ACCESSTRADE Indonesia

Cara Monetisasi YouTube untuk Vlogger Pemula

Admin
how to Oct 27, 2020

Baca Juga: Rangkuman Lengkap Jenis Bisnis Online Untuk Pemula Terlengkap, Affiliate marketing paling diminati

Vlogging adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan. Anda dapat mendokumentasikan kehidupan maupun peristiwa yang dialami dalam bentuk video. Sehingga, penonton pun dapat melihat langsung dengan mata kepala mereka sendiri. Beberapa tahun belakangan ini, vlogging menjadi semakin populer. Terlebih lagi, dengan semakin banyaknya vlogger yang mendapatkan uang dari YouTube melalui vlog yang mereka unggah. 

Jumlah uang yang diperoleh pun terkadang setara dengan gaji pejabat sekalipun. Sehingga, tak heran banyak yang tergiur untuk ikut monetisasi YouTube untuk mendapatkan penghasilan. Keuntungannya, Anda tidak harus jadi vlogger profesional untuk dapat memonetisasi YouTube. Bahkan, vlogger pemula pun dapat memiliki kesempatan untuk memperoleh penghasilan melalui vlog unggahannya. Berikut adalah beberapa cara memonetisasi YouTube yang perlu untuk Anda ketahui.

Buat YouTube Channel

Langkah pertama untuk monetisasi YouTube adalah dengan membuat YouTube Channel. Anda dapat membuat channel YouTube secara gratis. Tentu saja, jika Anda sudah memiliki akun YouTube, maka dapat gunakan akun tersebut. Namun, bagi Anda yang belum, pertama-tama Anda harus memiliki akun Google Mail terlebih dahulu. 

Setelah itu, gunakan akun Gmail tersebut untuk membuat akun YouTube. Saat membuat akun YouTube pun sebaiknya dilakukan dengan penuh perhitungan. Misalnya, pilihlah nama akun yang unik dan menarik. Anda juga bisa memilih nama yang mencerminkan konsep dari konten yang akan Anda unggah. Akan lebih baik lagi jika konsep yang Anda usung memiliki unsur yang fresh dan berbeda dari jenis channel sejenis.

Monetisasi Channel YouTube Anda

Langkah selanjutnya, Anda dapat mulai monetisasi YouTube. Pertama-tama, masuklah dulu ke dalam akun YouTube Anda dengan cara sign-in. Selanjutnya, pilih menu “Account Information” yang berada pada sebelah kanan. Setelah itu, klik “Creator Studio”. Pada bagian menu sebelah kiri, klik opsi “Channel” dan “Status and Features”. Selanjutnya, pilih opsi “Enable Monetisation”. Setelah itu, klik “Setuju” pada pop-up Agreement yang muncul. 

Sambungkan Channel YouTube Anda ke fitur Adsense

Setelah menu monetisasi YouTube aktif, perjalanan belum selesai. Anda masih harus menyambungkan akun monetisasi tersebut dengan akun Adsense yang sudah disetujui. Nantinya, fitur YouTube Analytic akan muncul. Fitur tersebut akan membantu untuk melakukan pelacakan penghasilan. Nantinya, pembayaran dari Adsense tersebut akan diterima setelah Anda melengkapi persyaratan YouTube payment threshold yang tersedia. 

Optimalkan Fungsi dari Monetisasi Channel YouTube

Selamat! Anda sudah berhasil melakukan monetisasi YouTube. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. YouTube memberlakukan peraturan tertentu yang harus diikuti oleh semua pemilik channel YouTube vlog yang ingin memonetisasi akunnya, yaitu:

  • Video yang ditayangkan nantinya harus user-friendly
  • Konten yang ditawarkan juga harus orisinil dan bukan hasil plagiarisme. Konsep yang ditawarkan juga harus fresh, sehingga nantinya video tersebut dapat dipromote
  • Bagaimana jika Anda nekat menjiplak konsep video yang sudah memperoleh hak cipta? Jika hal tersebut terjadi, maka Anda tidak akan mendapatkan penghasilan apapun dari video tersebut. Selain itu, pihak pemilik video asli juga bisa saja menuntut Anda
  • Video yang akan Anda unggah juga harus memenuhi ToS atau peraturan Terms of Service yang ditetapkan oleh YouTube
  • Fitur iklan baru akan muncul setelah Anda mengunggah video kedua. Jumlah iklan yang muncul juga di luar kendali Anda. Hasil dari penayangan iklan tersebut akan masuk ke dalam penghasilan Anda.

Lakukan Conversion Rate dengan Menyertakan Link ke Laman Produk yang Dipasarkan

Jika Anda bertugas sebagai pihak marketing dari sebuah perusahaan, video monetisasi YouTube bisa dimanfaatkan untuk memperoleh conversion rate yang tinggi. Caranya, buat sebuah video konten dengan konsep soft promotion yang memberitahu tentang keunggulan dari produk yang sedang dipasarkan. Tentunya, semakin menarik konsep dari video tersebut semakin baik. 

Misalnya, Anda dapat mengunggah video tutorial makeup jika produk yang ingin dijual merupakan peralatan alat rias. Untuk produk makanan misalnya, Anda dapat melakukan konten mukbang untuk menggaet peminat. Selanjutnya, sertakan link ke laman product page dari produk yang dipasarkan tersebut di bagian YouTube description. Pada video, Anda juga bisa menyertakan caption agar penonton terarah untuk mengunjungi situs tersebut. Dengan demikian, penonton yang penasaran dengan produk yang digunakan dapat langsung pergi ke situs pemasaran.

Bekerjasama dengan Pihak Sponsorship

Cara lainnya untuk mengoptimalkan channel YouTube monetisasi Anda adalah, menjalin kerjasama dengan para sponsor. Cara ini banyak digunakan oleh para YouTuber profesional, yang tentunya menjadi sukses berkat dukungan dari para sponsor. Namun, ada baiknya untuk memiliki subscriber setia yang cukup besar sebelum mengajukan proposal sponsorship. Semakin besar jumlah subscriber yang Anda miliki, akan semakin besar pula kemungkinan pihak sponsor mengadakan kerjasama dengan Anda.

Demikianlah beberapa cara untuk monetisasi YouTube. Semoga informasi di atas dapat membantu menginspirasi Anda untuk membuat konten yang bermanfaat dan juga menguntungkan bagi Anda. Selamat mencoba.

Baca Juga: 10 Strategi Bisnis Affiliate Marketing Bagi Pemula Yang Paling Direkomendasikan

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023