ACCESSTRADE Indonesia

Perbedaan Online Shop, eCommerce dan Marketplace

Admin
ecommerce Nov 26, 2020

Baca Juga: 20 Tips Belajar Bisnis Affiliate Paling Mudah dan Terbukti Menghasilkan Komisi Pertama Anda

Tidak terasa sekarang ini era digital benar-benar sudah merasuk hampir ke segala lini kehidupan manusia, salah satu contohnya di bidang niaga. Jika dulu ketika ingin membeli barang harus keluar dari rumah dan membelinya di toko fisik, sekarang ini Anda dimanjakan dengan keberadaan internet di mana semuanya dapat dibeli secara online.

Berbicara masalah transaksi jual-beli online ini, ternyata masih cukup banyak orang-orang di Indonesia yang salah mengartikan antara 3 istilah ini, marketplace, toko online dan eCommerce. Bukannya ketiganya sama? Secara fungsi memang sama, akan tetapi ketiganya memiliki perbedaan yang mendasar. 

Untuk mengetahuinya, maka Anda dapat menyimak penjelasan singkat dari perbedaan marketplace, eCommerce dan toko online atau online shop di bawah ini.

Daftar Isi

Marketplace

Dalam artian umum berdasarkan kamus, marketplace adalah sebuah tempat untuk berbelanja yang ada di suatu daerah. Hanya saja, istilah ini justru lebih dikenal sebagai tempat belanja di internet daripada di suatu tempat khusus. Jika dikaitkan dengan internet dan era digital seperti sekarang ini, maka marketplace memiliki artian sebagai suatu situs yang menghubungkan antara pembeli dan penjual di mana keragaman produk di dalamnya sangat beragam seperti halnya pasar dalam kehidupan nyata.

Dalam prosesnya, terdapat 3 pihak yang saling terkait, yaitu vendor, pelanggan atau konsumen dan marketplace administrator. Untuk masalah transaksinya, metode dalam marketplace sendiri cukup mirip dengan eCommerce, yaitu barang tidak tersedia atau disediakan oleh pemilik pasar atau marketplace administrator, melainkan oleh vendor. Contoh marketplace yang terkenal antara lain Etsy, Amazon atau juga Flubit.

eCommerce

eCommerce merupakan website yang mana satu penjual menjual produk atau barang dagangannya ke banyak konsumen. Perbedaan dengan marketplace adalah website yang digunakan adalah dimiliki oleh vendor dan kemungkinan ada beberapa seller atau pihak lain yang ikut berkecimpung di dalamnya, akan tetapi tetap semuanya atas pantauan dan persetujuan vendor.

Perbedaan lain dari marketplace adalah sang penjual harus benar-benar paham dalam mengelola sebuah website agar nampak menarik dan memudahkan pembeli dalam bertransaksi. Contoh eCommerce antara lain Shopify, Magento atau juga WooCommerce.

Toko Online atau Online Shop

Online shop sendiri adalah suatu jenis usaha yang dijalankan secara online yang mana sang penjual tidak harus memiliki website khusus seperti halnya pada marketplace ataupun eCommerce. Siapa pun dapat memiliki atau membuka toko onlinenya sendiri-sendiri dan kemudian menjajakan produknya melalui berbagai platform. Di Indonesia sendiri, platform yang sering digunakan oleh para online shopper adalah Facebook, Instagram dan Twitter.

Untuk prosesnya sendiri, dibandingkan dengan marketplace ataupun eCommerceonline shop lebih mudah dan cepat. Hanya saja, dari tingkat keamanannya, online shop masih di bawah eCommerce ataupun marketplace.

Baca Juga: Cara Daftar 6 Program Afiliasi Terbaik Dengan Keuntungan Besar

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023