ACCESSTRADE Indonesia

Banyak 'Aib' Masa Lalu? Ini Cara Menghapus Akun FB

Admin
how to Sep 07, 2020

Baca Juga: Rangkuman Lengkap Jenis Bisnis Online Untuk Pemula Terlengkap, Affiliate marketing paling diminati

Bagi masyarakat kelahiran tahun 90-an, Facebook menjadi sosial media yang sangat populer dan keren pada masanya. Jangan ditanya, ada berapa anak muda yang merupakan pengguna aktif dari sosial media yang satu ini. Selain digunakan untuk mengunggah status, Facebook juga digunakan untuk berkumpul dengan komunitas hingga mengunggah foto dan video. Sehingga tidak heran, jika banyak "aib" masa remaja yang terabadikan dengan jelas melalui sosial media satu ini.

Beberapa dari Anda tentu merasa geli dengan kumpulan foto "aib" yang ada di laman Facebook. Hal ini tidak menjadi persoalan yang besar jika foto "aib" yang terpampang hanya berjumlah puluhan foto saja. Di mana Anda bisa dengan mudah menghapus satu per satu dari setiap foto "aib" tersebut. Namun, apa yang harus dilakukan jika foto "aib" Anda berjumlah ratusan dan Anda tidak memiliki banyak waktu luang untuk menghapus manual? Satu-satunya solusi yakni dengan menghapus akun FB. Untuk memudahkan Anda melakukan hal tersebut, simak ulasan berikut mengenai cara menghapus akun FB.

Daftar Isi

Cara Menghapus Akun FB

Proses dan cara menghapus akun FB bisa dikatakan sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan proses login terlebih dahulu untuk memasuki laman FB milik Anda. Sebelum memutuskan untuk menghapus akun FB, cek dulu apakah terdapat informasi atau kenangan penting yang hanya ada di laman FB Anda. Jika ada, lakukan pengunduhan terlebih dahulu sebelum menghapus akun. Namun, jika Anda sudah yakin dan ingin segera menghapus akun, ikuti langkah menghapus akun berikut ini:

  • Klik tombol yang ada di bagian kanan atas dan pilih menu "Pengaturan & Privasi".
  • Klik menu "Pengaturan" yang bisa mengarahkan untuk mengubah beragam pengaturan pada laman FB Anda, termasuk penghapusan akun.
  • Pada sisi kanan laman FB, akan muncul beberapa menu yang bisa Anda pilih. Klik menu "Informasi Facebook Anda" untuk proses menghapus akun 
  • Scroll ke arah bawah dan Anda akan menemukan menu "Penonaktifan dan Penghapusan".
  • Setelah di klik, Anda akan kembali diberi pilihan apakah ingin menonaktifkan FB untuk beberapa waktu atau ingin menghapus akun FB secara permanen.
  • Jika sudah memilih "Hapus Akun Selamanya", kini akun FB Anda beserta seluruh foto "aib" di dalamnya akan segera hilang.

Proses yang terbilang sangat mudah bukan untuk menghapus akun FB? Namun, pastikan Anda benar-benar yakin untuk menghapus akun sebelum mengikuti proses di atas, ya.

Proses Menghapus Akun Bisa Dibatalkan

Facebook memberikan Anda waktu untuk kembali berfikir apakah sudah yakin untuk menghapus akun FB yang dimiliki. Waktu yang diberikan oleh pihak Facebook ini yakni selama 14 hari lamanya. Dalam kurun waktu 14 hari ini, Anda bisa melakukan pembatalan terhadap akun FB yang sudah dihapus secara permanen.

Namun, jika dalam kurun waktu 14 hari Anda tidak melakukan pembatalan, akun FB milik Anda akan benar-benar terhapus secara permanen dan tidak bisa dikembalikan lagi. Berikut langkah untuk membatalkan proses penghapusan akun FB.

  • Lakukan login kembali pada akun FB seperti sebelumnya. Pastikan seluruh email dan password yang dicantumkan benar tanpa ada kesalahan. Proses login ini hanya akan bisa Anda lakukan dalam kurun waktu 14 hari setelah memilih menghapus akun.
  • Setelah berhasil melakukan login, Anda bisa langsung memilih opsi "Batalkan Penghapusan".

