ACCESSTRADE Indonesia

6 Cara Ampuh yang Dapat Membuat Konsumen Kembali Lagi

Admin
how to Nov 30, 2020

Baca Juga: Penjelasan apa itu Usaha Affiliate Marketing, Contoh dan keuntungannya

Ketika sudah membangun sebuah bisnis, terutama yang dijalankan secara online, ada banyak hal yang perlu dilakukan agar tetap dapat mempertahankan dan mengembangkan usaha tersebut sampai maksimal. 2 hal yang sering dilakukan adalah dengan mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama atau dikenal dengan istilah customer retention.

Retensi pelanggan sangat penting untuk dilakukan karena menentukan kesuksesan jangka panjang dari bisnis online Anda tersebut. Pasalnya, dengan mempertahankan pelanggan lama itu sangat berpotensi untuk dapat membantu kesuksesan bisnis sebesar 31 persen dibandingkan dengan mencari atau mendapatkan pelanggan baru.

Lalu bagaimana untuk dapat membuat retensi pelanggan sampai dapat kembali bertransaksi menggunakan bisnis online yang sedang Anda kelola? Mau tahu jawabannya, simak 6 tips cerdas berikut.

Menerapkan Model Bisnis Berbasis Keanggotaan Plus

Untuk dapat meningkatkan retensi pelanggan, Anda dapat memakai sistem keanggotaan yang dapat memudahkan konsumen ketika akan berbelanja lagi. Contohnya saja ketika ada pelanggan yang secara rutin membeli barang-barang yang sama dalam satu minggu atau satu bulan, maka Anda dapat menawarkannya keanggotaan yang memiliki fungsi kemudahan dalam transaksi dan juga mendapatkan bonus berupa potongan harga sampai pengiriman gratis. 

Model bisnis berbasis keanggotaan plus seperti ini banyak dipakai oleh Marketplace dan eCommerce besar di dunia. Seperti salah satunya adalah Amazon dengan Amazon Prime-nya. Dengan memiliki Amazon Prime, maka pelanggan akan mendapatkan pengiriman cepat dan gratis, akses eksklusif ke ribuan film dan acara TV populer, akses tak terbatas ke lebih dari seribu eBook, majalah populer, dan komik, dan banyak lagi.

Menerapkan Program Reward

Program loyalitas merupakan satu cara paling efisien untuk mempertahankan pelanggan sekaligus meningkatkan frekuensi pembelian. Hal itu dikarenakan program loyalitas memotivasi orang untuk melakukan pembelian dengan memberikan tawaran berharga sebagai imbalan. Ketika seorang pelanggan cukup loyal dan terus melakukan transaksi di tempat Anda, maka masukkanlah mereka dalam daftar program reward sebagai lanjutan program loyalitas.

Program reward ini merupakan bentuk penghargaan akan kesetiaan pelanggan yang bersangkutan dengan pemberian poin yang dapat ditukarkan barang tertentu, pengiriman gratis sampai dengan diskon lebih besar dari promo lainnya. Dengan memberikan program seperti ini maka menjadi bukti bahwa Anda pun peduli tentang pelanggan dan kemudian memberikan hadiah atas kesetiaan mereka.

Memberikan Layanan Terbaik

Jangan bedakan mana pelanggan lama ataupun yang masih baru pertama kali, berikanlah semua layanan terbaik. Ingat, konsumen adalah raja, maka perlakukanlah mereka seperti raja. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Marketing Charts menunjukkan bahwa 65 persen orang mengatakan pengalaman pelanggan yang positif lebih berpengaruh daripada iklan.

Layanan yang diberikan dapat berupa apa saja, mulai dari kemudahan dalam bertransaksi, rekomendasi tentang barang-barang sejenis sampai dengan pelayanan yang cepat dan efisien. Bahkan, Anda juga dapat memberikan tombol khusus agar dapat secara langsung berkomunikasi dengan pelanggan ketika mereka ingin berkonsultasi ataupun mengetahui review tentang suatu produk tertentu.

Berikan Pengetahuan kepada Pelanggan

Jangan jadikan pelanggan atau konsumen seperti halnya sapi perahan yang dimanfaatkan untuk mengeruk keuntungan sendiri, tapi berikan timbal balik berupa apapun kepada mereka. Salah satunya adalah dengan memberikan pengetahuan berupa informasi kepada mereka terkait produk tertentu sampai dengan hal-hal lain yang terkait.

Salah satu marketplace besar di dunia yang menggunakan metode retensi pelanggan seperti ini adalah Etsy. Pihak pengelola mengetahui bagaimana cara meningkatkan retention rate pelanggan dan memberikan konten edukasi kepada penjualnya yaitu dalam bentuk Seller Handbook yang berisi tips dan inspirasi untuk membantu penjual mendongkrak bisnisnya di marketplace.

Ketahui Preferensi Konsumen dan Personalisasikan Pengalamannya

Tentunya akan sulit apabila ingin mengetahui preferensi setiap konsumen dengan cara manual, oleh karenanya Anda dapat membuat sebuah survei dan questioner yang dapat diisi oleh pelanggan terkait dengan bagaimana pengalaman mereka bertransaksi di media bisnis yang Anda kelola. Setelah itu, kumpulkan semua jawaban dan kelompokkan berdasarkan jenis atau pertanyaan yang diberikan. 

Usai melakukan analisis terkait dengan data yang ada, maka Anda dapat mempersonalisasikan setiap pengalaman dari konsumen dengan cara memberikan tawaran secara langsung melalui email, telepon ataupun jejaring sosial.

Tambahkan Fitur Game untuk Menggamifikasi Bisnis Anda

Menggamifikasi ini memiliki artian bahwa Anda sebagai pemilik media usaha dapat menambahkan fitur game yang bebas dimainkan oleh siapa saja. Bagian final dari gamifikasi ini bisa berupa kesenangan belaka atau juga berupa poin yang nantinya dapat dikumpulkan secara kumulatif untuk ditukarkan barang tertentu.

Gamifikasi ini memiliki fungsi untuk mengajak pelanggan berinteraksi dan terkoneksi secara terus dengan media bisnis yang Anda kelola. Gamifikasi yang paling sering digunakan oleh berbagai media bisnis online adalah Wheel of Fortune. 

Langkah selanjutnya adalah mencari cara untuk menantang pelanggan Anda. Penting untuk diperhatikan bahwa tantangan Anda harus selaras dengan tujuan Anda. Jika tujuan Anda adalah membuat pelanggan mendaftar, tantangannya adalah perlombaan untuk mendapatkan hadiah / penawaran waktu terbatas setelah pendaftaran.

Terakhir, dorong pelanggan untuk menjadi pendukung merek atau media bisnis Anda dengan memberikan hadiah. Cara populer untuk melibatkan orang adalah dengan menawarkan diskon bagi mereka yang berbagi kode rujukan dan untuk orang yang menggunakan kode tersebut.

Artikel menarik lainnya yang mungkin Anda tertarik untuk membacanya:

Baca Juga: Panduan Lengkap Affiliate Marketing 2023 Dengan Social Media, Belajar Sampai Mahir Hanya Di Sini!

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023