ACCESSTRADE Indonesia

Payment Gateway dan Perannya dalam Bisnis eCommerce

Admin
ecommerce Feb 21, 2017

Baca Juga: 20 Daftar Lengkap Contoh Afiliasi Pemasaran di Indonesia

Payment gateway adalah sebuah sistem yang mengotorisasi proses pembayaran dari pembeli ke penjual. Itulah mengapa payment gateway cenderung lebih sering diterapkan oleh para pelaku bisnis eCommerce.

Untuk mengaktivasi akun payment gateway, Anda harus memenuhi berbagai syarat khusus yang tidak bisa dipenuhi sembarang toko online. Maka, dapat dikatakan bahwa toko online yang menggunakan fasilitas payment gateway merupakan pebisnis eCommerce terpercaya. Pelanggan pun tak perlu khawatir bertransaksi dengan Anda.

Hal tersebut menjadi salah satu peran payment gateway dalam mendukung eCommerce. Tentunya, masih ada banyak manfaat lain yang akan Anda dapatkan dari payment gateway. Beberapa di antaranya bisa Anda lihat berikut ini.

Tak Perlu Memiliki Banyak Rekening Bank

Jika menggunakan jasa payment gateway, Anda tak perlu menyediakan banyak rekening dari berbagai bank demi mengakomodasi kebutuhan pelanggan untuk membayar. Pasalnya, teknologi canggih dari payment gateway memungkinkan Anda untuk menerima dana transfer dari berbagai rekening bank dan menyalurkannya ke satu rekening yang Anda miliki. Metode pembayarannya pun tak terbatas hanya pada transfer bank, tetapi juga bisa mencakup kartu kredit, e-money, direct debit, pembayaran over the counter, dan lain sebagainya. Secara tidak langsung, manfaat satu ini akan mempermudah Anda untuk meluaskan pangsa pasar dari bisnis online Anda.

Mempermudah Pelanggan dalam Membayar

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan pelanggan dalam melakukan belanja online adalah rekening bank yang digunakan. Apabila bank yang digunakan pemilik toko online tidak sama dengan yang dimiliki pelanggan, biasanya mereka akan melakukan pembatalan karena menanggung biaya transfer antar bank dirasa merugikan. Namun, hal tersebut dapat diminimalisasi dengan menggunakan payment gateway. Seperti yang telah disebutkan di atas, payment gateway mampu menerima dana transfer dari berbagai rekening bank dan metode pembayaran. Terlebih, payment gateway juga menomorsatukan keamanan, jadi pelanggan Anda pun bisa bertransaksi dengan nyaman.

Meningkatkan Hasil Penjualan

Karena mudahnya metode transaksi yang Anda sediakan melalui payment gateway, pelanggan pun merasa puas dan kemungkinan besar akan kembali berbelanja di toko online Anda. Secara otomatis, hasil penjualan akan meningkat. Kabar baiknya lagi, payment getaway ternyata juga mampu membantu Anda dalam meningkatkan tingkat konversi. Dilansir dari situs northpayments.com, riset telah membuktikan bahwa jumlah konversi meningkat hingga lima kali lipat jika bisnis online menggunakan payment gateway yang menawarkan setidaknya empat opsi pembayaran online.

Semua Telah Terotomatisasi

Lebih dari sekadar metode pembayaran online, payment gateway juga umumnya dilengkapi dengan dashboard yang dapat membantu Anda dalam melakukan proses rekonsiliasi penjualan, misalnya seperti laporan penjualan, detail pelanggan, refund, dan void. Fitur-fitur ini mempermudah Anda untuk mengidentifikasi sumber dana masuk sehingga pelanggan pun tak perlu repot melakukan konfirmasi pembayaran. Di sisi lain, karena semua telah terotomatisasi, Anda jadi bisa fokus ke hal-hal lain yang sekiranya lebih membutuhkan perhatian, seperti metode penjualan, produk baru yang akan dijual, strategi digital marketing, dan lain sebagainya.

Kehadiran payment gateway membawa keuntungan bagi Anda dan pelanggan berkat kemudahan yang ditawarkan. Pastikan Anda memilih provider payment gateway yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda agar manfaat yang didapatkan pun bisa optimal bagi bisnis online Anda.

"

Artikel ini merupakan guest post dariMidtrans. Midtrans berdiri pada tahun 2012 menggunakan nama Veritrans, dengan tujuan untuk memperlengkapi bisnis online di Indonesia dengan sistem pembayaran yang aman dan nyaman. Midtrans bekerja sama dengan berbagai bank dan saluran pembayaran ternama di Indonesia untuk memudahkan proses jual beli sekaligus mendeteksi penipuan yang mungkin terjadi online. Selain layanan pembayaran, Midtrans juga menyediakan sistem jual beli melalui aplikasi chat (chat commerce) dengan tujuan untuk memberikan solusi terbaik bagi klien kami sehingga dapat meningkatkan transaksi mereka dari waktu ke waktu.

Baca Juga: 8 Program Affiliate Marketing Indonesia dengan Komisi Menggiurkan

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023