3 Tips Ngonten Untuk Shopee afiliasi program Biar Makin Cuan


Baca Juga: Apa Itu Afiliasi Marketing? Pemasaran Online yang Bisa Bikin Cuan!
Shopee afiliasi program menawarkan berbagai keuntungan dengan cara mempromosikan produk mereka di social media dan website. Cara ini dinilai popular dan cocok bagi siapa pun tanpa terkecuali meskipun bukan berasal dari kalangan influencer ternama. Akan tetapi, konten dalam campaign afiliasi tetap jadi kebutuhan utama. Konten dapat membantu penanaman rasa tertarik di sisi audience sehingga mendapat lebih besar persentase terjadinya transaksi. Berikut ini sudah Accesstrade siapkan cara menjalankan Shopee afilasi dan tips membuat kontennya.
Daftar IsiBagaimana Cara Menjalankan Shopee Afiliasi Program?
Untuk menjalan bisnis Shopee afiliasi, Anda memerlukan akun social media untuk tujuan promosi. Sebaiknya, akun ini sudah memiliki konten pengantar yang berikutnya aka menjadi media afiliasi. Semakin banyak pengikut akan semakin baik, tapi Anda juga bisa memulainya meskipun baru memiliki social media selama insight terus meningkat seiring konten berlangsung.
Dari Shopee afiliasi sendiri sudah ada beberapa produk matang yang siap masuk ke tahap promosi. Cukup dengan masuk ke dashboard menggunakan akun afiliasi di Shopee dan piliih produk. Dapatkan link terafiliasi dari produk tersebut kemudian barulah melakukan promosi. Dalam konten promosi ini, Anda harus menyantumkan link terafiliasi tadi agar audience bisa melakukan klik menuju produk Shopee.
Jenis Afiliasi di Shopee Afiliasi Program
Ada banyak jenis afiliasi yang memiliki ketentuanya masing-masing, termasuk di Shopee dengan sistem CPS. CPS atau Cost per Sale merupakan istilah pengeluaran biaya setiap kali ada pembeli yang melakukan transaksi. Biaya ini nantinya akan menjadi hak Anda sebagai affiliate marketer yang telah mempromosikan produk tersebut. Dengan kata lain, komisi akan cair untuk setiap penjualan berhasil dari audience yang bertransaksi setelah melakukan klik di link terafiliasi tadi.
Tidak ada batasan seberapa banyak pengguna yang bertransaksi lewat link afiliasi. Meskipun begitu, Shopee memiliki ketentuan dalam melakukan promo untuk para affiliate marketer-nya. Contohnya adalah produk illegal dan melanggar hukum. Aturan ini juga berlaku untuk konten dimana tidak boleh memancing keributan dan penipuan. Selain itu, produk yang bisa Anda dapatkan afiliasinya hanyalah item yang berasal dari toko dengan label Star, Star+, Shopee Mall dan Supermarket.
Persyaratan Daftar Shopee Afiliasi Program
Sebelum menggunakan produk di Shopee sebagai link afiliasi, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Akun afiliasi dengan Shopee biasa ini memiliki perbedaan. Meskipun begitu, Anda tetap bisa masuk menggunakan akun yang sama di halaman login afiliasi. Ketika mendaftar sebagai affiliate marketer, ada beberapa syarat sebagai bahan pertimbangan tim Shopee. Di bawah ini adalah beberapa syarat pendaftaran program afiliasi milik Shopee.
Syarat bergabung:
- Memiliki akun social media yang masih aktif dan terbuka untuk umum. Pastikan akun social media tidak berada di mode privasi atau terkunci
- Memiliki dan mengunggah konten orisinal (buatan sendiri)
- Mendaftar sebagai affiliate marketer di akun Shopee pribadi, bukan untuk penjual / toko
- Tidak berkaitan dengan program, layanan, atau produk illegal
- Tidak berkaitan dengan produk tembakau, aktivitas perjudian, dan persenjataan
- Tidak berkaitan dengan tindakan asusila dan pornografi, khususnya untuk konten promosi nanti
- Tidak berkaitan atau memiliki adegan kekerasan di dalamnya
- Tidak berkaitan dengan produk atau konten yang mengandung fitnah, pencemaran nama baik, diskriminasi, dan bentuk ujaran kebencian lainnya
Syarat Konten dan Produk Afiliasi:
Apabila telah dirasa mampu memenuhi semua syarat tersebut, langsung saja daftarkan diri melalui halaman afiliasi yang telah tersedia. Setelah itu, tunggu hingga proses validasi selesai oleh tim Shopee agar mendapat akses ke dashboard, tempat mengambil link promo.
