ACCESSTRADE Indonesia

Rekomendasi Cara Melakukan Afiliasi Pemasaran Accesstrade Indonesia

Admin
affiliate marketing Dec 26, 2022

Baca Juga: Begini Cara Daftar Affiliate Aliexpress, Hasilkan Dollar Tanpa Modal!

Daftar Isi

Langkah - langkah yang harus dilakukan sebagai seorang afiliasi

Ketika anda telah memutuskan untuk menjalankan program afiliasi pemasaran sebagai seorang afiliasi, anda perlu melakukan beberapa langkah agar apa yang anda lakukan dapat memberikan banyak keuntungan. Mudahnya, sebagai seorang afiliasi tugas dan kewajiban anda ialah mempromosikan produk afiliasi yang anda pilih. Namun, ada beberapa langkah spesifik yang perlu anda jalankan. Berikut adalah langkah agar anda mengetahui cara melakukan afiliasi pemasaran yang menguntungkan.

  • Daftarkan diri anda pada program afiliasi Accesstrade Indonesia

Saat ini, terdapat banyak sekali program afiliasi pemasaran yang tersedia dan bisa anda ikuti, mulai dari produk financial, e-commerce, hingga tiket dan travel. Saat memutuskan menjadi seorang afiliasi, penting bagi anda untuk memilih program afiliasi yang paling mudah, sebab hal ini akan memudahkan anda memilih cara melakukan afiliasi pemasaran yang paling cocok untuk anda. Hal tersebut akan membuat kegiatan promosi anda berjalan dengan maksimal dan pastinya menarik perhatian audiens. 

Anda bisa memilih Accesstrade Indonesia sebagai tempat anda memulai perjalanan sebagai seorang afiliasi. Anda bisa memilih Accesstrade sebab Accesstrade merupakan sebuah jaringan afiliasi pemasaran dengan ragam program afiliasi pemasaran di dalamnya, mulai dari financial hingga e-commerce. Jadi, anda dapat menjalankan banyak jenis program afiliasi dalam waktu yang bersamaan tanpa perlu mendaftarkan lagi pada setiap program. 

Selain itu, Accesstrade juga memberikan banyak fitur yang akan sangat membantu, terlebih jika anda adalah seorang pemula, ada Accesstrade Academy yang akan memberikan kursus pembelajaran mengenai dunia afiliasi, serta Inpages yang dapat membantu anda mengumpulkan link produk afiliasi dalam satu halaman. Tertarik menjadi afiliasi dalam Accesstrade Indonesia? Anda bisa mendaftarkan diri anda di sini.

  • Pilih media promosi yang paling mudah untuk anda

Untuk dapat memasarkan produk afiliasi, perusahan tidak pernah membatasi media promosi yang anda pilih, baik itu blog, media sosial, hingga Youtube, anda bebas memilih media promosi sesuai dengan kecakapan yang anda miliki. Jika anda gemar menulis, maka blog adalah media promosi yang paling cocok. 

Jika anda adalah orang yang percaya diri dan terbiasa berbicara di depan kamera, maka Youtube adalah media promosi terbaik untuk anda. Jika anda adalah orang yang aktif bersosialisasi melalui media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook, maka media sosial adalah media promosi terbaik untuk anda. Jadi, tentukan lah cara melakukan afiliasi pemasaran yang paling mudah dengan memilih media promosi yang paling cocok untuk anda. 

  • Buat konten menarik mengenai produk afiliasi anda

Setiap media promosi tentu memiliki format konten yang berbeda-beda. Oleh karena itu, setelah anda memilih media promosi langkah yang selanjutnya anda lakukan adalah membuat konten menarik mengenai produk afiliasi anda agar audiens tertarik untuk bertransaksi melalui link afiliasi anda. 

