ACCESSTRADE Indonesia

Cara Terpercaya Dapatkan Pendanaan Startup

Admin
how to Aug 25, 2020

Baca Juga: Contoh Affiliate Marketing yang Bagus Serta Tips Menjalankannya di Youtube

Belakangan ini, startup menjadi istilah yang sering kali muncul dan terdengar di telinga Anda. Di mana banyak anak muda yang lebih memilih membangun startup dibandingkan menunggu panggilan interview. Namun, membangun bisnis ini dibutuhkan persiapan yang benar-benar matang untuk bisa mencapai kesuksesan. Ide menjadi hal yang wajib dimiliki oleh siapa saja yang ingin membangun sebuah bisnis. Tanpa ide yang brilian dan unik, Anda butuh usaha dan tenaga ekstra untuk membuat bisnis benar-benar berkembang dan dikenal masyarakat luas.

Jika ide brilian sudah ada digenggaman, apa lagi yang diperlukan? Jawabannya adalah modal dan pendanaan. Pasalnya, ide brilian juga akan sulit terealisasi jika tanpa dukungan dari modal yang cukup. Selain memanfaatkan tabungan pribadi yang dimiliki, modal untuk membangun bisnis juga bisa didapat melalui pendanaan eksternal. Berikut beberapa cara ampuh yang bisa Anda terapkan untuk bisa mendapatkan pendanaan startup.

Daftar Isi

Melalui Platform Pendanaan Online

Seperti yang Anda ketahui, saat ini platform pendanaan online telah banyak beredar di internet. Platform ini bisa Anda jadikan sebagai salah satu alternatif cara untuk bisa mendapatkan pendanaan. Hanya dengan mengunggah ide dan konsep bisnis yang akan atau telah dijalankan, Anda bisa langsung menyebutkan berapa nominal pendanaan yang dibutuhkan.

Pastikan ide yang Anda cantumkan dalam platform pendanaan mudah dipahami dan menarik perhatian para investor. Bagi Anda yang memilih cara satu ini, pastikan juga bahwa platform pendanaan yang dipilih memiliki reputasi yang baik dan terpercaya. Dengan begitu, risiko mengalami tindak penipuan akan lebih kecil. Anda pun bisa lebih merasa aman mengajukan pendanaan usaha.

Gunakan Media Sosial

Media sosial merupakan aplikasi yang sangat populer saat ini, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk berkomunikasi. Hal ini bisa Anda jadikan cara untuk mengenalkan bisnis yang sedang dijalankan. Buat konten yang unik dan menarik untuk meningkatkan jumlah followers dan engagement rate akun media sosial.

Semakin banyak orang yang tertarik dan membagikan konten Anda, membuat startup Anda semakin mudah terlihat oleh para investor. Bukan tidak mungkin, para investor akan datang dengan sendirinya untuk memberikan modal bagi bisnis Anda. Agar cara ini dapat berjalan dengan lebih efektif, tidak ada salahnya jika Anda juga bekerja sama dengan para influencer di sosial media. Lakukan kerjasama dengan influencer yang tepat untuk membagikan konten menarik yang Anda buat.

Selain memanfaatkan sosial media seperti Instagram dan Facebook, Anda juga bisa menarik investor melalui laman blog atau website. Blog bisa menjadi media untuk mengenalkan bisnis dengan lebih detail dan menarik. Semua konten yang ada buat di blog juga bisa dibagikan melalui laman media sosial bisnis Anda. Jika perlu, Anda juga bisa mengunjungi blog para investor dan meninggalkan pesan untuk bisa mendapatkan perhatian lebih.

Mengirim Email

Beberapa pemilik startup mengklaim bahwa pengguna email juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menarik investor. Lampirkan berbagai macam informasi penting mengenai bisnis Anda dengan jelas dan menarik. Buat daftar siapa saja calon investor yang berpotensi dan cocok untuk dikirimkan email tersebut. Kirimkan email di jam-jam kantor dan hindari pengiriman di saat weekend atau tengah malam. Saat mengirimkan email, pastikan Anda menggunakan alamat email yang jelas dengan subjek email yang to the point.

Menghadiri Kompetisi Startup

Banyaknya startup baru yang bermunculan membuat beberapa pihak seringkali mengadakan kompetisi startup. Kompetisi satu ini memang hanya diperuntukkan bagi mereka yang sedang mengembangkan bisnis barunya dan sedang mencari investor. Di acara ini, Anda bisa berkesempatan untuk bertemu dengan para pengusaha muda lainnya dan juga para investor.

Jika konsep yang Anda sampaikan menarik bagi investor, berbahagialah karena Anda akan mendapatkan modal tambahan untuk terus mengembangkan bisnis. Modal yang Anda dapatkan bisa saja berlangsung secara jangka panjang jika memang konsep bisnis Anda menarik. Namun, jangan bersedih jika gagal mendapatkan bantuan dana saat mengikuti kompetisi ini. Setidaknya, Anda bisa berkenalan dengan para investor yang bisa mendukung bisnis Anda di kemudian hari.

Sebelum berpartisipasi dalam kompetisi ini, Anda perlu terlebih dahulu mencari tahu track record penyelenggara kompetisi. Lakukan riset secara mendalam sebelum memutuskan untuk berpartisipasi dalam kompetisi. Jika sudah memverifikasi semua pihak yang terlibat dan terbukti terpercaya, baru daftarkan bisnis Anda dalam kompetisi.

Itu tadi empat cara terpercaya yang bisa Anda lakukan jika ingin mendapatkan modal dan pendanaan tambahkan untuk bisnis baru Anda. Agar setiap cara di atas bisa berjalan dengan maksimal, dibutuhkan keseriusan dan konsistensi yang tinggi. Dengan begitu, Anda akan semakin dekat dengan para investor yang siap mengembangkan bisnis Anda.

Baca Juga: 20 Daftar Lengkap Contoh Afiliasi Pemasaran di Indonesia

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023