Cara Sukses Content Creator Menjadi Afiliator Marketing

Cara Sukses Content Creator Menjadi Afiliator Marketing

Admin
affiliate marketing Mar 05, 2023
SHARE ON
1686544341_cara-sukses-content-creator-menjadi-afiliator-marketing-1.jpg

Ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk memonetisasi konten di sosial media. Salah satu yang paling popular dan berhasil membawa kesuksesan adalah affiliate marketing. Nah, Anda sebagai konten kreator juga bisa merangkap sebagai affiliate marketer dalam satu bidang yang sama. 

Bagaimana Cara Menjadi Afiliator?

Bagaimana cara memulai bisnis afiliasi yang benar dan efektif? Berikut Accesstrade jelaskan lebih lengkapnya.

1. Menentukan Niche

Niche market merupakan kelompok pelanggan potensial yang lebih kecil dan memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dengan pasar yang lebih besar. Karena dengan adanya niche market, marketer atau konten creator bisa mengerucutkan audience dan jumlah kompetitor jadi lebih sedikit. Semakin mengerucut audience, maka kualitas konten yang dihasilkan pun juga jadi lebih menarik dan relevan dengan audience.

Audience atau permirsa adalah istilah untuk orang-orang yang menyaksikan konten Anda. Sedangkan target pasar merupakan istilah untuk individu atau kalangan yang menjadi target promosi utama. Akan tetapi, jangan sampai terkecoh dengan produk tertentu. Seperti produk keperluan bayi. Produk keperluan bayi target pasarnya adalah pasangan suami-istri, khususnya yang ingin memulai program hamil.

2. Pilihan Niche yang Tersedia

Sejumlah contoh dari niche yang tersedia dalam affiliate marketing pada umumnya terbagi kedalam beberapa industri, diantaranya adalah E-commerce, Online Services, Education, Financial Services, Beauty / Cosmetics, Travel and Leisure

3. Sesuaikan Niche dengan Keahlian

Expertise merupakan merupakah hal yang berkaitan dengan keahlian si pembuat konten. Jadi, konten yang ada di website maupun social media haruslah dibuat oleh seorang ahli yang memang telah memahami industri atau suatu topik tertentu.

Terlebih jika konten yang akan dibuat berkaitan dengan topik kesehatan atau keuangan, maka keahlian formal, kualifikasi, dan pendidikan dari pembuat konten sangat perlu diperhatikan.

4. Sesuaikan Platform dengan Jenis Konten

Jika Anda senang membuat video media sosial, jadikan Instagram, youtube maupun tiktok sebagai platform Anda. Jika Anda seorang penulis yang baik, blogging dan twitter adalah dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat. Berikut adalah beberapa contoh platform media sosial yang umum digunakan untuk digital branding:

  • Platform media sosial terbaik kategori jaringan online yaitu Facebook dan Twitter

  • Platform sosial media kategori berbagi konten (sharing network) yaitu ada Instagram, Youtube, Tiktok dan Pinterest

  • Platform sosial media kategori forum diskusi dan Quora dan Reddit

Baca juga: Cara Menjadi Affiliate Marketer untuk Ibu Rumah Tangga

5. Perhatikan Kriteria dan karakteristik Program Afiliasi

Jika sudah yakin untuk bergabung sebagai konten kreator affiliate marketing, sekarang tinggal mendaftarkan diri sebagai affiliate marketer di penyedia program. Ada beberapa program afiliasi di Indonesia yang bisa Anda coba mengingat popularitasnya yang sudah cukup tinggi. Berikut beberapa program afiliasi yang dimaksud.

A. TikTok

TikTok adalah platform video singkat yang sebagai besarnya digunakan oleh kalangan remaja dan dewasa muda. Melalui TikTok Affiliate, platform ini menyediakan program bagi affiliate marketer untuki mempromosikan produk TikTok Shop. Platform ini cocok untuk Anda yang ingin terjun sebagai affiliate marketer dengan produk kekinian. Dari segi konten, TikTok memiliki program FYP sehingga konten lebih mudah tersebar ke banyak pengguna. Khususnya konten kekinian yang menarik perhatian kaula muda. Anda bisa meletakkan link terafiliasi pada caption maupun bio. Tertarik mendapat pemasukan tambahan dari tiktok? Yuuk, cari tahu bagaimana cara daftar afiliasi TikTok beserta pesyaratannya.

