ACCESSTRADE Indonesia

Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 dengan Mudah

Admin
how to Oct 26, 2020

Baca Juga: Cara Buat Affiliate Marketing Produk Fashion Marketplace dengan Fitur Custom Link

Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru dari Windows yang banyak diimplementasikan pada perangkat laptop terbaru. OS ini didukung dengan berbagai macam fitur yang mampu membantu meningkatkan performa maupun user experience dari perangkat laptop Anda. Karena tergolong ke dalam sistem operasi Windows terbaru, tentunya Anda mengharapkan performa laptop yang cepat. Namun, yang terjadi justru Windows 10 mengalami penurunan performa. Tapi, Anda dapat memperbaikinya dengan mempercepat performa dari Windows 10. Berikut adalah beberapa cara mempercepat kinerja Windows 10.  

Daftar Isi

Melakukan Update Windows 10

Windows memang secara rutin melakukan update atau pembaharuan terhadap OS Windows 10. Pembaharuan tersebut biasanya disertai dengan penambahan atau perbaikan fitur-fitur. Jika Anda mengalami kinerja laptop yang lemot, bisa jadi Anda belum melakukan upgrade terbaru terhadap OS Windows 10. Sehingga, salah satu cara mempercepat kinerja Windows 10 adalah dengan melakukan update OS secara berkala.  

Untuk melakukan pembaharuan, Anda dapat mengecek menu “Pembaharuan Sistem”. Di situ, Anda akan mengetahui jenis update yang tersedia. Jika ada pembaharuan terbaru, Anda hanya perlu menekan tombol “Pembaharuan”. Biasanya pembaharuan Windows memang berlangsung secara otomatis. Namun, jika Anda memang menonaktifkan pembaharuan otomatis, maka bisa menggunakan cara di atas untuk memperoleh update terbaru dari Windows. 

Melakukan Restart pada PC atau Laptop

Ada kalanya, Windows 10 mengalami sedikit gangguan saat sedang dioperasikan. Gangguan tersebut biasanya akan hilang dengan sendirinya jika Anda melakukan “Restart” atau menyalakan ulang laptop. Restart berfungsi untuk menyegarkan kembali sistem OS. Karena, semua program dan aplikasi yang Anda buka tertutup. Sehingga, performa RAM dari laptop tersebut pun menjadi lebih ringan. 

Cara mempercepat kinerja Windows 10 lainnya adalah dengan mematikan laptop sejenak. Kebiasaan membiarkan laptop dalam kondisi standby dan sleep dalam jangka waktu yang lama memang bisa mempengaruhi kinerja dari laptop. Pasalnya, program di dalam komputer akan terus berjalan dan mengkonsumsi banyak kapasitas RAM. Dengan melakukan shut down sejenak, Anda akan memberikan waktu cool down pada mesin OS. Sehingga, begitu Anda menyalakannya kembali, performa Windows 10 pun tak akan terasa lemot. 

Hapus Software yang Tidak Digunakan

Menghapus software yang tidak Anda gunakan juga bisa menjadi cara mempercepat kinerja Windows 10. Anda perlu mewaspadai bloatware, atau software bawaan yang sebenarnya tidak diperlukan. Walaupun tidak pernah digunakan, bloatware tetap saja akan mengkonsumsi ruang penyimpanan dan RAM dari Windows 10. Oleh karena itu, menghapus software yang tidak pernah digunakan bisa menunjang performa laptop agar menjadi lebih cepat.

Baca Juga: Penjelasan apa itu Usaha Affiliate Marketing, Contoh dan keuntungannya

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023