ACCESSTRADE Indonesia

Bongkar Rahasia Cara Menjadi Affiliate Marketer yang Sukses untuk Ibu Rumah Tangga

Admin
how to Sep 28, 2022

Baca Juga: Apa Itu Afiliasi Marketing? Pemasaran Online yang Bisa Bikin Cuan!

Siapa bilang ibu rumah tangga tidak bisa menjajal menjadi affiliate marketer atau afiliator? Sekarang ini, teknologi khususnya dunia digital sedang trend dengan dunia pemasaran afiliasi. Lantaran, program pemasaran afiliasi ini bisa menjadi pendapatan sampingan dengan komisi dan honor yang menggiurkan. Lantas, bagaimana cara menjadi affiliate marketer bagi ibu rumah tangga? apa saja yang perlu diperhatikan? Mari kita simak artikel di bawah ini

Daftar Isi

Mengenal Apa itu Affiliate Marketer

Affiliate marketer, merupakan sebutan untuk orang atau pelaku atau pihak yang menjalankan kerjasama afiliasi marketing dengan perusahaan penyedia program afiliasi. Affiliate marketer juga disebut sebagai affiliator.

Nah sementara affiliate marketing, merupakan salah satu kegiatan pemasaran dimana pemilik usaha atau perusahaan menggunakan jasa para affiliate marketer atau afiliator untuk membantu memasarkan produk atau jasa mereka.

Apakah ibu rumah tangga bisa menjadi affiliate marketer atau affiliator? Tentunya, bisa. Selama mereka atau kaum ibu-ibu ini mau belajar, berkembang dan memper dalam ilmu pemasaran. Sehingga, bisa memasarkan dan menjual hingga berhasil memikat pembeli bertransaksi.

Bagi ibu rumah tangga memang menjadi dilema, apakah bisa sambil bekerja atau sebagai ibu rumah tangga biasa. Tapi jika ada kemauan maka disitu ada peluang keberhasilan.

Dengan teknologi yang kian memudahkan dan membantu, ibu rumah tangga juga bisa memanfaatkan peluang emas dari bisnis online. Salah satunya dengan cara menjadi affiliate marketer di perusahaan atau penyedia program afiliasi. Tentunya, Ibu rumah tangga masih bisa mengawasi anak sambil memasarkan produk yang dijual.

Apa Saja Program Affiliate Marketing di Indonesia?

Saat ini khususnya di Indonesia, sudah banyak perusahaan yang membuka program afiliasi marketing atau membutuhkan jasa affiliate marketer untuk menambah penjualan, target pasar, hingga menuai keuntungan besar.

Lazada Indonesia Affiliate program

Teruntuk ibu rumah tangga milenial, yang aktif belanja online pasti tahu dengan e-commerce satu ini yaitu Lazada. Lazada ini telah menjadi pelopor kemunculan berbagai e-commerce Indonesia. Tentu saja, karena pelopor para pengikut, pengunjung hingga penggunanya sudah mencapai jutaan orang.

Ketika Kamu bergabung memulai cara menjadi affiliate marketer di platform ini, Lazada bisa menawarkan komisi 10%, lho. Ini adalah kesempatan emas untuk para ibu-ibu milenial meraih keuntungan.

Blibli Affiliate program

Toko online selanjutnya, yang bisa Kamu coba untuk menjadi affiliator adalah Blibli. Blibli dengan simbol biru ini, menyediakan program afiliasi untuk memasarkan berbagai produknya. Tapi, bedanya tidak perlu mempromosikan produk satu persatu. Jadi, jauh lebih praktis. Komisi yang diperoleh menggunakan system pembayaran per penjualan, atau komisi diberikan tiap adanya transaksi penjualan. 

Bukalapak Affiliate program

Toko online asal Indonesia, Bukalapak juga membuka program affiliate marketing untuk meningkatkan penjualan produk-produknya.

Ketika telah menjadi mitra affiliatornya, Kamu bisa memilih kategori produk yang ingin dipasarkan. Komisinya sendiri berkisar antara 2-5%. Lumayan bukan untuk bekerja dari rumah?

