai media promosi yang anda miliki agar orang melakukan transaksi melalui link afiliasi anda.

Pada tahapan ini kemampuan anda dalam mempromosikan produk dibuktikan. Pastikan saat menyebar link afiliasi, anda juga mendukungnya dengan berbagai konten yang menarik. Misalnya pada sebuah blog anda perlu memperhatikan SEO pada penulisan ulasan produk afiliasi, sehingga calon konsumen mudah menemukan link produk anda. 

Jika menggunakan media sosial anda dapat lebih mudah menarik hati calon konsumen dengan menyajikan konten menarik yang berhubungan dengan produk anda. Pada media sosial, anda bisa membuat sebuah konten video yang berisi deskripsi dan ulasan produk. Namun, pastikan bahwa produk yang anda promosikan sesuai dengan minat para followers anda.

 

  • Orang mengklik atau bertransaksi melalui link afiliasi anda

 

Setelah anda menyebarluaskan link afiliasi anda ke banyak platform, yang perlu anda lakukan hanya bersabar dan memastikan orang mengklik atau bertransaksi melalui melalui link afiliasi anda. Anda perlu bersabar dan komitmen dalam menyebarkan link afiliasi anda. Rajin lah untuk merepost konten anda agar orang semakin sering melihat dan tertarik untuk mengklik link afiliasi anda.

 

  • Transaksi terjadi dan dicatat oleh affiliate network

 

Setelah transaksi terjadi nantinya akan dicatat oleh affiliate network. Ada berbagai transaksi yang dapat tercatat, tergantung pada ketentuan perusahaan tempat anda mendaftarkan program afiliasi. Jika anda memilih program afiliasi yang dihitung berdasarkan klik (Cost per click), maka setiap orang yang mengklik dan mengunjungi halaman produk melalui link anda, transaksi akan tercatat. Jika anda memilih program afiliasi yang dihitung berdasarkan penjualan (Cost per sale), maka setiap orang yang membeli produk melalui link afiliasi anda, pembelian tersebut akan tercatat.

 

  • Transaksi dikonfirmasi oleh perusahaan atau penjual

 

Setelah berbagai transaksi terjadi, perusahaan akan mengkonfirmasi transaksi tersebut sebelum memberikan komisi kepada anda. Jika transaksi yang dihitung adalah per penjualan, maka komisi akan diberikan setelah produk diterima oleh konsumen. Jadi, anda juga perlu bersabar pada tahap ini.

 

  • Nikmati komisi anda

 

Setelah seluruh transaksi dikonfirmasi, makan anda sudah siap menerima dan menikmati komisi anda. Komisi memiliki nominal yang berbeda-beda, biasanya dihitung menggunakan persentase dari harga jual produk, dan persentasenya juga beragam, tergantung pada ketentuan perusahaan. Misalnya, ada perusahaan yang memberikan 5% komisi pada setiap transaksi dan ada juga yang memberikan 10% untuk tiap transaksi. Jadi, jika ingin mendapatkan komisi yang besar, anda perlu mendaftarkan diri anda pada program afiliasi yang menawarkan persentase besar untuk setiap transaksi yang terjadi. 

Begitu juga dengan pencairan komisi, setiap program afiliasi memiliki ketentuan yang berbeda. Biasanya perusahaan memberikan minimal jumlah komisi sebelum anda bisa mencairkannya ke rekening anda. Misalnya, perusahaan mempunyai minimal pencairan komisi sejumlah Rp 50.000, maka jika belum mencapai jumlah tersebut, komisi anda belum bisa dicairkan.

Siapa saja yang terlibat dalam program afiliasi?

pihak terlibat

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja affiliate marketing, anda juga perlu mengetahui siapa saja yang terlibat dalam sebuah program afiliasi. Ada 3 (tiga) pihak yang terlibat, di antaranya adalah:

Produsen (Pemilik Produk atau Jasa)

Dalam program afiliasi, yang disebut dengan produsen adalah mereka yang memiliki produk atau jasa yang diperjual-belikan dan akan dipromosikan oleh afiliator. Produsen bisa saja perusahaan, vendor, dan e-commerce itu sendiri.

Afiliator

Afiliator adalah orang yang mendaftarkan dirinya dalam program affiliate marketing. Dalam hal ini, afiliator bertugas untuk mempromosikan produk atau jasa milik produsen (pemilik program afiliasi) kepada calon konsumen.

Konsumen

Dalam program afiliasi, konsumen adalah mereka yang dijadikan target promosi oleh afiliator. Konsumen juga bukan hanya berarti orang yang membeli produk, tetapi bisa saja mereka yang hanya meng-klik link afiliasi yang dibagikan oleh afiliator.

 

Mengenal istilah-istilah dalam affiliate marketing

mengenal istilah

Dalam sebuah program affiliate marketing, selain pihak yang terlibat, terdapat juga beberapa istilah yang mungkin terdengar asing pada telinga anda. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dari istilah-istilah tersebut guna memudahkan anda menjalankan program afiliasi yang anda ikuti. Berikut adalah istilah-istilah yang biasa digunakan dalam program afiliasi.

Klik

Istilah ini biasa digunakan pada jenis komisi yang dihitung berdasarkan berapa banyak orang mengklik link afiliasi anda. Lantas, apakah sesederhana itu? Sebetulnya tidak sesederhana itu. Anda juga perlu memahami bahwa setiap harinya perusahaan membatasi kuota klik. Jadi anda hanya akan mendapat komisi sejumlah dengan kuota tersebut. Jika berlebih, maka sisanya tidak akan dihitung sebagai komisi. 