3 Tips Ngonten Shopee Afiliasi Program
Konten terbaik untuk penerapan Shopee afiiasi adalah sebuah konten yang mampu menarik minat banyak orang. Penerapan softselling dan pembawaan yang bagus juga dapat membuat audience betah menyimak penjelasan hingga kemudian tertarik untuk membeli produk. Karena itulah berikut sudah ada beberapa tips konten terbaik sebagai pengantar program afiliasi Shopee.
Buat Tutorial Produk
Tutorial memiliki isi konten yang memiliki audience pasti tentang suatu produk. Contoh saja tutorial melakukan skincare yang baik dan benar. Di dalam video tutorial itu, Anda harus menunjukkan bagaimana cara penerapan yang baik beserta setiap produknya. Link afiliasi dari setiap produk inilah yang jadi sasaran utamanya. Ambil link terafiliasi dari item tersebut di dashboard kemudian sisipkan ke dalam konten.
Dalam proses pembuatan, perhatikan struktur dari konten itu sendiri. Misalkan pada tutorial penggunaan skincare di pagi dan malam hari. Dimulai dengan pembawaa tentang bagaimana dan apa tujuan dari tutorial tersebut. Ketika masuk ke sesi tutorial, awali dengan produk pertama dan jelaskan bagaimana cara pembuatannnya. Jika memiliki catatan tertentu dalam penggunaan atau langkah, Anda bisa sampaikan.
Selain bagaimana cara penggunaan, Anda juga bisa menjelaskan fungsi dan kegunaan setiap produk. Semakin lengkap dan jelas penjelasan maka akan semakin bagus pula hasilnya selama audience bisa memahami dengan mudah. Bawakan tutorial seefektif mungkin namun tetap terlihat simple agar audience tidak bosan. Contoh dari tutorial produk bisa Anda lihat di sini.
Untuk penutup, Anda bisa menyisipkan berbagai macam informasi, termasuk link afiliasi. Jika konten tersebut berupa video on demand (VOD) yang berdurasi cukup panjang, Anda bisa upload di Youtube maupun FB Watch. Sertakan link afiliasi di bagian deskripsi postingan atau bisa ditampilkan garis besarnya melalui video. Tips serupa juga berlaku untuk postingan foto maupun artikel, termasuk video singkat di TikTok dan Instagram. Jika ada fitur scroll up atau lainnya yang mampu menambahkan link ke produk akan lebih baik.
Buat Review Produk
Review produk merupakan konten yang bisa bersifat sangat spesifik maupun tidak. Biasanya konten review berfokus pada penjelasan dan pendapat setelah menggunakan produk tersebut. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran pada audience tentang seberapa bagus kualitas dari produk yang direview. Anda bisa menyampaikan berbagai macam kelebihan sekaligus kekurangannya jika ada.
Ada sebuah tips yang bisa Anda lakukan sepanjang konten, yaitu sertakan kalimat penegasan untuk audience. Tujuannya adalah agar audience dapat memahami betul dari tujuannya apakah sudah tepat untuk menggunakan produk terafiliasi yang Anda promosikan. Ketika sudah dirasa cukupb dan tepat maka peluang terjadinya transaksi pun semakin besar. Hasilnya, campaign afiliasi di social media dan website menjadi lebih efektif.
Berapa banyak barang harus direview dalam satu konten? Sebenarnya bebas saja tapi umumnya ada di satu hingga lima barang per konten. Bisa dari produk serupa maupun berbeda jenis selama Anda memaparkan berbagai penjelasan tentangnya. Semakin lengkap sebuah review maka akan semakin baik di sisi audience sehingga tidak menyisakan pertanyaan yang membuat mereka ragu dengan produk Anda.
