ACCESSTRADE Indonesia

Cara Mudah Lakukan Digital Marketing via Media Sosial

Admin
how to Aug 25, 2020

Baca Juga: Kupas Tuntas Cara Daftar Shopee Affiliate dan Dapatkan Komisi Besar Hingga 10%

Perkembangan teknologi yang kian maju membuat proses komunikasi jarak jauh terasa semakin mudah dan praktis saja. Hal itu juga semakin ditunjang berkat adanya media sosial. Aplikasi satu ini memungkinkan Anda untuk berbagai informasi kepada masyarakat di berbagai daerah. Kehadiran sosial media membuat Anda bisa tetap berinteraksi dengan keluarga dan kerabat yang berada jauh dari tempat tinggal Anda.

Selain bisa dijadikan sebagai media komunikasi, media sosial juga bisa menjadi sarana promosi terbaik untuk bisnis Anda. Di mana kini Anda bisa dengan mudah mengenalkan dan menjangkau konsumen dengan jumlah yang sangat besar. Semakin handal Anda memanfaatkan sosial media, akan berbanding lurus dengan meningkatkan penjualan bisnis Anda. Meski terkesan mudah, bukan berarti melakukan promo di media sosial bisa dilakukan sembarangan tanpa perencanaan yang matang. Agar Anda bisa memanfaatkan sosial media dengan lebih efektif, berikut beberapa cara mudah melakukan digital marketing via media sosial.

Daftar Isi

Kenali Setiap Jenis Media Sosial

Seperti yang Anda ketahui, media sosial kini hadir dengan berbagai macam jenis. Diantaranya seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan lain sebagainya. Setiap jenis media sosial tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jika Instagram identik dengan postingan berupa foto, Twitter lebih identik dengan postingan berupa tulisan yang dibatasi, lain lagi dengan YouTube yang merupakan sosial media untuk memposting sebuah video.

Selain dibedakan berdasarkan jenis kontennya, setiap jenis sosial media juga memiliki pengguna dengan karakteristik yang berbeda. Sehingga Anda perlu menyesuaikan penggunaan media sosial dengan target market bisnis Anda. Apabila Anda pemilik usaha brand fashion, melakukan strategi digital marketing melalui Instagram tentu akan lebih efektif dibandingkan dengan media sosial lainnya. Hal ini dikarenakan pengguna Instagram cenderung lebih memperhatikan penampilan dan melek terhadap perkembangan fashion.

Buat Konten Secara Konsisten

Konsistensi menjadi salah satu kunci dari berhasilnya sebuah strategi digital marketing. Semakin konsisten Anda mengunggah sebuah konten di laman media sosial, akan membuat followers lebih mengenal bisnis Anda. Sebaliknya, akun yang jarang melakukan update cenderung mudah dilupakan oleh followers. Jika ini terjadi, penjualan Anda pun bisa jadi mengalami penurunan secara drastis.

Untuk mengatasinya, Anda perlu menyusun konten digital marketing secara rutin. Tidak ada salahnya jika Anda setiap hari mengunggah satu konten di laman media sosial. Agar postingan Anda nantinya lebih efektif dan dilihat oleh followers, perhatikan juga kapan waktu yang cocok untuk mengunggah postingan. Sebisa mungkin hindari melakukan update di jam-jam sibuk di mana banyak pengguna yang jarang mengakses media sosial yang dimiliki.

Buat Konten yang Bervariasi

Meski harus mengunggah konten secara rutin, bukan berarti Anda boleh mengunggah konten yang sama secara berulang. Konten yang terkesan monoton tidak akan menarik perhatian para followers. Postingan Anda hanya akan jadi angin lalu dan dilewati begitu saja. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda membuat konten yang bervariasi. Jangan isi laman sosial media Anda dengan informasi produk atau promo saja. Konten yang fresh dan up to date akan lebih mudah menarik perhatian followers. Tidak ada salahnya jika Anda membuat konten hiburan, berupa quiz, Q&A, dan lain sebagainya.

Tambahkan Gambar

Untuk membuat informasi yang Anda sampaikan lebih mudah diterima oleh followers, cantumkan gambar sebagai media tambahannya. Media berupa gambar ini bisa Anda tambahkan saat melakukan promosi di laman Facebook dan Twitter. Agar gambar yang Anda buat bisa lebih menarik perhatian, pilih kombinasi warna, font, dan ilustrasi yang paling sesuai. Hindari membuat gambar yang terkesan ribet dan susah dibaca, alih-alih menarik perhatian, gambar buatan Anda bisa dengan mudah dilupakan.

Gunakan Hastag

Melakukan digital marketing di laman sosial media rasanya tidak lengkap jika tanpa adanya hastag. Meski terkesan sepele, hastag bisa meningkatkan jangkauan dari postingan Anda. Terlebih jika Anda menggunakan hastag yang sangat populer. Sebelum mencantumkan hastag, akan lebih baik jika Anda melakukan riset terlebih dahulu perihal kata kunci hastag yang paling populer. Namun, pastikan hastag yang Anda cantumkan tetap relevan dengan konten yang akan diunggah.

Aktif dan Responsif

Untuk meningkatkan engagement rate dari laman media sosial yang dimiliki, Anda harus menjadi admin yang begitu aktif dan responsif. Beri tanggapan positif dan ramah pada setiap orang yang mengomentari postingan Anda. Lakukan hal ini secara berulang untuk membuat followers merasa senang dan dihargai. Bukan tidak mungkin, nantinya mereka akan menjadi konsumen loyal bagi bisnis Anda. Untuk itu, jangan sepelekan setiap komen yang masuk, ya.

Dengan menerapkan cara yang telah disebutkan di atas, bisa dipastikan bahwa strategi digital marketing di laman media sosial Anda akan berjalan dengan maksimal dan efektif. Secara tidak langsung, hal ini akan meningkatkan penjualan dan keuntungan Anda di kemudian hari.

Baca Juga: 9 Daftar Toko Online yang Menyediakan Afiliasi dengan Skema Menarik

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023