Dengan melakukan langkah yang telah disebutkan di atas, proses penghapusan akun FB Anda akan langsung dibatalkan. Anda pun bisa kembali mengakses Facebook seperti sebelumnya.

Cara Menghapus Akun FB Lupa Password

Sebagai orang yang sudah tidak lagi menggunakan Facebook, bukan hal yang tidak mungkin jika Anda lupa terhadap email maupun password akun FB yang dimiliki. Namun tenang, hal ini tidak membuat Anda gagal dalam menghapus akun FB yang dipenuhi dengan foto "aib". Berikut cara menghapus akun FB saat Anda lupa dengan password maupun email yang digunakan.

  • Buka laman Facebook melalui desktop atau aplikasi Facebook di smartphone seperti saat akan melakukan proses login.
  • Klik tombol "Forgotten Password" yang terdapat di bagian bawah password. Ini merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa kembali memasuki akun FB yang dimiliki.
  • Kemudian, Anda diminta untuk mengisi alamat email atau nomor telepon yang sebelumnya sudah terhubung dengan Facebook. Apabila Anda lupa dengan email yang pernah digunakan, sebagai alternatifnya Anda bisa memasukkan nomor telepon.
  • Setelah selesai, Anda akan langsung mendapatkan password baru yang akan dikirim melalui nomor telepon atau email sesuai dengan yang sebelumnya Anda cantumkan.
  • Masukkan password baru untuk proses login dan Anda bisa langsung menghapus akun Facebook sesuai dengan langkah-langkah yang telah disebutkan sebelumnya.

Apa yang Terjadi dengan Akun FB yang Dihapus

Beberapa dari Anda tentu dibuat penasaran dengan apa yang terjadi terhadap akun FB yang telah dihapus. Jawabannya yakni akun Anda benar-benar hilang sepenuhnya dan tidak bisa lagi dikembalikan kecuali jika Anda melakukan pembatalan pada batas waktu yang telah ditentukan. Berbagai macam foto, video, dan postingan, yang ada di akun FB Anda akan benar-benar hilang. Dalam hal ini, foto "aib" yang memalukan juga secara tidak langsung akan hilang dengan sendirinya. Anda pun bisa merasa lega tanpa khawatir akan ada kerabat yang menemukan foto "aib" Anda.

Jika sebelumnya Anda merupakan pengguna aktif dari Facebook Messenger, berbagai macam pesan yang pernah Anda kirimkan kepada kerabat atau keluarga juga akan hilang secara otomatis. Anda pun tidak bisa lagi mengakses Facebook Messenger pada akun FB yang telah dihapus.

Di sisi lain, Anda juga tidak lagi bisa melakukan login pada aplikasi yang terkoneksi dengan Facebook. Jika Anda membuka aplikasi seperti Spotify menggunakan fitur login Facebook, terhapusnya akun FB membuat Anda perlu membuat akun Spotify yang baru. Hal ini juga akan berlaku pada aplikasi lain yang Anda koneksikan dengan fitur login FB.

Cara menghapus akun FB yang telah disebutkan di atas tentu terbilang mudah untuk dilakukan. Di mana Anda hanya membutuhkan waktu yang sebentar untuk menghilangkan semua jejak "aib" masa lalu yang ada di laman FB. Proses yang singkat ini juga masih bisa diterapkan oleh Anda yang memiliki aktivitas cukup padat.

Akan tetapi, jika Anda hanya ingin berhenti menggunakan akun FB selama kurun waktu tertentu, Anda sebaiknya tidak menghapus akun FB melainkan hanya menonaktifkan saja. Saat akun FB dalam kondisi dinonaktifkan, pengguna FB yang lain tidak akan bisa mengakses laman FB Anda. Foto "aib" yang Anda miliki pun juga tidak akan bisa diakses oleh siapapun sebelum Anda kembali mengaktifkan laman Facebook tersebut. Namun, semua tentu kembali kepada keputusan Anda apakah memilih untuk menonaktifkan atau  tetap menghapus akun FB.

Baca Juga: Contoh Affiliate Marketing yang Bagus Serta Tips Menjalankannya di Youtube

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023