B. Tokopedia

Sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia mengusung dua jenis komisi, yaitu berdasar penjualan dan berdasar kunjungan. Inilah yang menjadikan Tokopedia Affiliate sedikit berbeda dan menarik perhatian sejumlah konten kreator untuk mencoba. Anda juga bisa bergabung secara gratis tanpa biaya apa pun melalui aplikasi resminya.

C. Shopee

Shopee menjadi rival terbesar Tokopedia dalam karirnya di Indonesia. Shopee memiliki jutaan pelanggan dengan nilai akumulasi transaksi hingga milyaran rupiah per tahun. Posisi ini menjadikannya sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia sehingga cocok dijadikan ladang afiliasi. Dengan nilai komisi affiliate shopee up to 10%, Anda bisa langsung mendaftarkan diri secara gratis melalui laman web resminya. Belum lagi beberapa bonus lain dari penjual dan tim Shopee itu sendiri yang membuat pemasukan semakin deras.

D. Lazada

Lazada cocok bagi Anda yang memiliki pasar luas se-Asia Tenggara. Popularitasnya memang sudah teruji untuk produk luar negeri dengan kualitas terbaik. Bagi affiliate marketer, Lazada merupakan salah satu platform fleksibel yang memiliki dua campaign. Campaign pertama adalah khusus untuk aplikasinya dan campaign kedua untuk penjualan produk. Nilai komisinya bisa mencapai 10% tergantung dari status pengguna apakah masih baru atau pengguna lama. Jika tertarik, berikut proses lengkapnya bagaimana cara daftar Lazada Affiliate dan programnya dengan mudah.

E. Blibli

Pamor Blibli sedikit lebih rendah dibanding dengan beberapa marketplace di atas. Akan tetapi, Blibli memiliki pasar yang cukup besar untuk produk-produk luar negeri, khususnya produk merchandise. Cara daftar afiliasi Blibli juga gratis dengan nilai komisi yang bervariatif.

6. Pilih Program Afiliasi yang Relevan

Perlu menjadi catatan juga agar tidak fokus terhadap program afiliasi dengan bayaran tertinggi saja, tetapi program yang memberikan penawaran yang menarik dan sesuai dengan niche serta Audiens.

7. Daftar ke program afiliasi

Setelah memilih program afiliasi, Anda harus mendaftar dan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku. Biasanya, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran yang berisi informasi pribadi dan akun bank atau akun pembayaran online yang akan digunakan untuk menerima komisi. Bagaimana? Tertarik untuk Join Affiliate Marketing Program yang menawarkan banyak komisi tambahan?

8. Dapatkan link afiliasi

Setelah terdaftar, Anda akan diberikan link afiliasi yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk atau layanan yang terkait dengan program afiliasi tersebut. Anda dapat memasukkan link afiliasi di website, blog, media sosial atau email.

9. Melakukan Riset Produk

Memilih dan riset produk merupakan langkah tepat dalam menjalani bisnis affiliate marketing. Poin ini harus affiliate marketer kuasai agar promosi yang dilakukan bisa efisien dan tidak sia-sia ke depannya. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Melihat tren jenis produk di sosial media. Anda bisa menggunakan Instagram, TikTok, dan sosial media sejenis
  • Produk terlaris di platform e-commerce marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, dan lain sebagainya
  • Produk dan layanan jasa yang sering orang bicarakan di hadapan public
  • Dalam melakukan riset produk, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan konten yang ingin dibuat.

10. Kenali Produk / Jasa yang Akan Dipromosikan

Mengenali produk / jasa yang akan dipromosikan melalui konten akan memberikan Anda segudang kemudahan dalam menyampaikan informasi ke depannya. Konten informatif adalah kebutuhan setiap audience ketika sedang mencari keperluan produk atau jasa. Penyampaian informasi yang lugas dan percaya diri dapat memberikan efek influence terhadap audience sehingga tertarik dengan produk tersebut.