Jika anda menjadikan blog sebagai media promosi maka anda dapat membuat tulisan ulasan mengenai produk dilengkapi dengan pengalaman dan penilaian anda terhadap produk tersebut. Kemudian jika anda memilih media sosial, anda dapat membuat konten seperti video unboxing produk dilengkapi dengan impresi anda terhadap produk tersebut, atau anda juga bisa membuat video rekomendasi produk melalui media sosial anda. Dan jika anda memilih Youtube, maka anda bisa lebih leluasa membuat video dengan durasi yang panjang, mulai dari video ulasan mendetail, tutorial, hingga vlog anda bersama dengan produk tersebut.

Cara melakukan afiliasi pemasaran melalui Youtube

Seperti yang sudah disampaikan, bahwa terdapat banyak cara melakukan afiliasi pemasaran yang dapat anda lakukan, termasuk memilih media promosi. Youtube sebagai sebuah platform audio-visual kini semakin ramai dijadikan media promosi oleh seorang afiliasi. Beberapa alasan memilih Youtube sebagai media promosi di antaranya adalah kemudahan membuat channel pribadi hingga tidak terbatasnya durasi video yang dapat diunggah.

Sebagai seorang afiliasi anda dapat membuat channel milik anda sendiri yang dikhususkan untuk mempromosikan produk afiliasi anda. Melalui channel Youtube tersebut anda dapat memulai untuk membuat beragam konten video untuk menarik minat beli audiens anda. Beberapa konten yang paling diminati di antaranya adalah video review produk, video tutorial, dan video rekomendasi. Kelebihan lain dari Youtube adalah anda bisa menyajikan visual yang lengkap dan detail sehingga penonton benar-benar dapat mengerti produk yang anda promosikan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat konten di Youtube, seperti kualitas audio dan video, cara penyampaian, hingga pembuatan judul yang menarik dan sesuai kata kunci agar video anda muncul di pencarian. Penerapan strategi tersebut dapat memungkinkan langkah promosi anda menjadi lebih baik, semakin banyak yang menonton maka kemungkinan orang bertransaksi juga akan semakin tinggi.

Cara melakukan afiliasi pemasaran melalui media sosial

Selain Youtube, terdapat platform lain yang juga bisa memiliki format audio-visual bahkan lebih bervariasi, yakni media sosial. Media sosial kini menjadi alternatif cara melakukan afiliasi pemasaran paling mudah yang dapat anda gunakan, sebab hampir semua orang saat ini aktif menggunakan media sosial. Beberapa media sosial yang paling banyak digunakan saat ini adalah Instagram, Twitter, Facebook, dan Tiktok.

Dari banyaknya media sosial tersebut anda bisa memilih media sosial apa yang akan anda gunakan untuk mempromosikan produk, atau lebih baik jika anda bisa menggunakan seluruh media sosial untuk promosi sehingga untung yang anda dapatkan akan semakin banyak. Ada satu hal yang perlu diperhatikan saat menjadikan media sosial sebagai media promosi, yakni followers atau jumlah orang yang mengikuti akun anda, pastikan anda memiliki banyak followers sehingga jumlah calon konsumen yang akan bertransaksi akan semakin banyak pula.

Jika anda adalah orang yang sering mengabadikan kegiatan anda, maka Instagram adalah media sosial yang cocok anda gunakan. Terlebih saat ini Instagram memiliki segudang fitur yang dapat membantu kegiatan promosi, seperti Instagram reels, Instagram story, hingga fitur seperti shortlink stiker yang bisa anda gunakan untuk menyebarkan link produk. Selain Instagram, Twitter juga bisa anda jadikan alternatif, terlebih jika anda adalah orang yang mampu menulis, anda bisa membuat Thread berisi rekomendasi produk pada Twitter anda. 

Terakhir adalah Tiktok, sebuah media sosial yang sejak tahun 2020 hingga kini semakin banyak jumlah penggunanya. Melalui algoritmanya, memungkinkan video anda dapat muncul pada timeline atau yang lebih dikenal dengan sebutan FYP orang lain tanpa perlu mengikuti akun anda terlebih dahulu. Saat ini, bisa dibilang Tiktok menjadi media sosial paling mudah untuk anda mempromosikan produk afiliasi ke banyak orang tanpa perlu memikirkan jumlah followers. 

