ACCESSTRADE Indonesia

Terlengkap, Berikut Adalah Deretan Program Affiliate Marketing Dengan Komisi Terbesar

Admin
affiliate marketing Nov 19, 2022

Baca Juga: Solusi Cuan Tambahan Daftar Affiliate Marketing Tokopedia, Komisi jutaan modal sharelink

Bagi kalian yang sering kali menghabiskan waktu untuk berselancar di media sosial pasti sudah tak asing lagi dengan ulasan suatu produk yang disertai link pembelian. Itu lah yang disebut dengan program affiliate marketing, di mana para afiliator, sebutan untuk orang yang mengikuti program affiliate marketing akan memasarkan suatu produk atau jasa dan berharap orang melakukan transaksi melalui link tersebut, yang kemudian akan mendapatkan komisi dari setiap transaksi yang terjadi.

Kebebasan para afiliator untuk menyebarluaskan link afiliasi melalui media yang dimiliki berarti memungkinkan juga afiliator meraup penghasilan affiliate marketing atau komisi sebanyak-banyaknya. Bagi kalian yang ingin terjun ke dalam program affiliate marketing, harus memahami dahulu apa yang dimaksud dari komisi afiliasi dan berapa besaran komisi yang akan didapat dari program yang diikuti.

Daftar Isi

Apa itu komisi atau penghasilan affiliate marketing?

 Komisi penghasilan affiliate marketing

Penghasilan affiliate marketing atau komisi afiliasi sejatinya adalah besaran keuntungan yang akan didapat oleh para afiliator dari setiap transaksi yang terjadi, mulai dari saat link afiliasi di-klik hingga transaksi pembelian terjadi. Besaran komisi yang didapat berbeda-beda, tergantung ketentuan setiap perusahaan atau brand yang mengadakan program affiliate marketing tersebut.

Jenis komisi afiliasi?

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dari komisi atau penghasilan affiliate marketing, anda juga perlu memahami beragam jenis komisi yang bisa anda dapatkan. Setiap perusahaan memberikan komisi afiliasi yang berbeda-beda, terdapat 3 (tiga) jenis komisi yang dapat anda terima yakni:

Per Penjualan

Pada jenis komisi ini, anda baru bisa meraih komisi ketika suatu transaksi pembelian produk terjadi melalui link afiliasi atau kode referal yang anda bagikan. Nantinya, anda akan mendapatkan komisi dari persentase harga produk yang anda promosikan. Jadi, meski pembeli melakukan transaksi melalui link anda, harga yang didapatkan tetap sama dengan harga aslinya, tidak ada peningkatan harga.

Per Lead dan Per Quality Lead 

Berbeda dengan komisi per penjualan, komisi per lead akan anda terima ketika calon konsumen melakukan sebuah program yang dijalankan oleh perusahaan. Contohnya adalah calon konsumen diminta untuk mengisi form, membuat akun, hingga mengunduh file tertentu, ketika konsumen melakukan aktivitas tersebut, anda dapat meraih komisi.

Berbeda dengan komisi Per Lead, komisi Per Quality Lead dilengkapi dengan hal yang lebih kompleks dari komisi per lead. Komisi per quality lead diberikan ketika calon konsumen melakukan hal yang lebih kompleks.

Per Klik

Komisi ini bisa dibilang sebagai jenis komisi yang paling mudah didapatkan. Anda hanya perlu memastikan calon konsumen meng-klik link yang anda bagikan dan anda akan mendapatkan komisinya. Link yang anda bagikan adalah link yang mengarah pada laman produk atau perusahaan milik pemegang program affiliate marketing.

Per Unique Click

Hampir sama dengan komisi per klik, komisi per unique klik diberikan ketika calon konsumen meng-klik salah satu action dalam sebuah halaman (website). Sebagai contoh yang disebut unique click adalah link tautan, tombol suka dan bagikan, tombol halaman profil, atau tombol untuk melihat media yang terdapat pada sebuah halaman (website).

Per Install

Komisi per Install adalah komisi yang biasa diberikan untuk objek promosi sebuah aplikasi, di mana pada setiap install atau unduhan aplikasi yang dilakukan oleh calon konsumen affiliator akan memperoleh keuntungan. Meski, komisi ini terasa lebih kompleks, namun tak sedikit affiliator yang menggunakan jenis komisi ini.

