ACCESSTRADE Indonesia

5 Ecommerce Terbesar Dunia 2020, Layak Dijadikan Inspirasi

Admin
ecommerce Nov 05, 2020

Baca Juga: 15 Program Afiliasi Hosting, Komisi Jutaan dan Menarik untuk di Coba

 

Semenjak semakin digunakannya internet untuk segala urusan, termasuk untuk masalah bisnis, perdagangan konvensional sedikit demi sedikit mulai tersaingi dengan adanya perdagangan secara online. Bahkan dalam beberapa tahun belakangan ini, perkembangan belanja online tumbuh sedemikian besarnya, terutama di negara-negara berkembang dan maju.

Permintaan akan barang yang dapat dibeli secara online mendorong tumbuh pesatnya toko online-toko online atau ecommerce di berbagai negara. Sampai sekarang ini, sudah tidak terhitung berapa banyak ecommerce yang telah berdiri. Dan berikut ini adalah daftar ecommerce terbesar dunia.

Daftar Isi

Rakuten

Rakuten atau yang bernama panjang Rakuten Kabushiki-kaisha adalah sebuah ecommerce berbasis di Tokyo, Jepang yang menduduki peringkat 5 besar toko online raksasa dunia. Ecommerce satu ini didirikan pada tanggal 1 Februari 1997 oleh Hiroshi Mikatani. Tidak hanya bergerak di dalam negeri saja, Rakuten juga memiliki jaringan di luar Jepang. Bahkan tidak sedikit perusahaan atau startup yang telah berhasil diakuisisi. Sampai tahun fiskal 2019, pendapatan yang diperoleh adalah sebesar USD11.60 miliar.

Suning.com

Suning.com adalah sebuah perusahaan asal Cina yang dimiliki oleh perusahaan peralatan elektronik terbesar di Negeri Tirai Bambu tersebut, Suning Appliance Company Limited. Bernama lengkap Suning.com Co., Ltd., perusahaan retailer satu ini memiliki lebih dari 1600 toko fisik yang tersebar di Cina Daratan, Hong Kong juga Jepang. Selain toko fisik, terdapat juga platform ecommerce-nya yang menduduki peringkat 3 di daftar Chinese B2C companies. Sampai tahun fiskal 2019, pendapatan yang diperoleh adalah sebesar USD38.06 miliar.

Alibaba

Masih dari daratan Cina, perusahaan besutan seorang pebisnis bernama Jack Ma yaitu Alibaba menduduki urutan ketiga sebagai ecommerce terbesar dunia. Penciptaannya pun sangat unik, bermula dari sebuah apartemen di Huangzhou, Jack Ma beserta 17 orang temannya memulai bisnis ecommerce ini. Pada tahun 1999, Alibaba mendapatkan suntikan dana sebesar USD25 juta dari Goldman Sachs dan Softbank. Dari situlah semua bermula. Berawal dari hal kecil akhirnya Alibaba menjelma menjadi sebuah perusahaan multinasional dengan spesialisasi di ecommerce, retail, internet dan teknologi. Sampai tahun fiskal 2019, pendapatan yang diperoleh adalah sebesar USD56.15 miliar.

JD.com

JD.com atau merupakan kependekan dari Jingdong yang awalnya bernama 360buy adalah perusahaan ecommerce terbesar di Cina dan menduduki peringkat pertama sebagai perusahaan B2C di negeri tersebut. Kompetitor utama dari JD.com adalah Alibaba yang sekarang ini terus meroket popularitasnya. Sampai tahun fiskal 2019, pendapatan yang diperoleh adalah sebesar USD82.80 miliar.

Amazon

Siapa sangka sekarang ini Amazon menduduki peringkat pertama sebagai perusahaan ecommerce terbesar dunia. Memang pergerakannya tidak secepat Alibaba dan ecommerce yang didirikan di atas tahun 1999/2000, tapi secara pasti, Amazon berhasil menyodok ke posisi atas dan meninggalkan para pesaingnya. Bahkan sang pemilik pun, Jeff Bezos, sampai berhasil mengakuisisi posisi pertama sebagai orang terkaya di dunia yang dalam beberapa tahun sebelumnya selalu diduduki oleh sang pendiri Microsoft, yaitu Bill Gates. Sampai tahun fiskal 2019, pendapatan yang diperoleh adalah sebesar USD280.50 miliar.

Baca Juga: Peluang Bisnis Afiliasi di Indonesia, Ikuti Langkah dan Strategi yang Terbukti Menghasilkan

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023