Shopee Indonesia Affiliate program

Brand dengan warna kuning ini paling ramai penggunanya, yaitu Shopee. Shopee asal Negeri sebrang ini juga memiliki pengguna jutaan termasuk Shopee Indonesia.

Walau sudah jutaan pengguna, shopee tetap membuka program affiliate marketing atau membutuhkan jasa affiliator sebagai pihak kedua pemasaran. Soal komisi, Shopee menawarkan komisi yang cukup besar. Mulai dari 5-10% di tiap penjualan yang berhasil. Daripada dipakai belanja saja, lebih baik Kamu mulai mencari informasi cara menjadi affiliate marketer shopee.

Tokopedia Indonesia Affiliate Program

Sebagai ibu rumah tangga yang mau memulai bisnis afiliasi marketing, bisa coba dan daftar di Tokopedia Affiliate program. Jika sudah cukup memenuhi kriteria dan mendapatkan link ID afiliasi, maka bisa digunakan mempromosikan produk milik Seller atau merchant.

Lalu, tinggal membagikan link tersebut ke pengguna lainnya melalui channel Social Media. Jika terjual, tentunya Kamu akan mendapatkan komisi menggiurkan.

Traveloka Affiliate program

Buat yang hobi berwisata, keliling tempat kekinian, tidak bisa diam di rumah, sangat cocok menjadi affiliate marketer Traveloka Apps.

Dengan menjadi bagian dari Traveloka Affiliate, bisa mendapatkan cuan tambahan sembari mempromosikan tempat-tempat wisata menarik.

Daftarkan diri kamu sekarang ke affiliate program Traveloka. Ikuti seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku supaya permohonan kerjasama cepat disetujui.

Setelah disetujui, segera lakukan promosikan materi iklan yang disiapkan oleh tim Traveloka! Cara promosi ini akan terasa jauh lebih seru dan menyenangkan, karena tidak membosankan memasarkan produk/ jasa pelayanan, tetapi juga membahas hal-hal seru bertema travelling.

Baca Juga : Lagi Tren, Cara Daftar Afiliasi TikTok Bisa Dapatkan Cuan dengan Instan

Cara Menjadi Affiliate Marketer

 cara menjadi afiliasi marketer

Cara menjadi affiliate marketer sebenarnya mudah. Kamu hanya perlu konsisten, mau belajar, terus berusaha, pintar berbagi waktu dan kreatif.

Berikut ini cara menjadi affiliate marketer yang bisa dicoba sebagai peluang bisnis sampingan yang menjanjikan.

1. Tentukan jenis program affiliate marketer

Banyak perusahaan yang menyediakan program affiliate marketing, seperti yang sudah disebutkan di atas. Mulai dari penyedia layanan jasa, produk, hingga platform jual-beli.

Nantinya, para afiliator tinggal menyesuaikan program apa yang cocok untuk dicoba. Dengan memperhatikan komisi, dukungan, reputasi perusahaan, jenis konten, kondisi pasar, dan sebagainya.

2. Mendaftar sebagai affiliate marketer

cara menjadi affiliate marketer atau afiliator terutama adalah melakukan pendaftaran. Cukup kunjungi situs, website, atau aplikasi perusahaan yang membuka program affiliasi marketing. Jika tersedia penawaran dari program afiliasi perusahaan tersebut, silahkan pilih dengan mempertimbangkan relevansi program terhadap kemampuan ketika akan melakukan promosi nanti.

Jika sudah berhasil bergabung dengan program afiliasi tersebut, maka sang punya program akan memberikan ID/ link atau kode referral yang wajib digunakan. Sebagai identitas promosi hingga pintu komisi yang akan didapat.

3. Menentukan media untuk promosi

Cara menjadi affiliate marketer selanjutnya, menentukan media promosi. Ada berbagai media yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan link afiliasi atau ID afiliasi. Umumnya, seorang affiliate marketer menggunakan platform situs website, channel di youtube, sosial media Instagram, TikTok, email dan lainnya.

Kamu tinggal memilih media promosi yang bisa mendukung program afiliasi marketing yang telah dipilih. Misalnya, bila hobi menulis, maka website bisa menjadi media pemasaran. jika memiliki channel YouTube tinggal aktif membuat konten relevan seperti vlog, review, dan lainnya. Sementara, di media sosial hanya perlu aktif saja dalam menggunakan dan membuat kontennya.

