ACCESSTRADE Indonesia

Cara Sharing Layar dengan Orang Lain via Google Meet

Admin
digital marketing Dec 25, 2020

Baca Juga: Apa Itu Afiliasi Marketing? Pemasaran Online yang Bisa Bikin Cuan!

Di tengah pandemi yang masih belum mereda seperti sekarang, banyak perusahaan yang memberlakukan sistem work from home atau WFH. Dikarenakan tidak dapat bertatap muka seperti pada umumnya, maka untuk dapat melakukan rapat atau sejenisnya, maka rata-rata menggunakan platform khusus sebagai jembatannya. Salah satu platform yang banyak digunakan adalah Google Meet, aplikasi besutan Google Inc.

Ada banyak tips dan trik terkait dengan penggunaan Google Meet iniyang salah satunya adalah pembagian layar atau sharing screen. Tujuan berbagi layar ini adalah agar memberitahukan segala hasil kerja Anda dengan orang lain atau pimpinan secara efektif. Ditambah lagi, presentasi menjadi semakin mudah.

Lantas bagaimana cara dapat berbagi layar di Google Meet? Untuk mengetahuinya, Anda dapat membaca ulasannya berikut.

Screen-sharing Option

Sharing Screen

Ketika Anda sudah mengaktifkan Google Meet dengan menggunakan Chrome sebagai browsernya, Anda dapat menemukan screen-sharing option dengan menekan tombol “Present now” yang terletak pada bawah kanan dari layar. Setelah Anda menekannya, maka akan muncul 3 pilihan cara berbagi, yaitu sharing semua layar (Your entire screen), sharing windows (A windows) atau juga sharing tab yang ada di browser (A tab).

Sharing Seluruh Layar

Untuk dapat membagikan seluruh layar, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menekan opsi tersebut dari menu yang muncul secara pop-up. Setelah Anda menekan tombolnya, maka secara otomatis semua orang yang ikut dalam pertemuan via Google Meet tersebut dapat melihatnya. 

Sebagai penanda bahwa Andalah yang membagikan layar, maka akan ada informasinya di sudut kiri atas. Anda pun dapat menghentikan pembagian layar dengan cara menekan tombol yang bertuliskan “Stop presenting” yang terletak di sudut kanan bawah atau juga menekan tombol bertuliskan “Stop sharing” yang ada di bawah tengah dari layar.

Sharing Windows

Salah satu keuntungan menggunakan Google Meet adalah Anda dapat membagikan aplikasi apa saja yang sedang Anda buka menggunakan Google Chrome. Dengan ini, Anda dapat membagikan tampilan seperti dokumen, presentasi, kalender dan banyak lagi dengan yang lainnya.

Caranya adalah dengan menekan tombol “Window” dari presenting menu yang muncul sebagai pop-up. Setelah itu, tekan tombol “Share” agar semuanya dapat juga melihat aplikasi di Chrome apa saja yang sedang Anda buka atau lihat.

Sharing Tab

Untuk membagikan tab di browser menggunakan Google Mett adalah seperti cara sharing windows, yaitu melalui pop-up presenting menu. Sharing tab ini sangat berguna sekali apabila Anda ingin membagikan video atau audio dengan yang lain. Setelah menekan tombol share, maka semua orang akan dapat melihat tab apa saja yang sedang Anda buka. Semua orang dalam hal ini hanya dapat melihat saja dan tidak dapat melakukan apapun ketika Anda berpindah tab satu ke lainnya. Apabila Anda ingin berhenti membagikan layar, maka Anda hanya perlu menekan tombol Stop yang terletak di pojok kiri atas.

Selamat mencoba.

Artikel lain yang mungkin Anda akan tertarik untuk membacanya:

Baca Juga: Pekerjaan Afiliator Jadi Solusi Dapatkan Passive Income Menggiurkan

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023