ACCESSTRADE Indonesia

Memulai Bisnis Startup E-Commerce dengan 7 Langkah

Admin
ecommerce Nov 03, 2020

Baca Juga: Mengenal Afiliasi Pemasaran: Cara Kerja dan Keuntungannya

Mendirikan sebuah startup E-Commerce seakan menjadi mimpi bagi sebagian besar generasi milenial. Saat ini, Indonesia sudah memiliki ratusan usaha start-up. Beberapa dari mereka bergerak di bidang penyediaan jasa maupun barang. Masing-masing tentunya memiliki taktik sendiri untuk menjaga agar usaha mereka dapat tetap berkembang. Mendirikan bisnis start-up memang susah-susah gampang. Yang Anda butuhkan adalah menyusun langkah-langkah yang tepat. Ingin mendirikan perusahaan start-up? Berikut adalah langkah-langkahnya.

Kembangkan Ide

Salah satu aspek dasar yang harus dipertimbangkan sebelum membuka bisnis startup E-Commerce adalah ide. Untuk ide start-up, tidak harus muluk-muluk. Justru, seringkali usaha start-up yang berkembang jadi raksasa berasal dari ide-ide yang justru sangatlah sederhana. Anda dapat memperoleh ide tersebut dengan memperhatikan seksama lingkungan sekitar. Bisa jadi, Anda menemukan beberapa hal yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar namun tidak banyak tersedia. Dari situlah, Anda dapat mengambilnya sebagai peluang usaha. Selain itu, Anda juga dapat berdiskusi dengan rekan-rekan sekolah, kuliah, maupun rekan kerja mengenai ide start-up yang mungkin bisa dikembangkan. Tidak hanya mendapatkan ide, bisa saja teman diskusi Anda menjadi rekan bisnis yang bisa diandalkan.

Jalani dengan Rasa Percaya Diri

Modal kedua yang perlu Anda miliki dalam mendirikan startup E-Commerce adalah rasa percaya diri. Tentu saja, percaya diri tidak sama dengan rasa angkuh. Anda akan memerlukan rasa percaya diri dalam memasarkan usaha start-up yang didirikan. Rasa kepercayaan diri tersebut dapat membantu Anda dalam merekrut calon klien atau bahkan pihak-pihak yang ingin menanamkan dana ke dalam usaha tersebut. 

Berani Tampil Beda

Dengan semakin banyaknya perusahaan start-up yang bermunculan, Anda harus menampilkan konsep yang beda untuk perusahaan yang akan didirikan. Hal ini dilakukan supaya usaha start-up Anda memiliki kesan yang berbeda dan tentunya menarik perhatian. Oleh karena itu, kreativitas ide dan menyusun konsep yang unik sangatlah penting di sini. Jangan takut untuk mengembangkan ide usaha yang beda dan lain dari yang lain. ciptakan gaya promosi dan penjualan yang unik. Sehingga, perusahaan yang Anda bentuk pun akan membekas di benak para konsumen.

Fokus dalam Menjalankan Usaha

Satu hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam mendirikan startup E-Commerce adalah tetap fokus. Untuk mempertahankan usaha yang sudah Anda lakukan tentunya tidak mudah. Anda akan mengalami banyak tantangan yang bahkan dapat mengakibatkan diri kurang fokus. Namun, semuanya kembali lagi ke passion yang dijalani. Jika usaha start-up tersebut merupakan passion yang sudah lama ingin Anda wujudkan, maka Anda harus tetap berfokus pada usaha tersebut. 

Bisa jadi Anda tergoda untuk melakukan banyak usaha sekaligus. Tentunya, dengan harapan pemasukan yang masuk ke dalam pundi-pundi uang akan bertambah. Padahal, menghandle terlalu banyak bisnis sekaligus dapat mengakibatkan Anda kehilangan fokus. Alih-alih mampu mengembangkan usaha yang ada, yang terjadi justru semua usaha Anda bangkrut. Alangkah lebih baiknya untuk berfokus pada satu bidang startup terlebih dahulu. Tidak perlu merasa bahwa usaha bisnis Anda adalah amunisi untuk berkompetisi dengan perusahaan lainnya.

Jangan Terlalu Memusingkan Modal

Modal usaha seringkali menjadi batu sandungan bagi Anda yang ingin memulai bisnis startup E-Commerce. Modal memang menjadi salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan. Namun bukan berarti Anda harus menghentikan langkah hanya gara-gara masalah modal. Apalagi, saat ini banyak sekali perusahaan fintech yang bersedia memberikan pinjaman dana untuk usaha Anda. Tapi, Anda harus bisa menjabarkan konsep dan keuntungan dari mendirikan usaha tersebut. 

Sehingga, para investor pun tidak akan segan-segan dalam menyuntikkan dana. Daripada memusingkan modal, akan lebih baik jika Anda menggodok konsep usaha tersebut sebaik mungkin. Misalnya, dari segi keuntungan bahwa usaha tersebut akan tetap mampu bertahan, bahkan di masa sulit sekalipun. Ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor. 

Berikan Pelayanan Terbaik

Saat Anda membuka usaha startup E-Commerce nantinya pasti akan berhubungan dengan banyak sekali konsumen. Kepuasan konsumen tentunya akan sangat menentukan kesuksesan usaha Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk para konsumen. Anda dapat memanfaatkan aplikasi chatting online seperti Whatsapp untuk memudahkan calon konsumen memesan jasa atau produk yang ditawarkan. Pastikan untuk tetap ramah dalam menjawab pertanyaan yang diajukan. 

Lakukan Evaluasi

Dengan semakin berkembangnya startup E-Commerce, maka evaluasi rutin pun wajib dilakukan. Dengan melakukan evaluasi, Anda akan mengetahui hal-hal mana saja yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan. Dengan evaluasi, Anda juga bisa membantu meningkatkan performa kerja tim. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan usaha startup Anda.

Demikianlah beberapa ulasan tips tentang langkah-langkah yang harus dilakukan saat akan mendirikan startup E-Commerce. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga: Bongkar Rahasia Cara Menjadi Affiliate Marketer yang Sukses untuk Ibu Rumah Tangga

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023