ACCESSTRADE Indonesia

Tips Memilih Produk untuk Jualan Online di E-Commerce

Admin
ecommerce Oct 01, 2020

Baca Juga: Contoh Affiliate Marketing yang Bagus Serta Tips Menjalankannya di Youtube

Berjualan online kini bisa jadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin memiliki bisnis sendiri namun dengan modal yang tak terlalu besar. Di mana Anda tidak harus memiliki toko khusus berwujud fisik untuk bisa mulai berjualan. Sebaliknya, Anda bisa memanfaatkan e-commerce untuk menjual dan mempromosikan produk jualan Anda. Meski terlihat mudah, namun tetap saja jualan online tidak bisa dianggap remeh. Terlebih mengingat kini sudah semakin banyak orang yang mulai berjualan online. Dengan kata lain, bisnis satu ini memiliki kompetitor yang cukup banyak.

Memilih produk apa yang akan dijual menjadi hal yang perlu Anda pikirkan pertama kali sebuah mulai berjualan online. Tahapan awal ini terbilang sangat penting dan krusial. Jenis produk yang dijual akan menjadi salah satu faktor penentu bertahan tidaknya bisnis online yang akan Anda geluti. Sehingga proses pemilihan produk ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan atau asal cap cip cup saja. Untuk memudahkan Anda dalam memilih, berikut tips memilih produk untuk jualan online di e-commerce.

Daftar Isi

Cari Tahu Trend

Daripada buru-buru memutuskan produk yang akan dijual, akan lebih baik jika Anda meluangkan waktu untuk sejenak melakukan riset. Lakukan riset dan cari tahu trend apa yang sedang populer di masyarakat saat ini. Menjual produk yang sedang trend tentu akan mendatangkan keuntungan yang lebih cepat, bukan? Perkembangan teknologi saat ini membuat Anda bisa dengan mudah mengetahui apa trend yang sedang populer. Anda bisa menggunakan tools khusus untuk mencari trend di setiap media sosial. 

Selain menggunakan tools di media sosial, Anda juga bisa mencari tahu trend terbaru melalui Google Trend. Google Trend akan memungkinkan Anda mengetahui apa saja trend yang sedang populer pada waktu tertentu. Cari tahu trend yang memiliki jangka panjang dan memiliki potensi tinggi untuk bisa Anda jual. Catat setiap trend yang memungkinkan sebelum Anda memutuskan produk apa yang akan dijual.

Mengetahui trend juga bisa Anda lakukan dengan melakukan riset di e-commerce. Mengingat setiap situs e-commerce akan dilengkapi dengan pilihan menu hot selling. Menu ini akan berisi produk-produk yang sedang trending dan paling banyak dicari oleh masyarakat. Catat dan perhatikan hot selling dari masing-masing e-commerce. 

Cari Tahu Kompetitor

Setelah melakukan riset dan sudah menentukan jenis produk yang akan dijual, kini saatnya Anda kembali melakukan riset terhadap para kompetitor dengan produk sejenis. Cari tahu seberapa besar tingkat kompetisi jika Anda nantinya akan menjual produk tersebut. Cari tahu juga apa kelebihan yang dimiliki produk Anda dengan produk kompetitor yang sudah terlebih dahulu ada. Semakin unggul dan unik produk yang Anda jual dibandingkan kompetitor, akan semakin memudahkan Anda mengenalkan produk ke pasaran. 

Jangan lupa juga untuk juga mencari tahu beragam tawaran serta strategi marketing yang dijalankan para kompetitor. Tak adanya salahnya jika Anda melakukan teknik ATM jika menemukan strategi yang dianggap menarik. Di sisi lain, jangan lupa juga untuk tawarkan strategi atau konsep yang lebih unik dan lebih menarik.

Cari Tahu Review Konsumen

Tips memilih produk untuk jualan online selanjutnya yakni dengan mencari tahu review dari konsumen. Di setiap e-commerce tentu akan dilengkapi dengan kolom komentar atau review bagi para konsumen yang sudah melakukan pembelian. Setelah menemukan toko kompetitor Anda, jangan lupa untuk juga membaca review dari konsumen.

Melalui kolom review tersebut, Anda bisa lebih mengetahui apa yang benar-benar dibutuhkan oleh target market Anda nantinya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencari tahu apa yang menjadi kelemahan dan keunggulan dari produk kompetitor. Tips yang satu ini terbilang sangat efektif untuk memudahkan Anda meningkatkan kualitas produk yang akan dijual.

Pilih Produk dengan Selisih Keuntungan Besar

Setiap penjual tentu ingin mendapatkan keuntungan yang besar saat berjualan, bukan? Untuk bisa mewujudkan hal itu, sebaiknya Anda memilih produk yang memiliki selisih keuntungan besar. Saat menentukan harga dari produk Anda, sesuaikan dengan kebutuhan biaya produksi hingga biaya promosi. Jangan lupa untuk juga bandingkan harga yang akan Anda terapkan dengan harga yang paling laris di pasaran. Jika setelah dihitung Anda mendapatkan selisih keuntungan yang besar, jangan lagi ragu untuk menjual produk tersebut.

Itu tadi empat tips memilih produk untuk jualan online yang bisa Anda terapkan. Berdasarkan tips di atas, bisa dikatakan bahwa ada proses panjang yang perlu dipikirkan dengan baik sebelum Anda memutuskan untuk berjualan online. Melakukan riset secara perlahan dengan hasil akhir yang maksimal akan lebih baik dibandingkan dengan terburu-buru berjualan online dan merasa kebingungan di tengah jalan. Agar hal itu tidak terjadi, pastikan Anda menerapkan tips memilih produk untuk jualan online di atas, ya.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Cara Bisnis Afiliasi Paling Menguntungkan Tahun 2023

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023