4. Cara menjadi affiliate marketer yang sukses buatlah konten yang menarik

Tahap selanjutnya adalah membuat konten sesuai jenis produk atau layanan di program afiliasi marketing. Konten yang dibuat bisa seperti ulasan atau review, atau konten promosi secara umum.

Yang terpenting di tahap ini, yaitu bagaimana konten yang kamu buat mampu menarik minat konsumen untuk bisa bertransaksi, tentu dengan kreativitas yang dimiliki.

5. Cara menjadi affiliate marketer yang sukses dengan lakukan promosi yang menarik

Setelah kamu memiliki konten untuk dipromosikan atau diiklankan, cara selanjutnya tinggal menyebarkan tautan afiliasi tersebut melalui media-media yang akan kamu gunakan. Sematkan link di tulisan jika menggunakan blog kemudian lakukan optimasi, agar blog terindex mesin telusur alias dengan bantuan SEO.

Begitu juga dengan YouTube, buatlah konten yang semenarik mungkin untuk mengarahkan penonton mengklik tautan yang  dipromosikan. Bila menggunakan sosial media, cukup menulis beberapa kalimat ‘menggoda” dan menambahkan gambar pendukung yang telah dibuat sebelumnya. Dan di akhirnya tinggal berikan CTA dengan klik tautan.

Biasanya untuk bisa menarik perhatian, adalah dengan mengikuti tren yang sedang populer saat ini. Tapi ingatlah, buat konten yang relevan antara trend dan promosi kamu ya. Karena jika tidak relevan, maka siap-siap diabaikan.

6. Cara menjadi affiliate marketer yang berhasil adalah tetaplah konsisten.

Hal yang paling susah dilakukan bagi ibu rumah tangga atau pribadi lainnya, adalah menjaga tetap konsisten. Saat kita mengalami satu kegagalan maka kita akan kecewa, bahkan enggan untuk mencobanya lagi. Tapi ingatlah, bila kegagalan bisa membuat sukses. Ketika sukses, siapa yang senang? Tentu anak dan keluargalah yang senang bukan?

Jangan biarkan kegagalan menghalangi kamu, untuk terus mencoba dan raih kesuksesan. Walau disaat lelah atau jenuh, tetap harus bangun lagi. Ingat keluarga dan coba mengevaluasi strategi penjualan yang salah dan memperbaiki hal itu.

Itulah beberapa tips dan cara, menjadi affiliate marketer yang sukses bagi ibu rumah tangga. Menjadi ibu rumah tangga bukan hambatan meraih kesuksesan. Siapapun bisa meraih kesuksesan asal ada kemauan belajar. 

Nah, untuk memermudah kesuksesan, tak ada salahnya mencoba program affiliasi dari berbagai brand ecommerce dan marketplace di Accesstrade. Kamu akan mendapatkan keuntungan komisi yang menarik. So, tunggu apa lagi daftar sekarang

Baca Juga : Cara Daftar Afiliasi Tiket.com, Solusi Cuan Sambil Jalan-Jalan!

Artikel Terkait
how to
Accesstrade menawarkan berbagai kemudahan yang bisa kalian nikmati, termasuk pembagian komisi yang menggiurkan serta memiliki berbagai fitur yang bisa memudahkan kalian.
Nov 30, 2022
how to
Ingin meraup cuan hingga jutaan rupiah melalui affiliate marketing Shopee di Accesstrade? Terapkan 10 strategi bisnis affiliate marketing paling rekomendasi saat ini yang dapat anda pakai di semua chanel online Anda.
Nov 30, 2022
affiliate marketing
Peluang affiliate marketing tiktok paling banyak di sukai masyarakat indonesia saat ini
Nov 29, 2022
affiliate marketing
Rekomendasi produk untuk bisnis Afiiasi Tokopedia, bisnis afiliasi yang memiliki komisi cukup besar
Nov 27, 2022
how to
Accesstrade Indonesia sebagai jaringan affiliate marketing di Indonesia, memberikan kemudahan kepada affiliator untuk menjadi affiliate marketing di semua marketplace dan financial hanya di satu dashboard.
Nov 26, 2022