ACCESSTRADE Indonesia

Cara Riset Hashtag Instagram Agar Postingan Tepat Sasaran

Admin
how to Aug 27, 2020

Baca Juga: Langkah Memulai Affiliate Marketing Terbaik Untuk Pemula, Kamu Harus Tahu!

Untuk membuat hashtag Instagram yang tepat, Anda perlu melakukan riset. Sebab, hanya dengan begitu maka promosi Anda bisa menjangkau banyak audiens. Banyak orang menggunakan tools dan aplikasi untuk riset hashtag. Namun, sebenarnya cara riset hashtag juga bisa Anda lakukan tanpa perlu aplikasi dan tools.

Hal terpenting dalam membuat hashtag adalah Anda mengetahui target audiens. Dengan begitu, riset manual Anda pasti bisa menghasilkan hashtag yang juga sangat efektif.

Berikut cara untuk riset hashtag yang tepat sasaran:

Daftar Isi

Langkah 1 – Berburu postingan yang populer

Postingan Instagram yang diberi hashtag bisa menjangkau audiens lebih banyak 70% dibandingkan yang tidak diberi hashtag. Jadi, hashtag membuat postingan Anda lebih populer. 

Pertama, Anda bisa mengikuti trending niche, dengan meniru hashtag yang digunakan para influencer, dan lihat menu Tags di Instagram lalu cari niche keyword Anda. Masukkan keyword lalu lihat hashtag lainnya yang terkait, gunakan hashtag-hashtag tersebut.

Kedua, lihat Explore Page. Cari keyword sesuai niche Anda di kolom pencarian Instagram, lalu klik menu Hashtag. Klik 9 postingan teratas. Gunakan hashtag yang dipakai di postingan tersebut.

Ketiga, cari di Google. Banyak influencer yang memiliki blog dan di sinilah mereka biasanya memposting strategi untuk Instagram mereka. Anda akan menemukan banyak postingan konten dengan hashtag populer dan ini bisa Anda jadikan referensi.

Langkah 2 – Filter dan pilih hashtag terbaik

Tidak semua hashtag yang Anda temukan bisa digunakan. Maka dari itu, cara riset hashtag selanjutnya yakni memfilter list hashtag tersebut untuk mengabaikan hashtag yang sekiranya tidak Anda perlukan. Jadi, Anda tinggal memilih sisanya yang memang paling sesuai untuk Anda.

Pertama, hapus semua generic hashtag yang tidak berkaitan dengan bidang Anda. Misalnya hashtag seperti #likeforlike, #weekend, #sunset dan sebagainya. 

Kedua, hapus hashtag yang muncul lebih dari sekali atau dobel.

Ketiga, hapus hashtag lokasi jika itu bukan bagian penting dari bisnis Anda dan bukan merupakan yang biasa dicari oleh target audiens Anda. Jika Anda menargetkan audiens internasional, maka hashtag tersebut tidak apa-apa dibiarkan.

Keempat, hapus juga semua hashtag yang Anda rasa tidak relevan dengan brand Anda, dengan mencari Instagram dan melihat postingan yang muncul. Jika muncul banyak spam, maka abaikan hashtag tersebut, tidak perlu digunakan.

Kesimpulannya, cara riset hashtag yang efektif secara manual adalah mencari dan mencontoh, memfilter, mengetesnya. Dari sini Anda bisa menemukan hashtag Instagram yang tepat sasaran. Semoga berhasil. 

 

Baca Juga: 20 Tips Belajar Bisnis Affiliate Paling Mudah dan Terbukti Menghasilkan Komisi Pertama Anda

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023