ACCESSTRADE Indonesia

Sedang Hits, Ini Cara Memulai Startup Bidang Kuliner

Admin
how to Oct 27, 2020

Baca Juga: 10 Contoh Bisnis Afiliasi Paling Mudah Dengan Komisi Terbaik

Makan menjadi salah satu kebutuhan pokok setiap orang. Di mana setiap harinya Anda harus mengkonsumsi makanan agar bisa terus memiliki energi untuk beraktivitas. Berdasarkan hal ini, tidak mengherankan jika kini semakin banyak bermunculan startup bidang kuliner. Bahkan, bisa dikatakan bahwa bisnis satu ini sedang begitu hits. Banyak orang yang mulai membuka bisnis kuliner, baik itu berupa makanan berat hingga makanan ringan. Tertarik untuk juga membuka bisnis yang satu ini? Jangan buru-buru, simak dulu cara memulai startup bidang kuliner berikut.

Fokus pada Produk

Hal pertama yang perlu kamu pikirkan yakni perihal produk apa yang akan dijual. Jika sudah menentukan, jangan buru-buru langsung ingin menjualnya di pasaran. Buatlah sample produk sedikit demi sedikit dan minta kerabat Anda untuk mencobanya. Catat semua masukan dari kerabat dan pertimbangkan apa yang mereka lakukan. Proses pengujian produk ini bisa jadi akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Di mana Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa produk jualan Anda berkualitas dan disukai oleh banyak orang. Jika dirasa sudah yakin dengan kualitas produk yang dimiliki, barulah mulai pikirkan hal lainnya, seperti pengemasan hingga branding.

Mulai Berjualan

Nah, kini produk Anda sudah siap untuk di pasarkan ke publik. Sebagai awalan berjualan, kenalkan produk Anda kepada keluarga, kolega, dan juga tetangga. Orang-orang terdekat ini bisa membantu Anda untuk kembali memberikan feedback mengenai cita rasa hingga kemasan produk yang dijual. Jika produk Anda terbukti enak, tanpa diminta mereka pun akan secara tidak langsung mempromosikannya di media sosial. Jika produk Anda sudah disukai oleh orang-orang terdekat, kini saatnya Anda mulai melakukan promosi lebih gencar lagi untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak. Selain bisa memanfaatkan media sosial, Anda juga bisa mulai membangun kios di tempat strategis.

Tinjau Feedback Konsumen

Setelah bisnis sudah berjalan cukup lama, Anda bisa mengenalkan konsep baru bagi konsumen. Baik itu kemasan produk yang baru atau bahkan mengenalkan varian produk yang baru. Agar versi terbaru yang Anda kenalkan bisa diterima dengan baik, jangan lupa untuk kembali minta feedback dan tinjau umpan balik yang didapatkan tersebut. Tak ada salahnya jika Anda mengirimkan sample produk baru terlebih dahulu pada beberapa konsumen. Meski pemberian sample ini bersifat gratis, feedback yang Anda dapatkan bisa mendatangkan keuntungan yang lebih banyak di kemudian hari. Namun ingat, kenalkan kategori produk yang baru jika memang produk sebelumnya sudah mengalami peningkatan yang maksimal.

Hadiri Workshop atau Acara Pengusaha

Membangun relasi menjadi hal yang perlu dilakukan oleh para pemilik bisnis, tak terkecuali startup bisnis kuliner. Cara membangun relasi yang cukup mudah yakni mendatangi sebuah workshop atau acara sejenis lainnya yang memang mempertemukan para pengusaha. Gali ilmu sebanyak-banyaknya dari para pengusaha lain dan jangan lupa sharing tentang bisnis Anda. Bukan tidak mungkin beberapa pengusaha yang akan Anda jumpai bisa jadi konsumen potensial yang suka dengan produk Anda.

Lakukan Branding

Sekalipun cita rasa produk Anda sudah sangat enak, rasanya tidak lengkap jika Anda tak memaksimalkan penjualan. Semakin bagus branding yang dilakukan akan membuat produk Anda semakin dikenal orang banyak. Dalam melakukan branding dan menyusun strategi marketing, Anda bisa memanfaatkan media sosial. Buat konten semenarik mungkin untuk menjangkau jumlah konsumen yang lebih banyak. Jangan lupa untuk juga lakukan pemasangan iklan di media sosial yang sesuai dengan target market Anda.

Meski memanfaatkan media sosial sebagai strategi marketing menjadi hal yang sangat penting, promosi secara langsung kepada konsumen juga tidak kalah pentingnya. Pastikan gerai yang Anda gunakan untuk menjual produk juga cukup menarik perhatian konsumen. Pilih desain dan dekorasi gerai yang memang sesuai dengan visi misi bisnis Anda. Semakin bagus tampilan fisik gerai Anda, konsumen baru tidak akan ragu melakukan pembelian produk.

Tidak ada kata terlambat untuk mulai membangun sebuah startup bisnis kuliner. Bagi Anda yang masih kebingungan untuk memulainya, berinteraksilah dengan orang sebanyak mungkin dan mintalah masukan. Akan lebih baik jika orang-orang yang Anda jumpai tergabung dalam sebuah komunitas yang memang diperuntukkan untuk para pemilik bisnis. Semakin banyak masukan dan saran yang Anda terima dari orang-orang berpengalaman, akan membuat Anda semakin yakin untuk mulai membangun sebuah startup bisnis kuliner.

Meyakinkan diri untuk memulai membangun bisnis memang bukanlah hal yang mudah, tapi ada satu hal lain yang juga tidak kalah penting, yakni mempertahankan bisnis. Sekalipun bisnis Anda begitu booming pada awal perilisannya, bukan berarti Anda harus bersantai dan tidak memikirkan strategi dan inovasi baru. Jumlah startup bisnis kuliner yang semakin banyak membuat Anda harus terus memikirkan cara untuk bisa tetap bertahan di tengah persaingan yang bisa dibilang ketat.

Baca Juga: Bongkar Rahasia Cara Menjadi Affiliate Marketer yang Sukses untuk Ibu Rumah Tangga

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023