ACCESSTRADE Indonesia

Ini Lho, Perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing

Admin
affiliate marketing Nov 03, 2020

Baca Juga: Rangkuman Lengkap Jenis Bisnis Online Untuk Pemula Terlengkap, Affiliate marketing paling diminati

Meski terkesan sama, namun digital marketing dan internet marketing merupakan dua istilah yang jauh berbeda. Sekalipun keduanya sama-sama mengandung kata marketing dan berhubungan erat dengan pemasaran. Sebelum akhirnya populer istilah digital marketing, internet marketing menjadi istilah yang lebih dulu dikenal dan digunakan oleh para marketer. Lantas, apa perbedaan diantara keduanya? Jika kamu juga menanyakan hal ini, simak ulasan perbedaan digital marketing dan internet marketing berikut ini.

Daftar Isi

Digital Marketing

Jika Anda melakukan strategi dengan memanfaatkan teknologi digital, apa yang Anda lakukan bisa dibilang sebagai digital marketing. Berdasarkan kalimat tersebut, bisa dikatakan bahwa digital marketing memiliki lingkup yang cenderung lebih luas. Proses yang dibutuhkan untuk melakukan digital marketing terbilang lebih luas, mengingat digital marketing tidak semata-mata ingin menarik konsumen saja.

Terlepas dari tujuan itu, digital marketing sering dimanfaatkan untuk meningkatkan citra dan brand awareness sebuah brand. Di sisi lain, digital marketing pun tidak semata-mata hanya berbicara mengenai pemasaran menggunakan jaringan internet saja. Apa yang Anda lakukan masih bisa disebut melakukan strategi digital marketing saat melakukan promosi menggunakan media TV.

Internet Marketing

Berbeda dengan digital marketing yang cenderung memiliki pengertian luas, internet marketing memiliki pengertian yang lebih sempit. Di mana segala bentuk promosi yang memanfaatkan internet bisa disebut dengan internet marketing. Pemanfaatan media yang sedang begitu trend ini membuat internet marketing seringkali digunakan oleh para pemilik bisnis. Beberapa contoh internet marketing diantaranya seperti email marketing, Google Ads, Instagram Ads, Video di Youtube, dan masih banyak lagi.

Pemanfaatan internet ini digunakan oleh para marketer untuk menarik konsumen sebanyak mungkin. SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) merupakan dua hal yang sangat penting dan bisa menunjang suksesnya internet marketing. Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan internet marketing, ada baiknya jika Anda memahami SEO dan SEM terlebih dahulu.

Berdasarkan ulasan singkat yang telah disebutkan di atas, kini Anda sudah tidak lagi bingung perbedaan diantara keduanya, kan? Sederhananya, internet marketing merupakan salah satu bagian dari digital marketing. Sedangkan strategi pemasaran digital lainnya yang tak memanfaatkan internet tidak bisa Anda sebut sebagai internet marketing. Apapun yang Anda jadikan pilihan untuk membuat strategi pemasaran, keduanya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda!

Baca Juga: Rangkuman Lengkap Memulai Bisnis Affiliate untuk Kaum Rebahan Terlengkap

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023