ACCESSTRADE Indonesia

Tips Terbaik Ciptakan Digital Marketing Campaign yang Efektif

Admin
digital marketing Sep 15, 2020

Baca Juga: 30+ Ide Bisnis Online Paling Menguntungkan 2023 Untuk Di Pelajari

Di masa pandemi COVID-19 sekarang ini, pengusaha harus memutar seribu akal untuk memasarkan produknya. Dengan adanya peraturan social distancing, melakukan pemasaran secara door-to-door maupun lewat penyelenggaraan event tidak mungkin lagi dilakukan. Kampanye pemasaran digital pun mulai dilirik oleh para pemilik usaha. Dengan strategi yang tepat, teknik pemasaran modern ini bisa membawa banyak sekali profit bagi usaha Anda. Berikut adalah tips terbaik dalam membuat digital marketing campaign terbaik selama masa pandemi Corona.

Daftar Isi

Tentukan Tujuan Anda

Sebelum menerapkan kampanye digital marketing campaign, sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui tujuan dari pemasaran tersebut. Apakah Anda ingin menggaet jumlah followers dan likes terbanyak? Atau Anda ingin respons dari calon pembeli ke email Anda? Anda juga ingin angka konversi dari pembeli potensial menjadi konsumen mengalami peningkatan. Dengan menentukan tujuan, Anda pun akan lebih tahu jenis marketing campaign bentuk digital yang sesuai. 

Tentukan Target Pasar Anda

Meluncurkan produk tanpa mengetahui target pasar bagaikan menembak dengan menggunakan penutup mata. Hasil yang Anda dapatkan pun pastinya menjadi kurang maksimal. Anda bisa melakukan pemetaan dengan mudah menggunakan perangkat web analytics. Dengan tool tersebut Anda akan dapat mengetahui orang-orang seperti apa yang membeli produk yang ditawarkan. Lain soal jika Anda baru pertama kali membuka usaha. Maka, Anda perlu melakukan sedikit riset. Lakukan penelitian untuk mendapatkan gambaran demografi dari calon konsumen produk Anda. Jangan hanya ‘mencuri’ target pasar mereka, tapi Anda bisa memanfaatkan data yang didapat dengan menciptakan target pasar khusus untuk produk Anda sendiri. 

Ingatlah, bahwa Anda tidak bisa menarget semua orang. Tentukan target pasar Anda dan lakukan strategi pemasaran digital sesuai dengan target yang Anda buat. Misalnya, Anda dapat menjual berbagai produk camilan praktis untuk kaum pekerja yang maha sibuk. Atau, Anda juga bisa menawarkan produk kopi dengan citarasa unik dengan target pasar para pencinta kopi. Dengan target pasar yang semakin terarah, peluang untuk menyukseskan bisnis Anda pun semakin terbuka lebar.

Ciptakan Model atau Persona Pembeli

Cara lain untuk memudahkan Anda dalam menggunakan taktik digital marketing campaign adalah, dengan membuat persona pembeli. Persona pembeli ini merupakan sosok imajiner yang memiliki gambaran umum tentang target pasar Anda. Beri nama target pasar tersebut, misalnya Dono atau Dini. Jangan lupa berikan rentang usia untuk model pembeli Anda ini. Persona tersebut juga harus memiliki pekerjaan, kesukaan dan ketidaksukaan, serta penghasilan yang ia buat tiap tahun. 

Untuk memudahkan, Anda bisa memanfaatkan data target pasar yang sudah dibuat sebelumnya. Membuat model pembeli ini memang tidak bisa dilakukan secara instan. Anda membutuhkan kesabaran, waktu, dan tentunya banyak latihan dalam membaca pasar sekaligus psikologi seseorang saat mereka sedang online. Anda juga bisa berkonsultasi dengan penyedia jasa digital marketing untuk membuat model pembeli yang tepat.

Tentukan Budget

Pemasaran digital memang paling murah, namun bukan berarti Anda tidak akan mengeluarkan uang sepeserpun. Karena, seringkali Anda akan membutuhkan bantuan perusahaan pemasaran digital untuk menyusun strategi pemasaran untuk usaha yang dilakukan. Kalaupun Anda ingin menjalankan pemasaran online ini sendirian, Anda juga perlu memaksimalkannya dengan menggunakan layanan Google Ads dan Facebook Ads. Tentunya, hal tersebut membutuhkan biaya. Sebelum menggunakan layanan ads tersebut, Anda juga harus memiliki target penghasilan yang realistis. Dengan demikian, Anda dapat merencanakan seberapa besar budget untuk membayar layanan iklan online tersebut. Terlalu banyak menggunakan ads online tanpa disertai dengan perencanaan matang dapat menjadi bumerang bagi usaha Anda. 

Pilih Platform Media Sosial yang Efektif Bagi Anda

Setelah memilih tujuan, target pasar, dan budget, langkah selanjutnya yang harus Anda pilih adalah platform untuk melakukan pemasaran online. Platform tersebut bisa bermacam-macam, salah satunya yang banyak digunakan adalah platform media sosial. Ada banyak sekali media sosial yang bisa Anda gunakan sebagai media pemasaran online. Mulai dari Facebook, Instagram, hingga Pinterest. Anda bahkan bisa melakukan pemasaran menggunakan platform LinkedIn. 

Tentu saja, menggunakan metode email subscription atau berlangganan email juga bisa jadi cara untuk membuat semakin banyak orang mengetahui usaha Anda. Jangan hanya satu, Anda bahkan dapat memanfaatkan beberapa platform media sosial sekaligus untuk menjalankan usaha yang dilakukan. Dengan pengelolaan yang tepat, Anda pun dapat mencapai target yang diinginkan. Seiring dengan bertumbuhnya bisnis, Anda juga bisa membuka lowongan kerja admin untuk mengelola media sosial.

Formulasikan Rumus Marketing Lewat Email

Seperti yang diulas sebelumnya, strategi marketing digital juga meliputi email marketing. Dengan menggunakan email, Anda bisa  menjangkau para calon konsumen potensial. Email juga dapat membantu Anda mendata seberapa besar calon konsumen yang bersedia untuk berlangganan email produk. Jangan lupa aktifkan fitur email otomatis untuk mengirimkan katalog, penawaran promo, dan promosi-promosi menarik lainnya kepada calon konsumen.

Baca Juga: Peluang Bisnis Afiliasi di Indonesia, Ikuti Langkah dan Strategi yang Terbukti Menghasilkan

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023