Jika konten sudah siap, upload dan sebarkan ke berbagai social media yang Anda miliki. Sisipkan link terafiliasi yang berasal dari dashboard Shopee Afiliasi kemudian sertakan ajakan atau deskripsi lebih lanjut mengenai pembelian produk. Dari segi trafik dan insight, konten seperti ini banyak dicari oleh orang yang ingin membeli sebuah produk baru sehingga sangat cocok dalam memancing transaksi. Anda bisa melihat contoh konten review di sini.
Buat Komparasi Produk
Komparasi sendiri memiliki makna membandingkan satu produk dengan produk lain. Sesuai dengan artinya, konten komparasi berfokus dalam membandingkan produk untuk mengetahui sekiranya mana yang lebih baik dan cocok untuk audience. Konten seperti ini sering dikunjungi oleh orang yang ingin membeli suatu produk tapi ragu karena memiliki pilihan produk serupa lainnya.
Umumnya, komparasi produk berisikan barang-barang di satu kategori saja. Contohnya adalah komparasi smartphone dengan smartphone lain di range harga yang berdekatan. Konten seperti ini adalah jawaban bagi para masyarakat internet dalam mencari produk smartphone terbaik sesuai dengan budget. Ketika berhasil menemukan produk keinginan, barulah mereka siap untuk membeli dan bertransaksi melalui link terafiliasi. Contohnya bisa Anda lihat di sini kemudian pahami bagaimana alur konten tersebut.
Dalam membandingkan, setidaknya harus ada minimal dua produk serupa untuk jadi bahan acuan. Ketika ingin membandingkan produk lebih dari dua, pastikan Anda dapat menjabarkan masing-masing kelebihannya. Membuat pilihan mana yang lebih baik untuk tujuan tertentu akan lebih baik mengingat audience juga pasti mempunyai satu alasan mengapa harus membeli produk tersebut.
Jelaskan juga spesifikasi dan deskripsi dari produk secara jelas. Ini akan membantu audience dalam memahami sejauh mana kualitas dan performa yang bisa dicapai olehnya, termasuk soal harga. Dalam melakukan perbandingan, Anda bisa memberitahu seberapa harga produk dan membandingkan dengan performa serta kebutuhan audience.
Konten komparasi produk ini sudah dilakukan oleh banyak orang dalam penerapan Shopee afiliasi program di Indonesia. Selain karena targetnya yang jelas, membandingkan produk juga lebih efektif dari segi pembawaan. Anda bisa membujuk sekaligus memberi rekomendasi terhadap audience sekiranya mana saja produk terbaik di antara yang lainnya.
Penerapan penjualan yang halus atau softselling sangat membantu proses campaign karena mampu meyakini audience agar tertarik membeli. Apabila Shopee sedang memiliki event tertentu seperti flash sale, diskon, dan sejenisnya, Anda bisa menyampaikan hal tersebut sekaligus. Diskon dan promo dari produk di konten memiliki kemampuan khusus dalam menarik pembeli, terlebih lagi jika terbatas.
Kesimpulan
Umumnya, cara menjalankan Shopee Afiliasi Program ini bebas selama tidak melanggar aturan dari pihak Shopee itu sendiri. Pihak Shopee membebaskan para affiliate marketer-nya dalam hal kreatifitas untuk menarik pembeli. Semakin banyak transaksi dari audience Anda maka akan semakin meningkat pula komisinya. Bahkan penghasilan Anda dari afiliasi bisa meningkat pesat ketika mendapat lonjakan trafik yang cukup tinggi.
Jika Anda sudah mendapat inspirasi tentang konten promosi campaign afiliasi Shopee, segera daftarkan diri di laman resminya. Anda juga bisa mendaftar program afiliasi milik Shopee melalui Accesstrade. Accesstrade sudah dipercaya oleh banyak affiliate marketer guna mendapatkan campaign terbaiknya. Beberapa perusahaan dari berbagai macam kategori produk dan komisi hadir dan bisa diakses secara bebas.
Cukup dengan mendaftarkan akun DI SINI, Anda sudah bisa terhubung dengan semua perushaan dan produk tersebut. Sisanya tinggal generate link afiliasi dan lakukan campaign di social media / website. Daftarkan diri di Accesstrade dan bergabung dengan affiliate marketer lain di Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya!

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca
Subscribe to our newsletter to stay informed about latest updates
* Yes, I agree to the terms and privacy policy.