Per Sesi

Komisi per sesi merupakan salah satu komisi yang mudah untuk didapatkan, di mana affiliator hany perlu membuat konsumennya bertahan di dalam sebuah website untuk periode waktu (sesi) yang ditentukan. Sebagai contoh, konsumen masuk ke dalam sebuah halaman (website) dan bertahan dalam website tersebut untuk membaca atau melihat produk selama 2 menit maka affiliator akan mendapatkan komisinya.

Siapa saja yang terlibat dalam program afiliasi?

Pihak yang terlibat dalam program affiliate marketing

Sebelum mengetahui bagaimana komisi dari program affiliate marketing dapat diterima oleh para affiliator, anda harus mengenal dahulu pihak-pihak yang terlibat dalam program affiliate marketing. Terdapat 3 (tiga) pihak yang terlibat dalam setiap program affiliate marketing, yakni:

Produsen (Pemilik Produk atau Jasa)

Dalam program afiliasi, yang disebut dengan produsen adalah mereka yang memiliki produk atau jasa yang diperjual-belikan dan akan dipromosikan oleh afiliator. Produsen bisa saja perusahaan, vendor, dan e-commerce itu sendiri.

Afiliator

Afiliator adalah orang yang mendaftarkan dirinya dalam program affiliate marketing. Dalam hal ini, afiliator bertugas untuk mempromosikan produk atau jasa milik produsen (pemilik program afiliasi) kepada calon konsumen.

Konsumen

Dalam program afiliasi, konsumen adalah mereka yang dijadikan target promosi oleh afiliator. Konsumen juga bukan hanya berarti orang yang membeli produk, tetapi bisa saja mereka yang hanya meng-klik link afiliasi yang dibagikan oleh afiliator.

Bagaimana afiliator dapat meraup komisi?

Daftar affiliate marketing untuk meraih cuan

Setelah mengenal pihak-pihak dalam program afiliasi, berikut adalah tahapan bagaimana para afiliator dapat meruap penghasilan affiliate marketing. Melalui tahapan yang sederhana, begini para afiliator dapat meraup keuntungan:

1. Daftar program afiliasi

Tentu untuk dapat meruap keuntungan atau komisi dari program afiliasi, anda harus terdaftar sebagai afiliator dalam sebuah program affiliate marketing. Biasanya, para pemegang program afiliasi melalui website resmi perusahaannya. Perlu diingat bahwa setiap perusahaan memiliki ketentuannya sendiri pada program afiliasi yang dijalankan. Jadi, pastikan anda membaca dan mengerti ketentuan dari program afiliasi yang anda daftarkan, sebab ketentuan tersebut juga memuat besaran komisi yang akan anda dapat dari setiap transaksi yang terjadi.

2. Promosikan produk afiliasi anda

Setelah mendaftarkan diri anda ke dalam sebuah program afiliasi, tugas anda selanjutnya adalah mempromosikan produk tersebut. Hal tersebut perlu anda lakukan agar anda mendapatkan keuntungan. Nantinya, yang akan anda sebarkan adalah link afiliasi atau kode referal yang akan mencatat transaksi yang terjadi melalui promosi yang anda lakukan. Cara yang paling mudah adalah menyebarkan link tersebut melalui media sosial pribadi anda.

Kemampuan anda menarik hati calon konsumen untuk melakukan transaksi menentukan seberapa banyak keuntungan yang anda dapatkan, untuk itu anda harus membuatnya menarik. Bukan hanya sebuah link yang anda sebarkan, anda juga bisa memberikan ulasan produk atau lebih menarik lagi menggunakan video agar calon konsumen tertarik.

3. Tunggu hingga orang-orang menggunakan link afiliasi anda

Setelah menyebarluaskan link afiliasi atau kode referal anda, yang perlu anda lakukan hanyalah menunggu dan memantau hingga link atau kode anda digunakan oleh orang untuk membeli produk tersebut. Selagi menunggu, anda juga bisa terus menyebarkannya agar pembeli yang menggunakan link atau kode anda semakin banyak, sehingga komisi yang akan anda dapatkan juga lebih banyak.

4. Dapatkan komisi

Setiap transaksi yang terjadi melalui link afiliasi atau kode referal anda, anda akan mendapatkan komisi atau penghasilan affiliate marketing yang anda ikuti. Anda akan langsung mendapatkan komisi dari perusahaan setelah transaksi terjadi.