Cara melakukan afiliasi pemasaran melalui blog

Selain Youtube dan media sosial ada satu media promosi yang sudah ada sejak lama, yakni Blog. Blog merupakan sebuah media di mana anda bisa mengunggah karya tulisan. Semula blog hanya digunakan untuk menulis karya sastra hingga karya jurnalistik, namun kini Blog juga bisa menjadi alternatif cara melakukan afiliasi pemasaran yang dapat anda gunakan. Melalui blog, anda bisa mempromosikan produk melalui tulisan berbentuk ulasan terhadap suatu produk hingga tutorial menggunakan produk afiliasi anda.

Blog sangat cocok anda jadikan sebagai media promosi jika anda memiliki kecakapan menulis yang baik, mulai dari gaya penulisan hingga bagaimana anda menjelaskan suatu produk dengan mendetail. Meski memiliki kerumitan yang bisa dibilang lebih rumit dibanding dua media promosi yang lain, ketika anda mampu memaksimalkan penggunaan Blog maka anda bisa meraup keuntungan yang sangat banyak. Ada beberapa cara memaksimalkan penggunaan blog sebagai media promosi, salah satunya adalah memperhatikan SEO pada tulisan yang anda buat. SEO merupakan sebuah sistem pada mesin pencarian di mana ketika terpenuhi memungkinkan tulisan atau blog anda muncul pada hasil pencarian teratas sehingga audiens dan target konsumen yang anda raih akan semakin banyak. 

Selain SEO, hal selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah penggunaan judul, anda harus mampu membuat judul yang menarik serta memposisikan diri sebagai konsumen yang sedang mencari artikel mengenai produk afiliasi anda, sehingga saat audiens mencari artikel mengenai produk artikel anda akan muncul pada urutan teratas. Anda juga bisa menambahkan gambar pendukung pada artikel yang anda buat agar audiens semakin tertarik dengan pembahasan  mengenai produk yang anda promosikan.

Saat ini terdapat banyak pilihan layanan blog yang dapat anda gunakan untuk mempromosikan produk, bahkan blog tersebut dapat anda buat tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Beberapa blog yang dapat anda pilih di antaranya adalah Blogger, Wordpress, Weebly, Tumblr, Wix, dan masih banyak lainnya. Anda dapat memilih layanan yang paling cocok dan mulai membuat blog anda sendiri untuk mempromosikan produk afiliasi anda. Beberapa layanan blog juga memberikan kesempatan untuk anda mendesain halaman blog sesuai keinginan anda.

Kesimpulan

Setelah mengetahui langkah-langkah awal menjadi seorang afiliasi dan berbagai media promosi yang dapat anda gunakan pasti anda semakin memahami bagaimana cara melakukan afiliasi pemasaran dengan mudah dan meraup keuntungan yang besar. Pastikan anda melakukan langkah awal yang tepat agar perjalanan anda sebagai seorang afiliasi berjalan dengan lancar. 

Pilih lah media promosi yang paling sesuai dengan kemampuan yang anda miliki agar kegiatan promosi anda berjalan dengan efektif. Pilih Youtube jika anda adalah orang yang percaya diri tampil di depan kamera, pilih media sosial jika anda aktif berselancar di media sosial dan memiliki pengikut yang banyak, dan pilih lah blog jika anda memiliki kemampuan menulis yang baik. Perlu dipahami bahwa setiap media promosi juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, maka pilih lah media promosi yang paling cocok untuk anda, jika anda mampu menggunakan semua media promosi maka lakukan lah agar anda meraup keuntungan yang semakin besar.

Terakhir, setelah memilih media promosi yang paling cocok, anda juga perlu konsisten dalam membuat konten yang menarik dan selalu berusaha mengembangkan konten yang anda buat agar audiens tertarik untuk bertransaksi melalui link afiliasi milik anda. Segera mulai perjalanan anda menjadi seorang afiliasi, sebab selalu ada cara melakukan afiliasi pemasaran yang mudah dan menguntungkan.

Baca Juga: Begini Cara daftar bisnis Affiliate Marketing Bank Digital Jenius lewat Accesstrade

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023