Beberapa hal yang bisa Anda cari terkait informasi campaign adalah seperti apa dan untuk apa produk / jasa tersebut diperlukan. Proses penggunaan dan ulasan dari pelanggan terdahulu juga bisa menjadi senjata efektif dalam meraih pelanggan baru. Target pasar, deskripsi produk, dan keterangan lainnya dapat menjadi pengisi konten yang mampu menarik perhatian banyak orang di internet.

Baca juga: 11 Rekomendasi Cara Bisnis Afiliasi Paling Menguntungkan

11. Sesuaikan Bahasa dengan Niche Audience

Anda dapat menggunakan bahasa yang telah Anda kuasai dan disesuaikan dengan target audiens Anda. Bila Anda ingin menargetkan warga Indonesia saja, gunakanlah bahasa Indonesia untuk tulisan atau konten sehari-hari.

12. Promosikan produk atau layanan

Mulailah mempromosikan produk atau layanan yang terkait dengan program afiliasi tersebut dengan cara menempatkan link afiliasi di website atau blog Anda. Anda juga dapat mempromosikan melalui iklan online atau media sosial. Contoh cara promosi affiliate di sosial media seperti di instagram dengan melalui sticker link di stories, dan pada bio profile instagram.

13. Buat Konten yang Berkualitas

Untuk menjadi afiliasi yang dipercaya, Anda perlu menghasilkan konten yang berkualitas agar orang-orang tergiur untuk mencoba produk dalam konten Anda dan ingin membelinya langsung. Melakukan promosi di media sosial adalah cara yang mudah dan gratis untuk menyampaikan konten Anda ke tangan orang-orang yang mungkin tertarik.

14. Konsultasi dengan Brand

Untuk menemukan peluang afiliasi yang baik, Anda dapat bertanya pada brand favorit Anda apakah mereka memiliki program afiliasi. Dengan begitu, Anda dapat mempromosikan produk yang Anda terima sesuai dengan program afiliasi yang disarankan bila ragu untuk memilih program afiliasi tertentu.

15. Bangun Kepercayaan dengan Audience

Ketika menjadi konten kreator dan affiliate marketer, membangun rasa percaya dengan audience termasuk poin paling penting. Mau bagaimana pun, sumber pemasukan komisi untuk affiliate marketer sebagian besar akan berasal dari audience yang menyaksikan konten. Karena itu, membuat konten yang baik dan tepat sasaran akan sangat berguna untuk membangun kepercayaan. Ketika konten Anda dirasa memenuhi pertanyaan audience, ada kemungkinan mereka akan mencari produk lain di konten Anda.

Salah satu cara membangun kepercayaan dengan audience adalah dengan memberikan konten yang informatif sehingga mampu menjawab pertanyaan mereka. Contohnya adalah konten review produk secara jujur. Review jujur akan membuat audience yakin dengan hasil ulasan Anda dan meningkatkan potensi konversi. Hasil riset produk tadi akan sangat berguna untuk membangun kepercayaan ini.

16. Konten yang Bermanfaat

Affiliate marketer bukan hanya tentang promosi saja, melainkan tentang manfaat juga. Posisi Anda sebagai konten kreator harus mampu memberikan konten bermanfaat yang bisa jadi asupan khalayak umum. Pikirkan iklan afiliasi Anda sebagai sumber honor tambahan yang bisa melengkapi konten website / sosmed. Bukan hanya dipasang saja, tetapi tentukan bahwa produk itu bisa bermanfaat untuk orang banyak dan bukan abal-abal.

17. Membuat Konten Timeless

Anda juga bisa membuat konten yang timeless yang tidak pernah surut alias abadi, bisa dipakai kapan pun. Maksudnya adalah Anda bisa menggunakan konten itu dan diperbarui kembali karena informasinya masih bernilai dan relevan di waktu sebelumnya hingga waktu sekarang ini.