Perusahaan dengan besaran komisi afiliasi terbesar

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang membuka program affiliate marketing, langkah tersebut dilakukan sebab affiliate marketing menjadi jalan pemasaran produk yang tidak melelahkan, sebab yang memasarkan adalah para afiliator. Meski demikian anda juga perlu pintar memilih program afiliasi yang ingin anda daftarkan agar anda dapat meraup komisi yang besar, sehingga upaya anda mempromosikan produk tersebut tidak sia-sia. Beberapa perusahaan yang telah membuka program afiliasi dengan komisi yang worth it di antaranya adalah:

Amazon Associates

Amazon Associates

Amazon sebagai salah satu e-commerce terbesar di dunia juga sudah membuka program affiliate marketing dengan komisi yang saat ini dinilai sebagai yang terbaik. Amazon juga memberikan kebebasan kepada para afiliator untuk memilih produk apa yang ingin dipasarkan. Hal tersebut merupakan sesuatu yang perlu dipertimbangkan sebab anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan anda mempromosikan produk tersebut.

Untuk mendaftarkan diri anda menjadi afiliator dalam program afiliasi milik Amazon caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mengisi informasi mengenai situs atau aplikasi mobile anda. Setelah itu, anda juga harus mengisi detil mengenai produk yang akan anda promosikan dan beberapa pertanyaan lainnya.

Besaran komisi yang dijanjikan oleh Amazon cukup besar, yang terbesar 20% untuk produk Amazon Games dan 10% untuk produk fashion dan kecantikan. Setiap kategori produk memiliki besaran komisinya tersendiri. Ketentuan komisi yang dijalankan oleh Amazon dapat anda lihat di sini. Nominal minimal yang anda harus miliki untuk menarik komisi anda adalah 10 USD untuk transfer, sedangkan untuk cek sebesar 100 USD

ShareASale Affiliate

ShareASale Homepage

Selain Amazon, ShareASale adalah platform lain dengan segudang produk di dalamnya. Mirip dengan marketplace pada umumnya, ShareASale melayani pedagang maupun promotor untuk menjual produknya. Pembayaran yang tepat waktu menjadikan ShareASale salah satu program affiliate marketing terbaik saat ini.

Untuk mendaftarkan diri menjadi afiliator pada program afiliasi ShareASale, anda hanya perlu melalui beberapa tahap sederhana, masuk ke website dan buat akun anda, isi informasi yang dibutuhkan, masukkan email, detail kontak anda, dan pilih metode pembayaran. ShareASale menyediakan dua metode pembayaran, yakni setor bank atau cek. Berbeda dengan Amazon, pada program afiliasi ShareASale nominal minimal yang harus anda miliki untuk mencairkan komisi adalah 50 USD.

Shopify Affiliates

shopify affiliate

Shopify merupakan sebuah e-commerce dengan segudang fitur modern yang dapat memudahkan penggunanya. Beberapa fitur yang ditawarkan antara lain adalah generator nama perusahaan, tools membuat logo, hingga aplikasi online.

Selain menyediakan fitur online, untuk membantu memasarkan produk yang dijual di Shopify, mereka juga membuat program afiliasi. Dengan cara yang lebih sederhana dari program afiliasi lainnya, anda dapat mendaftarkan diri dengan cara daftar dan mengisi informasi mengenai situs web yang anda miliki, mengisi bagaimana anda akan memasarkan shopify, dan pertanyaan apakah anda memiliki pengalaman dalam dunia digital marketing.

Dalam program afiliasinya, Shopify menyediakan dua paket dengan penghasilan affiliate marketing atau komisi yang berbeda. Paket standar di mana anda akan mendapatkan komisi sebesar 58 USD untuk setiap transaksi, dan paket Shopify Plus di mana anda akan mendapatkan komisi yang sangat besar, yakni 2.000 USD untuk setiap transaksi.

ClickBank

ClickBank affiliates

ClickBank adalah salah satu marketplace dengan program afiliasi termudah untuk dilakukan. Selain itu, ClickBank juga memiliki ribuan produk yang dapat dipromosikan, namun tetap dengan komisi yang berbeda pada setiap produknya, tergantung vendor.

Dengan metode pendaftaran yang mudah dilakukan, para afiliator juga dapat memilih produk apa yang ingin dipasarkan. Setelah mendaftar anda dapat memilih produk dan langsung mendapatkan link afiliasi yang dapat anda bagikan. Selanjutnya ketika anda ingin mencairkan komisi yang telah didapat, baru lah anda perlu mengisi lebih banyak informasi.