Approved action

Action yang dimaksud dalam program afiliasi juga memiliki banyak jenisnya, dan berhubungan dengan program afiliasi yang anda ikuti. Yang termasuk ke dalam action di antaranya adalah klik, pembelian, install, dan sebagainya. Hal ini berarti istilah “approved action” adalah action yang telah dikonfirmasi oleh perusahaan. Approved action berhubungan dengan komisi yang anda akan terima, banyaknya jumlah approved action menentukan berapa banyak komisi yang akan anda terima.

Konversi

Istilah konversi atau biasa disebut Conversion Rate (CVR) merupakan perbandingan antara pengunjung website yang melakukan action dengan pengunjung yang melakukan penjelajahan (exploring) web yang dituju atas permintaan atau saran dari isi konten penjual dan pengiklan.

Impression

Selanjutnya adalah istilah impression, yang mungkin sudah sering anda dengar. Namun, dalam affiliate marketing impression memiliki arti yang berbeda. Impression dalam affiliate marketing berarti seberapa sering web produk anda dikunjungi oleh konsumen. Impression sangat penting dalam dunia afiliasi sebab menunjukkan seberapa sering iklan diminta dan dilihat dari server.

Mengoptimasi konten media sosial

optimasi

Seperti yang sudah disampaikan, bahwa media sosial merupakan sebuah media promosi yang paling mudah dan efektif untuk digunakan. Tanpa perlu membuat yang baru, anda dapat menggunakan media sosial pribadi anda untuk mempromosikan produk afiliasi. Namun, anda perlu mengoptimalkan konten yang anda unggah pada media sosial, anda perlu menyajikan konten yang berkualitas.

Kualitas yang dimaksud, bukan hanya soal cara pembawaan atau produk yang berkualitas, lebih dari itu adalah bagaimana anda menyajikan konten dengan produksi yang berkualitas. Misalnya, jika anda menggunakan Tiktok untuk mempromosikan produk, selain gaya pemasaran yang menarik, kualitas audio dan video yang anda sajikan juga harus bagus. Hal tersebut akan membuat konsumen melihat anda sebagai affiliator yang niat dan semakin yakin untuk bertransaksi melalui link afiliasi anda. 

Selain itu, anda juga harus menyesuaikan produk yang anda promosikan dengan minat followers media sosial anda. Hal ini akan memudahkan anda menarik hati calon konsumen terhadap produk anda, sebab produk yang anda promosikan adalah produk yang diminati atau dibutuhkan oleh followers anda.

Sharelink afiliasi anda di mana saja

Anda dapat menggunakan seluruh media sosial anda untuk mempromosikan produk, perusahaan tidak membatasi media promosi. Jadi, sebarkan link afiliasi anda di mana saja. Semakin banyak media yang anda gunakan, memungkinkan anda meraup keuntungan semakin banyak pula. Berikut adalah cara anda membagikan link afiliasi ke berbagai media sosial melalui program afiliasi Accesstrade.

Kunjungi laman Accesstrade dan daftarkan diri anda

Daftarkan diri anda

Untuk memulai, yang perlu anda lakukan adalah mengunjungi laman resmi Accesstrade dan daftarkan diri anda sebagai affiliator. Anda perlu mengisi beberapa data untuk memenuhi persyaratan pendaftaran, seperti e-mail, nomor handphone, dan membuat password.

Pilih program afiliasi yang ingin anda ikuti

Pilih program

Setelah terdaftar, anda akan diarahkan ke dalam laman berisi segudang program afiliasi yang bisa anda ikuti. Anda dapat memilih program afiliasi sesuai dengan keinginan anda, syarat dan ketentuan program afiliasi juga tertera dalam laman tersebut. Sebagai contoh, anda dapat memilih program afiliasi dari Zalora seperti pada gambar.

Bagikan ke seluruh media sosial anda

Bagikan ke seluruh media sosial anda

Setelah memilih program afiliasi, anda dapat mulai membagikan link afiliasi atau kode referral anda. Silahkan klik kolom bagikan dan anda sudah bisa membagikannya ke berbagai platform media sosial yang anda miliki. Dalam Accesstrade anda dapat langsung menghubungkan dan membagikan link ke Twitter, Facebook, Telegram, dan Whatsapp. 

Selain media sosial tersebut, anda tetap dapat membagikannya ke media sosial anda yang lain seperti Youtube, Instagram, dan Tiktok, anda hanya perlu mengklik copy dan berpindah ke media sosial yang anda inginkan untuk membagikan link afiliasi anda. Hal tersebut sangat memudahkan kerja anda sehingga menjadi lebih efektif.

Namun, perlu diperhatikan bahwa yang dibagikan baru berisi link saja, sehingga anda harus menambahkan lagi konten-konten yang mendukung. 

Itulah serangkaian panduan dan istilah yang dapat membantu anda menjalankan program afiliasi sebagai pemula. Optimalkan media sosial anda sebagai media promosi, dan pilih Accesstrade sebagai network untuk menjalankan program afiliasi guna kemudahan menjalankan program affiliate marketing dan meraup keuntungan yang lebih besar darinya.

 

Baca Juga: Simak 6 Cara Pemasaran Menggunakan Afiliasi, Program Yang Efektif dan Menguntungkan di Accesstrade

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023