ACCESSTRADE Indonesia

Google stop tampilan iklan di kanan atas pada halaman Search Result

Admin
digital marketing Feb 24, 2016

Baca Juga: 4 Langkah Cara Daftar Afiliasi Lazada, Jurus Jitu Cari Uang!

Anda yang sering memakai Google Chrome sebagai search engine mungkin sudah menyadari bahwa tampilan iklan di sebelah kanan atas sejak akhir tahun 2015 berangsur-angsur menghilang. Hal ini sudah di konfirmasi langsung oleh Google, melalui juru bicaranya Google menyatakan bahwa iklan pada bagian kanan atas halaman tidak akan tampil dengan beberapa pengecualian yaitu :

  1. Iklan list produk (Product Listing Ads) akan muncul pada bagian atas atau kanan halaman hasil pencarian
  2. Iklan tetap muncul pada knowledge panel

Selain pengecualian tadi, masih menurut juru bicara Google, mereka juga akan menambah jumlah iklan menjadi 4 buah (sebelumnya 2 atau 3) yang ditempatkan di atas list hasil pencarian organik. Iklan ke 4 ini akan muncul ketika anda mengetik query yang memiliki nilai komersial yang tinggi. Yang termasuk"nilai komersial tinggi" adalah kata-kata yang dianggap Google berpotensi ke arah transaksi (action)seperti "hotel di jakarta" atau "asuransi jiwa". Tujuan Google adalah memberikan hasil relevan yang terbaik untuk pengguna sekaligus performa iklan terbaik untuk pemasang iklan.

Kesimpulannya, beberapa perubahan yang dilakukan Google adalah :

  1. Iklan berbentuk teks disebelah kanan atas halaman hasil pencarian akan dihilangkan.
  2. Google akan menampilkan 4 iklan pada pencarian (query) yang termasuk kategori nilai komersial tinggi.
  3. Akan muncul tiga iklan teks pada bagian bawah halaman hasil pencarian.
  4. Total jumlah iklan berbentuk teks akan berkurang dari 11 menjadi maksimal 7.
  5. Product List Ads dan iklan di knowledge panel akan muncul di sebelah kanan halaman hasil pencarian pada query yang relevan.

Masih banyak pertanyaan seputar perubahan ini yang belum bisa terjawab seperti : Mengapa perubahan ini begitu mendadak? Google sempat melakukan percobaan menyangkut penayangan iklan ini pada bulan Desember tahun lalu. Ketika di konfirmasi, pihak Google menjawab perubahan ini hanya untuk beberapa keyword saja. Tiba-tiba sekarang perubahan ini menjadi permanen.

Pertanyaan berikutnya adalah : Apakah perubahan ini akan mengakibatkan harga beriklan di Google ads akan naik? Walau belum ada konfirmasi resmi dari Google, hal ini nampaknya agak sulit dihindari karena dari awal Google sudah menyatakan bahwa iklan berbentuk teks baru akan muncul apabila ada query dengan kemungkinan konversi / action yang tinggi. Google menganggap pencarian dengan menggunakan keyword tertentu ini bernilai tinggi, jadi kemungkinan besar akan dihargai tinggi pula.

Untuk itu, pemasang iklan perlu mempertimbangkan pemasangan iklan digital di platform lain selain Google, seperti afiliasi. Dengan sistem afiliasi, advertiser bisa memilih sistem biaya tergantung jumlah klik (CPC) atau transaksi (CPA). Berbeda dengan sistem CPC yang dipakai Google, pada sistem CPA advertiser tidak perlu mengeluarkan biaya untuk setiap klik ke website. Ini tentu lebih menguntungkan dan masuk akal. Salah satu platform afiliasi di Indonesia adalah ACCESSTRADE yang lebih banyak memakai sistem CPA untuk campaign-campaignnya. Ingin mengetahui lebih jauh tentang ACCESSTRADE? Klik website nya https://accesstrade.co.id

Join ACCESSTRADE

Sumber : www.searchengineland.com

 

Baca Juga: 43 Cara Paling Ampuh Mendapatkan Uang dari Internet Minimal 100rb

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023