Komisi yang dapat anda dapatkan melalui program affiliate marketing ClickBank sangat fantastis, dengan nominal komisi terbesar hingga 75% tergantung pada masing-masing produk.

eBay Partner Network

ebay partner network

Siapa yang tidak mengenal eBay? Salah satu marketplace terbesar di dunia yang telah berdiri sejak tahun 1995. Memiliki lebih dari 1,1 miliar daftar merek, sulit untuk tidak menganggap eBay sebagai salah satu program affiliate marketing. Terlebih eBay nenberikan marketing kit yang dapat mempermudah affiliator untuk melakukan promosi produknya. 

eBay juga memberikan komisi yang tak main-main untuk para affiliatornya. Komisi yang diberikan berada pada rentang 50%-70% tergantung pada produknya. Begitu juga dengan minimal nominal penarikan komisi yang hanya sebesar 10USD sehingga memberikan kemudahan kepada para affiliator ketika ingin mencairkan komisinya.

Avantlink

avantkink affiliates

Avantlink merupakan salah satu program affiliate marketing dengan sistem seleksi yang cukup ketat, dari seluruh pendaftar mereka hanya menerima 30%. Namun, hal tersebut juga dibarengi dengan teknologi marketing yang mumpuni. Selain itu, pada produk yang disajikan Avantlink hanya menerima merchant besar dengan produk berkualitas untuk bergabung dalam networknya.

Untuk komisi, Avantlink juga memberikan komisi yang cukup besar, yakni dengan nilai 10% untuk setiap penjualan, dengan minimal penarikan komisi sebesar 50USD. Namun, Avantlink juga memiliki waktu pembayarannya sendiri, yakni pada tanggal 25. Penarikan pada Avantlink juga memiliki syarat, yakni merchant telah melakukan pembayaran, jika tidak, maka anda juga tidak akan menerima komisi pada tanggal tersebut.

Sovrn Commerce

sovrn commerce

Sovrn Commerce yang sebelumnya dikenal dengan nama VigLink merupakan sebuah program affiliate marketing dengan kemudahan meraih komisi besar. Sovrn Commerce juga memeilik fitur unggulan, seperti mengubah link produk dan unlink keyword menjadi link afiliasi dalam hitungan detik, sehingga memungkinkan para affiliator mempromosikan link afiliasi dengan cepat.

Meski memilik fitur unggulan, Sovrn Commerce memiliki kelemahan pada metode pencairan komisi, yakni affiliator baru bisa menerima komisi setelah 90 hari mendaftar. Begitu juga dengan nominal komisi yang harus mencapai 10USD untuk ditarik, dan jika tidak tercapai komisi akan dirapel pada bulan yang akan datang.

Accesstrade

Accesstrade Affiliate

Accesstrade merupakan salah satu program affiliate marketing terbesar di Indonesia. Ada banyak sekali merek dan produk / layanan yang telah berafiliasi melalui Accesstrade. Ini bisa menjadi salah satu peluang penghasilan tambahan yang bisa Anda coba. Karena, Accesstrade menawarkan aneka program affiliasi. Dari berbagai brand, e-commerce, dan marketplace yang pasti memberikan komisi dan keuntungan menggiurkan.

Accesstrade memiliki banyak keunggulan, terutama pada metode perolehan komisi yang beragam sehingga affiliator dapat menentukan program afiliasi yang paling cocok untuk dirinya. Pertama, CPS (Cost Per Sales), yaitu pihak affiliator akan menghasilkan komisi dari setiap transaksi penjualan. Kedua, CPC (Cost Per Click), setiap klik yang langsung menuju ke produk atau merek, affiliator akan memperoleh komisi.

Ketiga, CPL (Cost Per Lead), Komisi akan diperoleh apabila setiap pelanggan yang mendaftar ataupun mengunjungi website. Dan terakhir, CPI (Cost Per Install), Komisi akan Kamu dapatkan setiap ada yang menginstall suatu aplikasi. Silakan daftar sekarang bila ingin mendapatkan keuntungan nyata di program ini.

Itulah sederetan program afiliasi dengan komisi yang fantastis. Memberikan anda peluang meraup keuntungan hanya dengan menggunakan smartphone anda dan gunakan kemampuan anda untuk menarik hati calon pembeli. Sebelum memilih program afiliasi, anda perlu juga memahami besaran komisi dan bagaimana anda dapat meraup keuntungan agar apa yang anda lakukan lebih efektif.

Baca Juga: 5 Cara Bisnis Affiliate Marketing Produk Financial, Sekali Konversi Komisinya Hingga Jutaan

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023