18. Konten Relevan dan Up to Date

Selanjutnya, Anda harus bisa membuat konten yang relevan dengan program afiliasi. Cukup dengan selalu up-to-date dengan program pemasaran yang dibuat. Seperti meningkatkan keunggulan, atau membuat iklan menjadi lebih menarik secara visual. Perubahan kecil ini, tentunya bisa membantu dalam memotivasi tindakan oleh pembaca, penonton, atau calon pembeli

19. Mengikuti Peraturan HAK dan Perlindungan Konsumen

Menurut UU No.8 Tahun 1999 konsumen memiliki HAK untuk menerima kebenaran atas segala informasi pasti. Hal yang paling utama bagi para konsumen, guna mengetahui apa saja informasi terkait produk yang dibelinya. Kaitan atau hubungan aturan tersebut dengan bisnis Affiliate adalah sebaiknya ketika akan mempromosikan produk perlu juga untuk mempertimbangkan HAK para konsumen untuk mendapatkan informasi mengenai produk secara menyeluruh seperti bahan material produk yang digunakan, kelebihan bahkan mungkin hingga kekurangannya.

Jika di Amerika peraturan FTC (Federal Trade Commission) yang bertujuan melindungi konsumen dari praktik pemasaran yang menipu. FTC mengharuskan setiap afiliasi mengungkapkan hubungan mereka dengan merek atau produk apa pun yang mereka promosikan. Singkatnya, Anda perlu memberi tahu audiens Anda bahwa Anda mendapatkan kompensasi untuk mempromosikan suatu produk serta tautan yang dipasang adalah tautan afiliasi agar sesuai dengan peraturan FTC yang berlaku.

Baca juga: Panduan Lengkap Affiliate Marketing Program

20. Melatih Kemampuan Pemasaran

Sebagai konten kreator yang akan menggunakan affiliate marketing sebagai monetisasi, pastinya trik memasarkan produk sangat wajib dikuasai. Mendalami strategi pemasaran akan mempermudah Anda dalam membuat konten yang mampu membujuk audience. Strategi ini bisa dilakukan secara halus maupun terang-terangan seperti memberitahu cara membeli dan pembayarannya.

21. Mengedepankan Kejujuran

Melanjutkan poin sebelumnya, seorang afiliasi lebih dianjurkan untuk memberikan transparansi terkait hubungan kerja sama, misalnya mengatakan bahwa produk yang dikenakan adalah sponsor dari brand tertentu. Kejujuran ini tentunya akan lebih dihargai oleh audiens daripada mereka yang tidak mengungkapkannya.

22. Manfaatkan SEO

Jika Anda menggunakan blog, pelajarilah SEO. Buatlah riset kata kunci dan menerapkan SEO yang lebih baik untuk meningkatkan traffic situs yang memungkinkan pengunjung semakin tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan dan keberhasilan afiliasi pun tercapai.

23. Sabar dan Konsisten

Untuk menjadi content creator afiliator yang sukses, tentunya diperlukan kesabaran dengan proses yang akan dilalui. Sabarlah dengan menekuni bisnis afiliasi marketing ini. Ketika memutuskan mengikuti program afiliasi, mungkin akan merasa kesal karena sering gagal atau susah mendapatkan keuntungan yang banyak. Khususnya ketika tidak setiap penonton mengklik iklan, kode link, atau langsung membeli produk yang telah ditawarkan.

Sedangkan hal yang paling susah dilakukan sebenarnya adalah menjadi content creator yang konsisten. Saat mengalami satu kegagalan, maka Anda mungkin akan merasa kecewa hingga enggan untuk mencobanya lagi. Tapi ingat, kegagalan bisa membawa bisnis Anda pada peluang sukses yang lebih besar dengan melakukan evaluasi. Karena itulah konsisten diperlukan.

24. Terima komisi

Setiap kali seseorang mengklik link afiliasi Anda dan melakukan pembelian, Anda akan menerima komisi sesuai dengan persentase atau jumlah yang ditetapkan dalam program afiliasi. Sistem pembayaran komisi affiliate marketing biasanya dibayarkan setiap bulan atau dalam jangka waktu tertentu yang disepakati.

Nah, jika masih bingung afiliasi mana yang bisa bisa menghasilkan uang tambahan yang lumayan. Anda bisa memilih Accesstrade sebagai pilihan. Tidak usah khawatir, segala kebutuhan promosi akan berjalan dengan baik berkat program affiliasi dari berbagai brand e-commerce dan marketplace. Soal komisi, Accesstrade cukup bervariatif dengan nilai terbesar mencapai jutaan rupiah. Tunggu apa lagi? Cek Website Bisnis Online Affiliate Marketing di Indonesia sekarang!

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait